UNTUK INDONESIA
Karantina di Natuna, Jokowi: WNI Bebas Virus Corona
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan 285 warga negara Indonesia (WNI) di Natuna, yang pulang dari Hubei, China, terbebas dari virus corona.
Presiden Jokowi di Kecamatan Sukajaya, Bogor, Senin, 3 Februari 2020. (foto: Twitter/@Jokowi).

Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan sebanyak 285 warga negara Indonesia (WNI) yang pulang dari Wuhan, China, sudah selesai menjalani masa observasi di Natuna, hal di mana untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. 

Rencananya, Sabtu, 15 Februari 2020, para WNI akan kembali ke daerah asalnya masing-masing.

Jokowi menyebut para WNI telah menjalani observasi selama dua pekan setelah dievakuasi dari Provinsi Hubei di Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Dia meyakini semuanya dalam kondisi sehat dan bisa kembali berkumpul bersama keluarga.

Baca juga: Pemprov Sulbar Siapkan Antisipasi Virus Corona

Jadi kalau sekarang mereka kembali ke masyarakat ya itu dipastikan bahwa prosedur sudah dilalui dan kembali

"Itu proses protokol kesehatan dari WHO yang kita ikuti secara ketat. Karantina di Natuna juga ketat diawasi, dicek harian. Sekarang sudah 14 hari, memang protokolnya seperti itu," ujar Jokowi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat, 14 Februari 2020, dalam keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden yang diterima Tagar.

Jokowi menegaskan saat ini tidak perlu lagi ada hal yang dikhawatirkan mengenai kondisi para WNI dari Wuhan yang akan kembali ke tengah keluarga dan masyarakat. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan mereka dipastikan sehat dan terbebas dari virus corona yang selama ini menjadi ketakutan tersendiri bagi masyarakat. 

"Jadi kalau sekarang mereka kembali ke masyarakat ya itu dipastikan bahwa prosedur sudah dilalui dan kembali," ucapnya.

Baca juga: Kesaksian Sahuddin dan Suramnya Cina Diserang Corona

Penanganan WNI dari Wuhan yang diobservasi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, di Natuna akan berakhir Sabtu ini. 

Dalam hal ini pemerintah melalui Kementerian Kesehatan, yang ditangani Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Achmad Yurianto menyatakan para WNI yang berada di Natuna akan segera dibawa ke Jakarta.

"Rencananya pada jam 7 pagi dari Jakarta menuju Natuna akan berangkat 3 pesawat TNI AU, terdiri dari 2 boeing 737 dan 1 Hercules. Ini adalah sejumlah pesawat yang sama pada waktu menjemput mereka dari Batam ke Natuna,” kata Achmad di Natuna, saat melakukan telekonferensi dengan pers di Jakarta, Jumat, 14 Februari 2020. []

Berita terkait
Soal Corona, 238 WNI di Natuna ke Jakarta Besok
Besok 238 WNI yang menjalani observasi virus corona di Natuna akan diberangkatkan ke Jakarta besok.
Dampak Virus Corona China pada Komoditas Batu Bara
Virus Corona atau Covid-19 yang merebak dalam satu bulan terakhir belum memengaruhi sektor tambang Indonesia, terutama komoditas batu bara.
Wisata Kena Virus Corona, Moeldoko: Tak Boleh Cemas
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menuturkan penyebaran virus corona memang akan berdampak pada sektor pariwisata dalam negeri.
0
Ahok Sempat Melarat Usai Cerai dengan Veronica Tan
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengaku sempat hidup melarat usai dipenjara dan bercerai dengan Veronica Tan.