UNTUK INDONESIA
Kembali Peristiwa Anak Tewas Tenggelam di Gowa
Kembali anak tewas akibat tenggelam di Gowa, kali ini menimpa pelajar berusia 13 tahun bernama Muh Ibnu Zakih. Ini kronologinya
Lokasi penemuan mayat Muh Ibnu Zakih, korban tenggelam di hilir Sungai Jenneberang, Gowa, Kamis 12 Desember 2019. (Foto: Tagar/Dok. Polisi)

Gowa - Peristiwa bocah tenggelam hingga tewas kembali terjadi di Kabupaten Gowa. Korban Muh Ibnu Zakih, 13 tahun, merupakan korban ketiga setelah dua bocah lainnya tewas tenggelam di tempat berbeda.

Ibnu tenggelam di hilir Sungai Jenneberang, Kelurahan Bontoramba, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sul-Sel). Kamis, 12 Desember 2019, sekitar pukul 14:00.

Kasubag Humas Polres Gowa, AKP Mangatas Tambunan membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan berdasarkan informasi dari saksi dan temuan di lapangan, berawal saat korban menaiki perahu bambu yang diikat tali bersama tujuh rekannya.

Korban meninggal dunia diduga karena korban tidak tahu berenang.

"Pada saat Korban tiba di hilir sungai, saksi atas nama Wildan Ramadan sempat melarang korban untuk naik di perahu dikarenakan korban tidak tahu berenang, namun korban tidak menghiraukan dan membuka baju dan celana sekolahnya kemudian naik ke atas perahu," kata Mangatas.

Pada saat perahu terdayung sejauh dua meter dari hilir sungai, perahu tersebut mengalami kehilangan keseimbangan dan miring ke sebelah kanan sehingga mengakibatkan korban bersama dengan teman-temannya terjatuh ke sungai.

"Saksi Wildan Ramadan yang melihat kejadian tersebut, langsung lompat ke sungai dan menolong temannya yang berteriak dan menangis ketakutan, yaitu tiga perempuan. Sedangkan korban yang lain pada saat terjatuh sempat memegang perahu bambu tersebut. Saksi Wildan Ramadan tidak sempat menolong korban karena pada saat itu saksi terfokus ke perempuan," ujar Mangatas.

Korban ditemukan sekitar dua meter di bawah semak-semak tnaman ancek gondok dari lokasi perahu, kemudian saksi membawa korban ke hilir sungai dan memberikan pertolongan pertama. Tapi nahas, nyawa korban tidak terselamatkan.

"Anggota Polsek Somba Opu setelah mendengar informasi tersebut langsung mendatangi TKP dan melakukan pengecekan terhadap mayat korban di Rumah Sakit Syekh Yusuf," kata dia.

"Korban meninggal dunia diduga karena korban tidak tahu berenang dimana kedalaman Sungai Jeneberang tersebut cukup dalam, yaitu kurang lebih 2 meter," tandasnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Dikira Bercanda, Pemuda di Gowa Tewas Tenggelam
Miris, seorang remaja di Gowa tewas tenggelam disaksikan teman-temannya. Awalnya temannya mengira sahabatnya itu bercanda. Ini kronologinya
Diduga Mabuk Siswa SMP di Banyuwangi Tewas Tenggelam
Pengakuan lima orang teman DA, sebelum mandi di Sungai Kalibaru Banyuwangi sempat mengonsumsi minuman keras.
Ketua Pemuda Muhammadiyah di Aceh Tenggelam
Seorang pemuda asal Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan dilaporkan tenggelam di Sungai Desa Blang Baro Rambung, Kecamatan Beutong, Nagan Raya.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa DKI Jakarta, 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap imsak, jam salat, dan buka puasa hari ini Jumat 1 Mei 2020, untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya