UNTUK INDONESIA
Kemenag Rencanakan Materi Khutbah dengan Ormas dan Kampus
Kementerian Agama sedang rencanakan materi khutbah dan akan membahas materinya bersama tokoh agama, ormas dan kampus.
Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin. (Foto: Tagar/Kemenag)

Jakarta - Kementerian Agama sedang merencanakan materi khutbah dan akan membahas terkait materinya bersama tokoh agama, tokoh ormas, dan akademisi kampus.

Menurut Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, rancangan materi khutbah jumat masih dalam tahap rencana dan akan diperkaya dengan isu-isu saat ini.

“Kami punya ide pengayaan narasi khutbah Jumat. Tapi ini masih rencana yang akan dibahas bersama dengan tokoh ormas, tokoh agama, serta akademisi kampus perguruan tinggi keagamaan Islam,” ucap Kamaruddin Amin di Jakarta, pada Rabu 21 Oktober 2020.

Dia juga melanjutkan, penyusunan naskah juga akan dilaksanakan oleh tokoh agama dan akademisi yang biasa berdakwah dan menyampaikan khutbah.

Kamaruddin mengatakan, penyusunan naskah akan dimulai dengan pembahasan konotasi dan tema. Kemudian, para penyusun juga akan merumuskan bersama kebutuhan nasihat keagamaan yang sesuai dengan masyarakat masa kini dan kemudian dimasukan ke dalam rumusan tema.

“Tema seputar pengarusutamaan moderasi beragama akan menjadi salah satu yang dibahas bersama. Termasuk tema-tema keagamaan lainnya, baik seputar ubudiyah maupun mu’amalah,” ucap Kamaruddin.

Dia juga menyampaikan, tema seperti sosial, ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan Islam juaga akan dibahas. Kamaruddin berharap naskah khutbah yang disusun dan disepakatu bersama tersebut dapat menjadi acuan alternatif untuk para pendakwah.

“Ini juga menjadi bagian dari fasilitasi kita dalam meningkatkan literasi masyarakat terkait isu-isu aktual dalam perspektif keagamaan,” ucap Kamaruddin. []

Baca juga:



Berita terkait
Kemenag Sedang Menyusun Ensiklopedia KUA
Kemenag siapkan Ensiklopedia KUA yang berisi semua informasi terkait KUA seperti sejarah, layanan, istilah dalam pernikahan dan lainnya.
Kemenag Ajak Youtuber Shalawat Tebarkan Keindahan Islam
Kementerian agama mengajak Youtuber Shalawat menyebarkan keindahan Islam melalui shalawat.
Kemenag: MTQ Tingkat Nasional ke-28 Adakan Protokol Ketat
Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke-28 yang diselenggarakan di Sumatera Barat akan terapkan protokol kesehatan yang ketat.
0
Libur dan Cuti Bersama, Tempat Wisata Dibatasi 50 Persen
Pemerintah mengeluarkan aturan yang membatasi kunjungan ke tempat wisata sampai dengan 50 persen.