UNTUK INDONESIA
Ribuan Kg Wortel untuk Hewan Korban Kebakaran Hutan
Ribuan kilogram wortel dan kentang dijatuhkan dari atas udara untuk memberi makan hewan liar yang kelaparan usai kebakara n hutan di Australia
Ribuan kilogram wortel dan kentang dijatuhkan dari atas udara untuk memberi makan hewan liar yang kelaparan usai kebakara n hutan di Australia. (Foto: Twitter/Matt_KeanMP)

Jakarta - Pemerintah Australia menjatuhkan ribuan kilogram wortel dan kentang dari atas udara untuk memberi makan hewan liar yang kelaparan setelah menjadi korban keganasan jilatan api dalam kebakaran hutan di wilayah tersebut.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Matthew John Kean, seorang Menteri Energi dan Lingkungan negara bagian New South Wales, Australia. Ia mengatakan, pihak Layanan Taman dan Margasatwa Nasional telah menjatuhkan ribuan ton bahan makanan untuk hewan-hewan kelapatran tersebut.

"Operasi Rock Wallaby, Staf #NPWS hari ini menjatuhkan ribuan kg makanan (Sebagian besar kentang dan wortel) untuk koloni binatang-binatang kami di kawasan NSW (New South Wales)," cuit Matt Kean melalui laman Twitter, dikutip Tagar pada Senin, 13 Januari 2020.

Kebakaran di Australia dilaporkan telah menghanguskan setidaknya sekitar 12,35 juta hektar lahan dan menghancurkan lebih dari 1.400 rumah dan memakan 23 korban jiwa. Peristiwa kebakaran itu juga telah membunuh jutaan hewan liar di wilayah tersebut.

Kejadian ini membuat sejumlah artis dunia ikut andil dalam penggalangan dana penanggulangan kebakaran hutan yang terjadi di Australia dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir.

Mulai dari penyanyi pop Pink, aktor pemeran tokoh superhero Thor, Chris Hemsworth, hingga legenda hidup Elton John ikut menyumbang dana senilai jutaan dolar AS.

Musisi Elton John ikut menyumbang dana senilai US$ 1 juta. Penyanyi pop Pink sebelumnya juga telah ikut menyumbang dana sebesar US $ 500.000 atau sekitar Rp 6,9 miliar dan langsung menyerahkan dana besar tersebut layanan pemadam kebakaran setempat yang ia sebut telah berjuang sangat keras di garis depan.

Sementara aktor kelahiran Melbourne, Australia, Chris Hemsworth, juga ikut menyumbang dana jutaan dolar demi membantu penanggulangan bencana kebakaran hutan tersebut.

Melalui video unggahan di laman Instagramnya, Hemsworth berjanji bahwa dia akan mengumpulkan bantuan senilai satu juta dolar untuk membantu pemadaman kebakaran hutan di Australia. Ia pun mengajak peran serta masyarakat untuk ikut menyumbangkan dana.

Baca juga: Artis Dunia Sumbang Dana Bencana Kebakaran Australia

Sementara dalam keterangan unggahan, ia memberikan informasi bahwa tautan laman donasi telah ia sematkan dalam bio akun Instagramnya. Dalam keterangan yang sama, ia dan keluarga diakuinya telah ikut menyumbang dana hingga jutaan dolar. []

Berita terkait
Kaylen Ward Bugil Demi Donasi Kebakaran Australia
Kaylen Ward tawarkan foto bugil untuk setiap sumbangan US$ 10 dana donasi kebakaran hutan di Australia.
Thor Sumbang Dana Bagi Kebakaran Hutan Australia
Aktor Pemeran Thor dalam rangkaian film Marvel Cinematic Universe (MCU) Chris Hemsworth ikut menyumbang dana bagi kebakaran hutan di Australia.
Pink Bantu Korban Kebakaran Hutan di Australia
Penyanyi pop Pink menyumbangkan uang sebanyak 500ribu dolar AS untuk membantu korban kebakaran hutan di Australia
0
Sperma Tak Hidup di Kolam Renang
Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty membuat pernyataan ngawur tentang sperma. Ini fakta sesungguhnya.