Kemendikbudristek Gelar Lomba Inovasi Musik Nusantara

Kemendikbudristek gandeng Yayasan Atma Nusvantara Jati (Atsanti Foundation) menggelar lomba Inovasi Musik Nusantara sebagai pelestarian budaya.
Ilustrasi - Lomba Inovasi Musik Nusantara (Linmtara) 2021. (Foto: Tagar/Dok Kemendikbudristek)

Jakarta - Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) gandeng Yayasan Atma Nusvantara Jati (Atsanti Foundation) menggelar lomba Inovasi Musik Nusantara (Linmtara) 2021.

Kemendikbudristek mengajak pegiat musik untuk berinovasi dan berkreasi terhadap musik tradisi sebagai bentuk pelestarian budaya bangsa di tengah tantangan zaman yang semakin dinamis.

Rangkaian kegiatan Linmtara 2021 yang diinisiasi dan difasilitasi Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru (PMMB) Kemendikbudristek ini dimulai dengan opening ceremony.


Kami mengajak seluruh insan musik Tanah Air terutama pegiat musik tradisi untuk berkreasi dalam menciptakan lagu baru yang akan memperkaya variasi bentuk musik Nusantara.


Kemendikbudristek juga menggelar Webinar 'Eksistensi Musik Nusantara dalam Perspektif Konservasi dan Inovasinya' pada 1 Juli 2021. Sementara itu pendaftaran lomba akan dibuka pada 1 Juli hingga 31 Agustus 2021 di laman limntara.com.

"Kami mengajak seluruh insan musik Tanah Air, terutama pegiat musik tradisi, untuk berkreasi dalam menciptakan lagu baru yang akan memperkaya variasi bentuk musik Nusantara. Kami ingin menjelajahi berbagai kemungkinan interaksi musik Nusantara di tengah era digital dengan tetap memperhatikan basis identitas budaya bangsa yang beragam," ujar Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, Kamis, 1 Juli 2021.

Dalam acara tersebut, peserta diwajibkan menciptakan lagu baru dengan menggunakan 100 persen musik tradisi Nusantara atau kolaborasi musik tradisi dengan instrumen non-tradisi maksimal 25 persen.

Karya yang dikirimkan akan diseleksi oleh juri yaitu sejumlah pakar musik seperti Dwiki Dharmawan, Balawan, Peni Candra Rini, Anon Suneko, Uyau Moris, dan Ridho Hafiedz.

Para peserta dengan karya inovasi musik Nusantara terbaik nantinya berkesempatan mendapat hadiah sebesar Rp 21 juta untuk 10 karya terbaik. Selain itu peserta yang menang juga akan mendapatkan Rp 10 juta untuk satu karya favorit warganet. []

Berita terkait
Kemendikbudristek Luncurkan Program Pembelajaran untuk Guru PAUD
Kemendikbudristek luncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri PAUD dan Pendidikan Inklusif agar guru lebih profesional merancang pembelajaran.
Hilmar Farid: Covid-19 Pengingat untuk Mengoreksi Masyarakat
Hilmar Farid mengatakan naiknya angka kasus Covid-19 harus menjadi alarm pengingat untuk mengkoreksi diri bagi masyarakat dan pemerintah.
Hilmar Farid: Gundala Jangan Kalah Sama Superman
Hilman Farid Setiadi mengatakan sebanyak 60 persen wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Indonesia adalah untuk menikmati kebudayaan.
0
Kemendikbudristek Gelar Lomba Inovasi Musik Nusantara
Kemendikbudristek gandeng Yayasan Atma Nusvantara Jati (Atsanti Foundation) menggelar lomba Inovasi Musik Nusantara sebagai pelestarian budaya.