UNTUK INDONESIA
Kasus Korupsi Ekstrem yang Bikin Sri Mulyani Jengkel
Menteri Keuangan Sri Mulyani Merasa jengkel dengan dua ektrem case yang terjadi di Kemenkeu, karena masih ada saja tindakan koruptif.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Tagar/masDjoko)

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan merasa jengkel dan tercoreng jika masih ada pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang melakukan tindakan koruptif. 

Kita punya dua ekstrem case dan saya jengkel soal itu.

"Sekarang ini sedang membersihkan birokrasi untuk semakin bersih, namun kita lihat beberapa failed. Ada di KPP (Kantor Pelayanan Pajak) yang masih terjadi korupsi," ucap Sri Mulyani  di Gedung Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa, 3 Desember 2019. 

Ia mengatakan dua kasus yang sangat ekstrem pernah terjadi di Ditjen Pajak. Pertama kedapan petugas pemeriksa wajib pajak yang melakukan tindak korupsi dan kedua kepala kantor pajak yang berperan sebagai mafia pajak. 

"Kita punya dua ekstrem case dan saya jengkel soal itu," ujarnya.

Inspektorat Jenderal Kemenkeu, kata dia, harus memberikan sanksi paling berat untuk memberi efek jera berupa pemecatan langsung. Namun, hal itu membutuhkan proses yang panjang, jika mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

"Jadi kalau dibilang PP 53 halangi kita, cari cara lain aja. Kalau Bu Irjen dan Pak Sekjen datang menyampaikan ke meja saya itu sudah berapa lama prosesnya," ucapnya.

Korupsi yang dilakukan segelintir oknum, lanjutnya, merusak citra institusi dan membuat kepercayaan masyarakat jadi hilang terhadap Kemenkeu.

"Itu bagian dari betul-betul menakutkan kita. Karena nila-nila setitik itulah membuat kita disaksikan masyaraka. Kan kesel," ucap Sri Mulyani.[]

Berita terkait
Sri Mulyani Sindir Fenomena Artis Pamer Saldo
Fenomena artis pamer saldo ternyata menarik perhatian Menteri Keuangan Sri Mulyani, ia menyayangkan jika sudah pamer tapi tidak bayar pajak.
Sri Mulyani Kagum dengan Pemikiran Bisnis Ciputra
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku kehilangan sosok Ciputra, Chairman and Founder Ciputra Group yang meninggal dunia di Singapura.
Sri Mulyani Bahas Pemajakan Perdagangan dalam RUU
Menteri Keuangan Sri Mulyani telah membahas draf RUU Ketentuan dan Fasilitas Perpajakan untuk Penguatan Perekonomian dalam skema omnibus law.
0
Juara Ligue 1 Prancis, PSG Bisa Cetak Treble
Ligue 1 Prancis resmi berakhir dan Paris Saint-Germain dinyatakan juara liga. PSG bisa raih treble bila final Piala Prancis dan Piala Liga digelar.