UNTUK INDONESIA
Kapten dan 2 Gol, Jawaban Konate Loloskan Persebaya
Kapten Persebaya Makan Konate menjawab keraguan saat melawan Madura United. Dia mencetak 2 gol dan loloskan tim ke semifinal Piala Gubernur Jatim.
Kapten Persebaya Surabaya Makan Konate (kanan) menjawab keraguan saat melawan Madura United di Piala Gubernur Jatim 2020 di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Jumat 14 Februari 2020. Dia mencetak 2 gol dan membawa tim menang 4-2 yang meloloskan Persebaya ke semifinal. (Foto: ANTARA/Moch Asim)

Bangkalan - Pemain anyar Persebaya Surabaya, Makan Konate mampu menjawab keraguan saat melawan Madura United di pertandingan Grup A Piala Gubernur Jatim 2020. Diberi kepercayaan menjadi kapten, Konate memborong dua gol saat Persebaya menang 4-2 atas rivalnya di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Jumat, 14 Februari 2020.

Konate menjadi sasaran tembak setelah gagal mengeksekusi penalti saat melawan Bhayangkara FC. Apalagi pemain tengah ini didatangkan dari Arema FC, klub rival Persebaya.  

Kegagalan itu berujung dengan kekalahan 0-1. Hasil yang mengecewakan setelah Bajol Ijo tampil mengesankan saat menaklukkan Persik Kediri di laga perdana. 

Ya, dia sempat agak down ketika gagal eksekusi penalti. Apalagi dia kemudian mendapat cibiran dari suporter

Di pertandingan melawan Madura United, Konate yang untuk pertama kali menjadi kapten tim, membuktikan kontribusi kemenangan tim. Dia langsung membungkam cibiran pedas dengan performa gemilang sekaligus memborong dua gol dan satu assist. Bahkan pemain berusia 28 yang mengawali karier di Indonesia dengan bermain di PSPS Pekanbaru ini terpilih sebagai man of the match.  

Pelatih Persebaya, Aji Santoso pun cukup puas dengan performa Konate. Menurut dia pemain asal Mali ini mampu bangkit setelah sempat dicibir atas kegagalannya mengeksekusi penalti. 

"Ya, dia sempat agak down ketika gagal eksekusi penalti. Apalagi dia kemudian mendapat cibiran dari suporter," kata Aji.

Mantan pelatih tim nasional U-23 ini ternyata memiliki cara tersendiri untuk membangkitkan mental Konate. Pelatih Aji justru memberi kepercayaan kepada mantan pemain Persib Bandung ini menyandang ban kapten.

"Saya ingin mengangkat mental Konate dan memberi kenyamanan kepada dia. Keputusan saya menunjuk dia sebagai kapten ternyata dijawab dengan sangat luar biasa. Selain bermain bagus, dia mencetak dua gol," ujar dia.

Selain performa apik Konate, kemenangan Persebaya, menurut Aji, tidak terlepas usaha dan kerja keras para pemain. Menariknya, hampir separuh tim diisi pemain muda.

"Kami tidak bermain dengan kekuatan penuh, tetapi semua pemain pengganti tampil maksimal. Saya mencoba pemain-pemain muda agar bisa seimbang," ucap eks pelatih Persela Lamongan.

Di laga terakhir Grup A, kemenangan Persebaya dibuka Konate. Dirinya juga langsung menambah gol yang menjadikan tim menang 2-0. Selanjutnya, dua gol lagi dihasilkan David da Silva dan dan Arif Satria. Gol-gol Madura United dihasilkan striker Alberto 'Beto' Goncalves dan Haris Tuharea.

Kemenangan atas Madura United dan tampil sebagai juara Grup A, Persebaya ditunggu dua rival abadi, Arema FC dan Persija Jakarta yang dipastikan lolos di Grup B Piala Gubernur Jatim. Siapa lawan Persebaya ditentukan di laga Arema FC melawan Persija, Sabtu 15 Februari 2020. []

Berita terkait
Konate Bawa Persebaya Lawan Arema FC atau Persija
Pemain anyar Makan Konate membawa Persebaya Surabaya ke semifinal Piala Gubernur Jatim untuk menghadapi Arema FC atau Persija Jakarta.
Persebaya Taklukkan Persik Kediri di Piala Gubernur
Persebaya Surabaya menaklukkan Persik Kediri 3-1 di pertandingan pembuka Piala Gubernur Jatim. Di laga itu, Persebaya tampil dengan pemain muda.
Persebaya Surabaya Beri Kejutan Saat Launching Tim
Persebaya Surabaya memberi kejutan pemain saat launching tim dengan memperkenalkan bek Abduh Lestaluhu. Namun Abduh tak bisa hadir saat launching.
0
Pasien Dalam Pengawasan di RS Rotinsulu Bandung
Direktur Umum RSUP Rotinsulum, Bandung, Dr Edi Sampurno mengungkapkan bahwa saat ini ada tiga pasien dalam pengawasan (PDP) di RSUP Rotinulu