Kemendikbudristek: Vaksinasi Anak Upaaya Persiapan PTM

Kemendikbudristek mengapresiasi langkah sejumlah sekolah yang melakukan vaksinasi pada siswanya yang merupakan upaya persiapan PTM di sekolah.
Ilustrasi - Vaksinasi Covid-19 untuk anak. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Direktur Sekolah Menengah Atas Ditjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suhartono Arham mengapresiasi langkah sejumlah sekolah yang melakukan vaksinasi pada siswanya. 

Menurutnya, selain sebagai upaya pemulihan, vaksinasi Covid-19 pada anak akan membantu persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas pada masa pandemi.

"Saya harap gerakan ini diikuti yang lain, untuk bersama-sama melakukan vaksinasi pada calon peserta didiknya,” ujar Suhartono di Jakarta, Senin, 12 Juli 2021.

Ia juga mengapresiasi yang dilakukan alumni Kolese Kanisius Menteng 64 menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 massal, baik bagi anak maupun siswa berusia 12-17 tahun. Program itu dilakukan tepat pada hari pertama dimulainya tahun ajaran baru 2021-2022 untuk pelajar tingkat SMP-SMA.


Saya harap gerakan ini diikuti yang lain untuk bersama-sama melakukan vaksinasi pada calon peserta didiknya.


Menurutnyam PTM terbatas dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Selain itu, ada syarat lain yang harus dipenuhi, di antaranya adalah izin dari orang tua peserta didik.

“Kita turut serta berpartisipasi, mengambil peran sekecil apa pun untuk membantu pemerintah, dalam menekan laju penyebaran Covid-19,” ujarnya. 

Di sisi lain, Rektor Kolese Kanisius, Pater Heru Hendarto SJ, mengatakan vaksinasi adalah bentuk gotong royong kemanusiaan untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Heru mengatakan tidak banyak yang Kolase Kanisius buat, tetapi harus berbuat sesuatu.

"Gotong royong kemanusiaan adalah kesempatan yang indah, yang harus kita tunjukkan, kita jangan putus asa, untuk secepatnya meningkatkan herd immunity,” kata Heru. []

Berita terkait
Kemendikbudristek Gelar Lomba Inovasi Musik Nusantara
Kemendikbudristek gandeng Yayasan Atma Nusvantara Jati (Atsanti Foundation) menggelar lomba Inovasi Musik Nusantara sebagai pelestarian budaya.
Kemendikbud Berikan Dana Hibah Rp 3 Miliar Bagi PresUniv
PresUniv berhasil lolos seleksi program kompetisi kampus merdeka (PKKM) yang kemudian mendapat dana hibah Rp 3 M dari Kemendikbud Ristek.
Bantu RS di Jakarta, Kemendikbudristek Salurkan 50 Tenda
Dalam rangka bantu penanganan Coid-19, Kemendikbudristek menyalurkan bantuan 50 tenda di 50 Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit di Jakarta.
0
Kemendikbudristek: Vaksinasi Anak Upaaya Persiapan PTM
Kemendikbudristek mengapresiasi langkah sejumlah sekolah yang melakukan vaksinasi pada siswanya yang merupakan upaya persiapan PTM di sekolah.