Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Jus Wortel

Minum jus wortel dinilai dapat meningkatkan kekebalan dan meningkatkan kesehatan mata dan kulit.
Ilustrasi jus wortel. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Memiliki tubuh yang sehat adalah impian setiap orang. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat kesehatan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi tinggi.

Jus wortel adalah salah satu dari sekian banyak sayuran yang kaya akan nutrisi. Jus wortel diekstrak dari buah wortel utuh yang kaya akan nutrisi dan bergizi. Minum jus wortel dinilai dapat meningkatkan kekebalan dan meningkatkan kesehatan mata dan kulit. Dirangkum dari laman Healthline, berikut adalah lima manfaat mengesankan dari jus wortel.


1. Meningkatkan kesehatan mata

Jus wortel mengandung nutrisi dalam jumlah tinggi yang bermanfaat bagi mata. Satu cangkir (250 ml) jus wortel mengandung lebih dari 250% DV untuk vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan mata.

Jus wortel sebagai sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik melindungi mata dari cahaya yang merusak dan menurunkan risiko masalah mata seperti degenerasi makula terkait usia (AMD).


2. Menurunkan gula darah

Minum jus wortel secara rutin dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Secara khusus, penelitian pada tikus dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa jus wortel yang difermentasi menurunkan gula darah dan meningkatkan penanda terkait lainnya. Itu karena jus wortel mengandung probiotik, yang merupakan bakteri menguntungkan yang mempengaruhi bakteri usus yang terkait dengan diabetes.


3. Menurunkan risiko kanker

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam jus wortel dapat melindungi tubuh terhadap kanker. Secara khusus, polyacetylenes, beta karoten, dan lutein dari ekstrak jus wortel efektif melawan sel-sel leukemia. Mengobati sel leukemia dengan ekstrak jus wortel selama 72 jam menyebabkan kematian sel kanker dan menghentikan siklus pertumbuhan sel.


4. Meningkatkan kesehatan kulit

Nutrisi dalam jus wortel sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Satu cangkir (250 ml) jus wortel menyediakan lebih dari 20 % DV untuk vitamin C, nutrisi yang larut dalam air yang diperlukan untuk produksi kolagen.

Kolagen merupakan senyawa protein berserat paling melimpah dalam tubuh, memberikan elastisitas dan kekuatan pada kulit. Selain itu, vitamin C bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.


5. Meningkatkan kesehatan jantung

Jus wortel dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung karena jus wortel merupakan sumber potasium yang baik, yaitu mineral yang berperan penting dalam pengaturan tekanan darah yang tepat.

Sebuah studi yang berlangsung selama tiga bulan pada 17 orang dewasa dengan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi menemukan bahwa minum dua cangkir (480 mL) jus wortel per hari secara signifikan meningkatkan antioksidan darah dan menurunkan oksidasi lipid darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.


(Fauzi Maulana Rizqi)

Berita terkait
Wortel Dapat Membantu Meningkatkan Kesuburan Pria
Menurut penelitian, kualitas air mani pada manusia telah menurun selama dekade terakhir yang dapat menyebabkan peningkatan subfertilitas pria.
Cara Ampuh Mengatasi Jerawat dengan Masker Jus Wortel
Cara menggunakan jus wortel sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, simak cara berikut.
Ribuan Kg Wortel untuk Hewan Korban Kebakaran Hutan
Ribuan kilogram wortel dan kentang dijatuhkan dari atas udara untuk memberi makan hewan liar yang kelaparan usai kebakara n hutan di Australia
0
Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Jus Wortel
Minum jus wortel dinilai dapat meningkatkan kekebalan dan meningkatkan kesehatan mata dan kulit.