UNTUK INDONESIA
Kata Nasdem Siantar soal Wacana Usung Hefriansyah
Muncul informasi Partai NasDem sedang dibujuk agar berkoalisi dengan Partai Gerindra mengusung Hefriansyah Noor, Wali Kota Pematangsiantar.
Hefriansyah di Balai Kota, Jalan Merdeka, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Selasa 14 April 2020. (Foto: Tagar/Anugerah Nasution)

Pematangsiantar - Muncul informasi Partai NasDem sedang dibujuk agar berkoalisi dengan Partai Gerindra dalam mengusung Hefriansyah Noor, Wali Kota Pematangsiantar yang sejauh ini belum mengantongi rekomendasi parpol untuk bisa maju dalam Pilkada 2020.

Terkait informasi itu, Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Pematangsiantar Fernando Sitorus kepada Tagar, mengatakan bahwa partai di tingkat kota dalam hal ini sudah menyerahkan sepenuhnya hasil pendaftaran bakal calon pada September-Oktober 2019 dan menyerahkan sepenuhnya hasil penyampaian visi misi para bakal calon pada November 2019.

Kemudian partai di tingkat kota juga sudah membawa hasil pleno, yakni tiga bakal calon ke DPW Partai NasDem Sumut serta mendampingi mereka menyampaikan visi misi di sana serta menganjurkan tiga bakal calon tersebut melakukan survei dan hasil survei langsung dilaporkan ke DPP Partai NasDem.

"Maka dapat dilihat jelas hasil pleno DPD Partai Nasdem tiga orang, yakni Alpeda Sinaga, Asner Silalahi dan Rajamin Sirait lah yang menjadi hasil pekerjaan DPD Partai Nadsdem Pematangsiantar," kata Fernando, Jumat, 24 Juli 2020.

Hingga kemudian DPP Partai NasDem pada 15 Juli 2020 lalu telah mengumumkan dan memberikan rekomendasi kepada pasangan Asner Silalahi-Susanti Dewayani.

Terkait adanya upaya lobi calon di luar pasangan itu, Fernando menyebut itu bukan lagi ranah DPD Partai NasDem Kota Pematangsiantar.

Tak enak juga hanya menonton apalagi dengan kotak kosong

"Nah terhadap pertanyaan tadi kami DPD Partai NasDem Siantar tidak dapat memberikan jawaban, karena sudah bukan ranah DPD lagi. Sudah ranah DPP. Karena sudah diserahkan DPW Sumut ke DPP. Maka ke luar rekomendasi ke Asner-Susanti pada 15 Juli 2020," katanya.

Sebelumnya, kepada Tagar pengurus Partai Gerindra Kota Pematangsiantar, Binaris Situmorang, menyebut tengah ada upaya Hefriansyah melakukan pendekatan terhadap Partai Gerindra untuk memberikan rekomendasi terhadapnya.

Lobi tersebut dilakukan di level DPP Partai Gerindra. "Justru pihak DPP yang membuka ruang lobi politik dengan Hefriansyah," terang Binaris dihubungi Jumat, 24 Juli 2020.

Mengingat Partai Gerindra hanya memiliki tiga kursi di DPRD Kota Pematangsiantar dan dibutuhkan minimal tiga kursi lagi agar bisa memenuhi ketentuan Pasal 40 Ayat (1) UU Pilkada Nomor 10 Tahun 2016 tentang syarat 20 persen kursi, Binaris menyebut tengah dilakukan upaya mendekati salah satu parpol agar mau berkoalisi dengan Partai Gerindra. Binaris menyebut Partai Nasdem tengah dibujuk.

"Tak enak juga hanya menonton apalagi dengan kotak kosong," kata Binaris.

Sebagaimana diketahui, Partai NasDem bersama sejumlah parpol lainnya sudah menyampaikan rekomendasi kepada pasangan Asner Silalahi-Susanti Dewayani, di antaranya PDIP, Golkar, Hanura, Demokrat, PAN dan PKPI.

Untuk masa pendaftaran pasangan calon di KPU Kota Pematangsiantar seperti disampaikan Komisioner KPU setempat Nurbaiyah Siregar adalah pada 4-6 September 2020 mendatang.[]

Berita terkait
Profil Hefriansyah Noor, Wali Kota Siantar Vs DPRD
Dari sejumlah nama yang muncul, Hefriansyah Noor, Wali Kota Pematangsiantar tidak mendapat rekomendasi dari satu parpol pun.
Demokrat ke Asner, Hinca: Siantar Butuh Energi Baru
Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Hinca Pandjaitan menyebut sudah final partainya mengusung Asner Silalahi di Pilkada Pematangsiantar.
Alasan Togar Sitorus Tak Maju Kembali di Pilkada Siantar
Petahana Wali Kota Hefriansyah Noor dan Wakilnya Togar Sitorus tak mencalonkan diri kembali di Pilkada Siantar 2020. Ini alasannya.
0
Jelang Maulid, Harga Ayam Potong di Abdya Merangkak Naik
Harga ayam potong mulai naik menyusul perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Abdya Aceh.