Kata Kadishub Padang Soal Kabel Traffic Light Dicuri

Kabel traffic light di Jalan Sawahan Kota Padang dicuri orang. Arus lalu lintas jadi kacau.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dian Fakri. (Foto: Tagar/Dok.Pribadi)

Padang - Kabel lampu pengatur lalu lintas atau traffic light yang berada di Jalan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat, dilaporkan hilang dicuri orang tak dikenal (OTK). Akibatnya, arus lalu lintas di pertigaan jalan tersebut menjadi kacau.

Para pelaku juga memutus kabel CCTV yang dipasang di sana.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dian Fakri membenarkan peristiwa tersebut. Dia mengatakan, kabel tersebut sudah hilang sejak beberapa hari belakangan.

"Iya benar, kabel lampu lalu lintas di sana hilang dicuri orang," katanya kepada Tagar melalui sambungan telepon seluler, Selasa, 4 Agustus 2020.

Dian mengatakan, kabel yang dicuri itu berjumlah tujuh unit. Masing-masing kabel yang hilang diketahui sepanjang 10 meter. Kasus tersebut, katanya, telah dilaporkan ke pihak kepolisian. Ia berharap para pelaku dapat diketahui dan segera ditangkap untuk diproses secara hukum.

"Sebelumnya kabel serupa juga hilang di persimpangan Lamun Ombak, Jalan Khatib Sulaiman. Bahkan para pelaku juga memutus kabel CCTV yang dipasang di sana," katanya.

Ia tidak menampik bahwa keberadaan CCTV di persimpangan lalu lintas tidak efektif untuk mengintai pelaku. Alasannya, para pelaku cukup lihai dengan memutus kabel penghubung ke kamera sebelum beraksi.

"Jadi CCTV ini teori saja. Seperti di persimpangan Lamun Ombak, pelaku memutus kabel CCTV dulu, baru mencuri kabel lampu pengatur lalu lintas. Kami meminta semua pihak berperan untuk mengawasi aksi kejahatan ini. Jika mengetahui ada hal mencurigakan segera laporkan ke pihak berwajib," tuturnya. []

Berita terkait
Masjid Tanpa Kurban di Padang Dibantu 3 Kambing
Masjid Darussalam yang tidak berkurban di Idul Adha 1441 Hijriah dapat bantuan 3 ekor kambing.
Mayat Pria Tewas Mengambang di Laut Padang
Mayat pria ditemukan mengambang di peraian laut Kota Padang.
Ditangkap Polantas Padang, 2 Jambret Dihajar Massa
Dua penjambret di Padang dihajar massa. Mereka ditangkap polisi lalu lintas (Polantas).
0
Kemendikbud: Pancasila Matpel Wajib SD - Perguruan Tinggi
Kemendikbudristek mengatakan Pancasila akan menjadi mata pelajaran wajib dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi dengan penerapan yang mudah.