Kemenag Siapkan Naskah Khutbah Jumat Berkualitas Oleh Ahli

Kementerian Agama akan persiapkan naskah khutbah Jumat berkualitas dan bermutu oleh penulis ahli di bidangnya.
Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. (Foto: Tagar/dok. Kemenag)

Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) akan persiapkan naskah khutbah Jumat dan libatkan para ahli di bidangnya dengan materi khutbah Jumat yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Kami akan menyiapkan naskah berkualitas dan bermutu dengan tim penulis ahli di bidangnya,

Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, dirinya pun sampaikan rencana penyusunan naskah khutbah Jumat ini sesuai dengan kebijakan Kemenag untuk menyediakan literasi digital yang mendukung peningkatan kemampuan penceramah agama.

“Kami akan menyiapkan naskah berkualitas dan bermutu dengan tim penulis ahli di bidangnya,” ucap Kamaruddin di Jakarta pada Senin 23 November 2020.

Dirinya juga sampaikan naskah khutbah Jumat ini sendiri merupakan suatu opsi yang diberikan oleh Kemenag kepada masyarakat.

“Naskah yang disusun bisa dijadikan alternatif. Tidak ada kewajiban setiap masjid dan penceramah untuk menggunakan naskah khutbah Jumat yang diterbitkan Kemenag,” katanya.

Kamaruddin pun mengatakan dalam proses perancangan naskah khutbah Jumat ini melibatkan ulama, praktisi, dan akademisi. Ini dirasa penting guna menciptakan naskah yang berkualitas dan sesuai dengan dinamika sosial saat ini.

Menurutnya, berberapa tema yang akan disusun yakni akhlak, pendidikan, globalisasi, zakat, wakaf, ekonomi Syariah, dan masalah generasi milenial.

Dia juga mengatakan jika naskah khutbah Jumat berkualitas maka akan dengan sendirinya digunakan oleh masyarakat.

“Meski bukan keharusan, kalau naskah Kemenag bermutu, baik dari sisi pesan maupun redaksi, pasti akan digunakan oleh masyarakat dan masjid-masjid di Indonesia,” ucapnya.

Kamaruddin juga menilai khutbah Jumat harus dapat menjadi instrumen untuk memberikan informasi yang membangun. Oleh karena itu Kemenag sudah seharusnya hadir untuk memberikan naskah khutbah yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Jadi, khutbah Jumat juga perlu membahas masalah kekinian berikut solusinya. Itu menjadi salah satu fokus dalam penyusunan naskah khutbah ini,” jelas Kamaruddin. []

Baca juga:

Berita terkait
Asesmen Kompetensi Guru, Kepala, Pengawas Madrasah Kemenag
Kemenag akan adakan asesmen kompetensi bagi 269.711 guru, kepala, dan pengawas madrasah secara serentak.
Kemenag: 66.778 Siswa Berkompetisi di KSMO 2020
Kemenag menyampaikan ada sebanyak 66 ribu lebih siswa madrasah yang mengikuti Kompetisi Sains Madrasah 2020 secara online.
Kemenag: PPIU Utamakan Jemaah Umrah Tertunda karena Covid-19
Kemenag minta PPIU dahulukan keberangkatan jemaah umrah yang tertunda karena dampak Covid-19 pada 1441H.
0
Menperin: Industri Kosmetik dan Produk Wellness Perlu Beradaptasi
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan,Untuk terus bertahan, industri kosmetik dan produk wellness perlu terus beradaptasi.