UNTUK INDONESIA
Kasus Pungli Merata di Seluruh Daerah Jawa Barat
Kasus pungli di semua wilayah di Jawa Barat selalu ada, namun dari seluruh kasus tersebut tidak selalu masuk dalam ranah pidana
Ketua Pelaksana Saber Pungli Provinsi Jawa Barat, yang juga Irwasda Polda Jawa Barat, Kombes Pol Syahri Gunawan (depan). (Foto: Tagar/Charles)

Cirebon - Saber Pungli Polda Jawa Barat (Jabar) menyebutkan hampir seluruh daerah di Jabar terjadi kasus pungli baik berskala besar maupun kecil. Namun, jika dibandingkan dengan tahun lalu, pada tahun 2020 ini terjadi tren penurunan yang berarti.

Meskipun demikian kasus pungli yang dimulai dari nominal kecil maupun besar masih terjadi di tahun 2020. Kasus pungli dengan jumlah kasus sebanyak 10 ribu lebih yang bermacam-macam.

"Kalo yang masuk dalam ranah pidana cuma sebagian aja dari jumlah total kasus pungli," kata Ketua Pelaksana Saber Pungli Provinsi Jawa Barat, yang juga Irwasda Polda Jawa Barat, Kombes Pol Syahri Gunawan, di Kantor Imigrasi Cirebon, 4 Agustus 2020.

Sedangkan untuk kasus yang masuk dalam proses pembinaan, Syahri menyebutkan hanya kasus pungli yang sering dilakukan oleh masyarakat ekonomi tingkat bawah seperti 'pak ogah'. "Rata-rata sih pembinaan, terutama masyarakat yang berekonomi rendah seperti pak ogah," tutur Syahri.

Masih kata dia, hampir semua wilayah di Jawa Barat kasus pungli selalu ada, namun dari seluruh kasus tersebut tidak selalu masuk dalam ranah pidana tergantung besaran pungli yang dilakukan. "Sampai dengan saat ini kasus pungli di Jawa Barat sebanyak 10 ribu kasus yang bervariatif," ujar dia.

Sementara itu, untuk level pegawai negeri yang dilanjutkan pada kasus pidana disebutkannya rata-rata berada di sektor pelayanan publik. "Kasus pungli yang selalu dilakukan ASN yang berkaitan dengan pelayanan publik diantaranya di sektor pembuatan KTP, sertifikat dan paspor," kata Syahri. []

Berita terkait
Pungli Jabar Masih Tinggi, DPRD Desak Pemprov Serius Hentikan Praktik Pungli
Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari meminta kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk serius menghentikan praktik pungli yang masih tinggi di Jabar.
Jabar, DKI, dan Sumut, Paling Banyak Laporan Pungli
"Daerah yang banyak diadukan kepada kami itu ada Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Timur, Banten, dan Lampung," kata Andrie.
0
Alasan Chelsea Meneteskan Air Mata saat Tampil di Pop Akademy
Gadis manis asal Ruteng NTT meneteskan air mata saat tampil di TOP 40 akademy Indosiar. Ini alasan Chelsea menangis