Kemendagri Bagikan Alat Kesehatan ke Sejumlah Rumah Sakit

Ditjen Bina Adwil Kemendagri menyerahkan bantuan alat kesehatan ke sejumlah rumah sakit dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-19.
Ditjen Bina Adwil Safrizal ZA Kemendagri. (Foto:tagar/Kemendagri)

Jakarta - Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Ditjen Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyerahkan bantuan alat kesehatan dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Kegiatan itu, berlangsung di Ruang Rapat Utama Ditjen Bina Adwil Gedung H Lantai 3 Kemendagri pada Senin, 4 Januari 2021. 

Ada 3 poin dalam menekan laju penyebaran Covid-19 yang pertama menggalang solidaritas dan komitmen politik dari semua pihak.

Acara ini, dihadiri 11 Rumah Sakit diantaranya RSUD Jagakarsa Provinsi DKI Jakarta, RSUD Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat, RSUD Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat, RSUD Pondok Gede Provinsi Jawa Barat, RSUD Bantar Gebang Provinsi Jawa Barat, RSUD Jatisampurna Provinsi Jawa Barat, RSUD Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kemudian, RSUD Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat, RSUD Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan, RSUD Zaenal Abidin Provinsi Lampung, RSUD Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung) 2 Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, BPSDMD Provinsi Jawa Barat) serta 2 Puskesmas (Puskesmas Kunciran Kota Tangerang, Puskesmas Cisauk Kabupaten Tangerang).

Dalam sambutannya Ditjen Bina Adwil Safrizal ZA, menegaskan tentang Pelayanan Kesehatan Indonesia yang masih memiliki keterbatasan dalam hal akses kepada layanan kesehatan, obat-obatan, maupun teknologi lainnya.

Selain itu, Safrizal juga menekankan sejumlah poin untuk menekan laju penyebaran Covid 19 di Tanah Air dengan tujuan mulia yakni mendahulukan menyelamatkan nyawa manusia.

“Ada 3 poin dalam menekan laju penyebaran Covid-19 yang pertama menggalang solidaritas dan komitmen politik dari semua pihak, yang kedua membangun dan menjalin kemitraan dengan semua pemangku kepentingan, membangun dan menjalin kemitraan dengan semua pemangku kepentingan dan yang ketiga memastikan bahwa fasilitas dan teknologi Kesehatan harus dapat tersedia dan dapat diakses oleh semua orang sebagai bagian dari tujuan mulia untuk menyelamatkan nyawa manusia yang harus selalu didahulukan” jelasnya.

Kemendagri, telah menjalin kemitraan dengan Temasek Foundation sebagai bentuk implementasi ke-3 pendekatan tersebut.  Temasek Foundation adalah BUMN Singapura yang memiliki visi memerangi Covid-19 melalui pemberian bantuan hibah berupa alat-alat kesehatan yang terdiri dari 100 Unit Oxygen Concencrator dan 50 Unit BiPAP.

Kemudian, bantuan tersebut akan disalurkan ke beberapa rumah sakit dan Puskesmas yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia, yang di antaranya secara simbolis akan di bagikan pada hari ini kepada 11 Rumah Sakit yang masing-masing mendapatkan 2 Oxygen Concentrators dan 1 BiPAP , 2 BPSDMD.

Serta 2 Puskesmas yang masing-masing menerima 2 Oxygen Concentrators untuk membantu menyediakan akses pelayanan kesehatan yang memadai bagi semua lapisan masyarakat dan menekan laju peningkatan Covid-19 di daerah masing-masing.[]

Berita terkait
Kemendagri Gelar Rakor Refleksi Akhir Tahun & Kesiapan 2021
Kemendagri gelar Rapat Koordinasi Refleksi Akhir Tahun 2020 dan Proyeksi Kesiapan 2021 Satpol PP, BPBD Damkar, Camat, dan Lurah se Indonesia.
Tito Karnavian Lantik 808 Pejabat Fungsional di Kemendagri
Mendagri Muhammad Tito Karnavian melantik 808 pejabat fungsional di lingkungan Kemendagri untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia.
Kemendagri Sebut 4 Poin Penundaan FIFA U-20 World Cup 2021
Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori menyampaikan 4 poin penting terkait penundaan penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021 ke Tahun 2023.
0
Pasokan Vaksin Covid-19 di Indonesia Capai 75,9 Juta Dosis
Dengan kedatangan vaksin tahap ke-14 ini, maka jumlah pasokan vaksin yang ada mencapai 75,9 juta dosis vaksin