UNTUK INDONESIA
Kebiasaan Salah Merawat Rambut Saat Basah
Ada beberapa kebiasaan merawat rambut basah yang akan membuat rusak.
Rambut kusut. (Foto: pixabay/RyanMcGuire)

Jakarta - Terkadang orang tidak menyadari bahwa rambut basah rentan dengan kerusakan seperti rapuh. Jadi tidak bisa memperlakukan rambut basah sama dengan rambut kering.

Secara ilmiah, rambut basah terdapat protein yang membentuk keratin akan membentuk ikatan hidrogen yang lebih lemah. Sehingga rentan terhadap kerusakan ketika ditarik, ditekuk, dan diperlakukan dengan kasar.

Mengutip laman Real Simple pada Selasa, 3 Desember 2019, ada beberapa kebiasaan merawat rambut basah yang akan membuat rusak, seperti berikut:

1. Mengurai Kusut ketika Rambut Basah

Rambut yang kusut menjadi begitu sulit untuk diurai. Untuk mengurai helaian yang kusut jangan dilakukan ketika basah. Tunggu sampai rambut kering untuk mengurangi kemungkinan rambut rusak.

Gatal di Kulit KepalaGatal di kulit kepala bisa disebabkan ketombe, alergi, atau karena kondisi rambut yang kotor. (Foto: Istimewa)

2. Menyikat Terlalu Keras

Jangan terlalu keras menyisir rambut yang basah. Lebih baik selalu mulai menyisir dari ujung rambut dan naik ke atas. Sambil memegang bagian rambut yang sedang dikerjakan.

3. Menggosok Terlalu Keras

Bukan hanya persoalan bahan apa yang digunakan untuk mengeringkan rambut, namun lebih kepada bagaimana cara untuk mengeringkan rambut dengan aman.

Meski dikatakan t-shirt adalah bahan terbaik untuk mengeringkan rambut, namun jika digosok terlalu agresif juga akan tetap merusak rambut.

Catok RambutCatok rambut membuat kering. (Foto: boldsky.com)

4. Menggunakan Alat Pemanas sebelum Benar-Benar Kering

Ini menjadi kebiasaan yang menakutkan jika mengeringkan rambut dengan alat pemanas. Alat tersebut akan membuat rambut seperti dimasak.

5. Memasangkan Sanggul 

Elastisitas rambut berubah ketika basah. Rambut akan cenderung menyusut setelah kering. Sehingga sangat tidak disarankan untuk memasang sanggul atau menguncirnya.

Baca juga: Enam Penyakit Sebabkan Rambut Rontok

Jika rambut belum terlalu kering, lebih gunakan jepit rambut. []

Berita terkait
Merawat Kulit dan Rambut dengan Minyak Marula
Minyak marula berkhasiat meremajakan kulit dan bagus untuk rambut.
Rambut Baru Via Vallen Mirip Gaya Lisa Blackpink
gaya rambut baru Via Vallen disebut-sebut warganet mirip Lisa Blackpink.
Tips Teknik Catok Tanpa Merusak Rambut Sehat
Memakai catokan rambut seakan menjadi tren dalam dunia kecantikan. Tak hanya rambut yang keriting atau ikal.
0
Acer Gelar Kompetisi Asia Pacific Predator League
Acer kembali menyelenggarakan Asia Pacific Predator League 2020 dengan cakupan lebih besar dan spektakuler. Kompetisi ini diikuti 17 negara.