UNTUK INDONESIA
Kementan Impor 600.000 Ton Daging Sapi pada 2020
Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi memutuskan membuka keran impor daging sapi sebesar 600.000 ton.
Pedagang memotong daging sapi yang dijual di Pasar Senen, Jakarta. (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

Jakarta - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi memutuskan membuka keran impor daging sapi sebesar 600.000 ton untuk 2020 mendatang. Kuota impor daging yang menurutnya sama seperti 2019 itu, dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat dan industri.

"Ini baru diputuskan kuotanya, belum ditunjuk siapa-siapanya yang akan mendatangkan impor itu," ujar Agung di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Jakarta, Kamis, 26 Desember 2019.

DagingPegawai Perusahaan Umum Badan urusan Logistik (Perum Bulog) Sulawesi Tenggara mengangkat dus berisi daging sapi di ruang pendingin di gudang center di Kendari, Sulawesi Tenggara. (Foto: Antara/Jojon)

Selain impor daging sapi, Agung juga menetapkan rencana pengadaan daging sapi bakalan sebanyak 550.000 ekor. Impor akan diambil dari sejumlah negara yang dianggap memiliki kualitas dan rentang harga yang relevan dengan kemampuan Indonesia, seperti Brazil, Argentina, dan Australia.

Untuk Brazil, kata Agung impor daging sapi sebanyak 3.000 ton dari kuota 50.000 ton dan daging kerbau sebanyak 60.000 ton. "Tahun ini realisasinya cuma 80.000 ton saja dari kuota 100.000 ton," kata dia.

Jika impor daging sapi ditangani oleh pihaknya, menurut Agung kemungkinan impor daging kerbau pada 2020 bakal ditangani oleh Perum Bolog. "Sementara ini iya [bulog yang akan impor]," ucapnya. []

Berita terkait
Tarif Baru Impor E-Commerce, Bagaimana Kesiapan UMKM
Pemerintah diminta memperhatikan kemampuan pengusaha lokal dalam memenuhi permintaan pasar dengan mengeluakran kebijakan pajak impor e-commerce.
Sumut Impor Empat Ribu Ekor Sapi dari Australia
Setiap tahun, Sumatera Utara mengimpor sapi empat ribu ekor dari Australia.
Blibli Hingga iLotte Cantumkan Bea Masuk-Pajak Impor
Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan mengubah kebijakan terkait ambang batas (threshold) bea masuk dan pajak impor.
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.