Kemenag: 66.778 Siswa Berkompetisi di KSMO 2020

Kemenag menyampaikan ada sebanyak 66 ribu lebih siswa madrasah yang mengikuti Kompetisi Sains Madrasah 2020 secara online.
Umar selaku Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah. (Foto: Tagar/dok. Kemenag)

Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) adakan Kompetisi Sains Madrasah 2020 secara online (KSMO) yang diikui sebanyak 66.778 siswa madrasah.

“Total ada 66.778 siswa yang mendaftar KSMO 2020, terdiri atas 22.120 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), 23.449 siswa Madrasah Tsanawiyah, dan 21.208 siswa Madrasah Aliyah,” jelas Umar selaku Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah di Jakarta pada Selasa 10 November 2020.

KSMO sendiri merupakan ajang kompetisi bidang sains, dimana ajang ini menjadi wadah untuk para siswa madrasah mengembangkan bakat serta minatnya dalam bidang sains.

Selain itu juga mengembangkan budaya kompetisi yang sehat, memotivasi siswa untuk tingkatkan kemampuan intelektual, emosional dan juga spiritual. Pada ajang ini KSMO juga beri kesempatan untuk siswa menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan bangsa.

Umar juga menyampaikan terdapat tiga kelebihan dari digelarnya KSMO 2020 meskipun di masa pandemi yakni pertama dalam sisi konten KSMO menggabungkan antara ilmu keislaman dengan sains.

Selain itu, peserta juga diharuskan dapatkan bimbingan persiapan minimal dari lima guru yakni guru sains (sesuai bidangnya), Fiqih, Al-Quran Hadis, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan guru IT.

“Pendampingan pada masa persiapan harus dilakukan secara kolaboratif, karena materi KSMO mengintegrasikan antara ilmu keislaman dan sains,” jelasnya.

Kedua, soal dalam KSMO 2020 menggunakan tiga Bahasa yaitu Indonesia, Arab, dan Inggris.

“Ketiganya digunakan sehingga menuntut pada siswa untuk menguasai semuanya,” kata Umar.

Ketiga, digunakannya teknologi digital pada KSMO yang berupa Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan guna mengukur dan juga menguji kejujuran peserta. Umar menjelaskan nantinya akan ada kamera yang terpasang pada setuap aplikasi yang peserta gunakan.

Nanik selaku Kasubdit Kesiswaan juga menyampaikan beberapa bidang yang dilombakan dalam KSMO 2020:

- Pada jenjang MI, lomba dibagi pada dua bidang: Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi.

- Untuk MTs, ada tiga bidang lomba, yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi.

- Sementara MA, ada lima bidang lomba, yaitu: Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi Terintegrasi. []

Baca juga:



Berita terkait
Kemenag: PPIU Utamakan Jemaah Umrah Tertunda karena Covid-19
Kemenag minta PPIU dahulukan keberangkatan jemaah umrah yang tertunda karena dampak Covid-19 pada 1441H.
Kemenag Usulkan Subsidi Gaji untuk 864 Ribu Guru Non PNS
Usulan bantuan subsidi gaji guru non PNS Kemenag sedang diverifikasi oleh BPJS guna pastikan penerima yang tepat.
Wamenag: 3 Hal Pemersatu Indonesia Hingga Kini
Zainut Tauhid sampaikan tiga hal yang jadikan persatuan Indonesia kuat hingga saat ini.
0
Prakiraan Cuaca Jakarta, Selasa 1 Juni 2021
BMKG menyampaikan peringatan dini waspada potensi hujan, kilat, petir, dan angin kencang, di wilayah Jakpus, Jakbar, Jaksel, dan jaktim.