UNTUK INDONESIA
Kebiasaan Menteri Johnny G Plate di Mata Tetangga
Terdapat nama Johnny G Plate dalam daftar kabinet itu yang menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika menggantikan Rudiantara.
Politisi Partai Nasdem Johnny G. Plate tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Jakarta - Presiden Jokowi telah mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Terdapat nama Johnny G Plate dalam daftar kabinet itu yang menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika menggantikan Rudiantara.

Menjelang pelantikan menteri kediaman Sekretaris Jenderal Partai NasDem itu tampak sepi, Selasa, 23 Oktober 2019, pukul 07.30 WIB.

Pantauan Tagar, rumah bercat putih milik Johnny itu terlihat sepi dan hanya dijaga beberapa satpam. Tidak ada kegiatan apa pun di rumah itu.

Ya intinya Pak Johnny baik orangnya. Keluarganya juga baik.

Seorang pria yang berjaga di rumah itu mengatakan Johnny sudah tidak berada di lokasi karena memenuhi panggilan ke Istana Negara untuk dilantik menjadi menteri Jokowi.

"Bapak sudah enggak ada. Tadi sekira pukul 7 pagi sudah berangkat ke Istana," katanya.

Menurut tukang jahit dekat rumah Johnny, dia terkenal sebagai sosok yang pendiam tapi tegas di lingkungan tempat tinggalnya. Johnny pribadi yang baik di mata para tetangga.

"Pak Johnny walaupun terlihat garang, tapi di sini dia orangnya pendiam dan enggak mau banyak omong," kata tukang jahit itu.

"Ya intinya Pak Johnny baik orangnya. Keluarganya juga baik," kata tetangganya itu.

Dia mengaku pernah beberapa kali menerima pesanan jahitan dari istrinya Johnny, Maria Ana.

"Sering menjahit, enggak ingat berapa kali. Ibu (istri Johnny) yang sering anterin baju yang mau dijahit," ujarnya.

Dia mengatakan keluarga Johnny sering memberikan bantuan kepada tetangga. Mereka selalu memberikan perhatian kepada lingkungan sekitar.

"Jarang buat kegiatan (hari besar), karena Pak Johnny orangnya sibuk terus. Tapi, kalau kasih bantuan untuk tetangga sering," ucapnya.

Di mata para tetangga Johnny tergolong orang mampu, tetapi mereka melihat keseharian keluarga Johnny berpenampilan sederhana dan tidak berlebihan.

"Anak-anaknya juga baik semua, bergaul sama semua tetangga. Sering juga main bola bareng. Walaupun mereka terlihat kaya, tapi penampilan mereka terlihat sederhana," katanya.

"Pinter orangnya. Tapi belum bilang jadi menteri apa. Yang pasti, siapa pun orangnya yang akan jadi menteri, yang penting mereka membawa perubahan untuk Indonesia, termasuk Pak Johnny," katanya. 

Rumah Johnny G. PlateRumah Johnny G Plate di Jalan Bango 1 Nomor 6, Cilandak, Jakarta Selatan. (Foto: Tagar/Fernando)

Profil

Johnny G Plate meneruskan estafet kepimpinan Rudiantara di Kementerian Komunikasi dan Informatika menggantikan Rudiantara.

Johnny G Plate melaju ke Senayan sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur I untuk periode 2019-2024. Sebelumnya, Johnny juga menjadi anggota DPR periode 2014-2019.

Laki-laki kelahiran Ruteng, 10 September 1956 itu terpilih menjadi Ketua Fraksi Partai NasDem MPR untuk periode ini, jabatan yang akan dilepasnya begitu terpilih menjadi menteri.

Dikutip dari laman resmi DPR, Johnny memiliki latar belakang pengusaha sebelum berada di Senayan pada 2014. Johnny tercatat pernah menjadi Direktur Utama di PT Airasia Mitra Investama pada 2012, CEO Group PT Bima Palma Nugraha pada 2008, Direktur Utama PT Gajendra Adhi Sakti pada 2008 dan Komisaris PT Mandosawo Putratama S pada 2007.

Lulusan Unika Atma Jaya Jakarta ini sebelumnya menjabat sebagai komisaris di PT Indonesia Airasia dan PT TJB Power Services pada 2005, juga Komisaris Utama di PT Aryan Indonesia di tahun yang sama.

Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/10/2019), yang antara lain akan fokus pada pengembangan sumber daya manusia dan penciptaan lapangan kerja.

Johnny G Plate terpilih menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika periode 2019-2024.

"Berkaitan dengan cyber crime, kedaulatan data, kemudian industri teknologi informasi di domestik, jadi wilayah beliau," kata Presiden Jokowi. []

Berita terkait
Johnny Plate Diplot Jokowi Jadi Menkominfo
Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G. Plate belum mengatakan jabatan apa yang akan diberikan Presiden Jokowi. Hanya saja ia memberikan clue.
Johnny G Plate Sebut Duet Jokowi-Prabowo Terbuka, Cuma…
Johnny G Plate sebut duet Jokowi-Prabowo terbuka, cuma… “Koalisi poros Jokowi sudah sangat solid," tukasnya.
Tim Ekonomi dalam Kabinet Indonesia Maju
Beberapa dari mereka akan memperkuat tim ekonomi yang diharapkan dapat melakukan transformasi ekonomi dalam lima tahun ke depan.
0
Pelempar Sperma di Tasikmalaya Ditetapkan Tersangka
Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota menetapkan seorang pemuda sebagai tersangka kasus pelecehan seksual, karena melempar cairan sperma.