Kemenkes: Vaksinasi Berbayar Tetap Dilanjutkan

Pemerintah akan tetap melanjutkan program vaksinasi gotong royong berbayar. Keputuskan itu menunggu petunjuk teknis yang sedang disiapkan.
Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi. (Foto: Tagar/FKUI)

Jakarta -  Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, Pemerintah akan tetap melanjutkan program vaksinasi gotong royong berbayar. Keputuskan itu menunggu petunjuk teknis yang sedang disiapkan antara Kementerian Kesehatan, PT Biofarma selaku distributor vaksin Covid-19 di Indonesia.

“Untuk itu Kemenkes bersama Kementerian BUMN dan PT Biofarma yang saat ini sedang bersama sama menyiapkan petunjuk teknis dan dan segera mungkin kita finalisasi, ” kata Siti dalam keterangan virtual, Selasa, 13 Juli 2021.

Pihaknya pun sudah memerintahkan dinas kesehatan kabupaten maupun kota serta fasilitas layanan kesehatan lainnya tidak melanjutkan vaksinasi gotong royong individu untuk sementara waktu.

“Faskes yang telah melaksanakan vaksinasi gotong royong individu, kami minta menunggu dulu dikeluarkan petunjuk teknis pelaksanaan vaksin Gotong Royong. Kami minta juga dinas kesehatan Kabupaten dan Kota untuk menunggu petunjuk teknis yang akan akan segera ditetapkan Kemenkes sebelum memberikan user id yang akan memberikan pelayanan vaksinasi, ” ujarnya.

Siti menambahkan, pihak Kemenkes juga sudah meminta agar PT Biofarma selaku distributor tunggal vaksin untuk menyelesaikan bahan untuk petunjuk teknis penggunaan vaksin gotong royong di masyarakat.


Faskes yang telah melaksanakan vaksinasi gotong royong individu, kami minta menunggu dulu dikeluarkan petunjuk teknis pelaksanaan vaksin Gotong Royong.



“PT Biofarma selaku distributor yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menyalurkan vaksin covid 19 agar dapat berkoordinasi lebih lanjut dengan kemenkes terkait pelaksanaan dan pendistribusian Vaksin yang akan digunakan dalam gotong royong ndividu," katanya. []

Baca Juga: Program Vaksin Gotong Royong Ditunda, Fadli Zon: Dibatalkan!

Berita terkait
Kadin Indonesia Dukung Vaksinasi Covid-19 Gotong Royong
Kadin Indonesia dukung vaksinasi Covid-19 gotong royong sebagai upaya untuk mempercepat program vaksinasi Covid-19 nasional
Program Vaksin Gotong Royong Ditunda, Fadli Zon: Dibatalkan!
Politikus Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan seharusnya vaksinasi gotong royong berbayar bukan ditunda, tapi dibatalkan
3,5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 AstraZeneca Tiba di Tanah Air
Pemerintah kembali mengamankan pasokan vaksin Covid-19 untuk kebutuhan vaksinasi nasional dengan kedatangan 3,5 juta dosis vaksin AstraZeneca
0
Kemenkes: Vaksinasi Berbayar Tetap Dilanjutkan
Pemerintah akan tetap melanjutkan program vaksinasi gotong royong berbayar. Keputuskan itu menunggu petunjuk teknis yang sedang disiapkan.