UNTUK INDONESIA
Kapolres di Papua Diminta Amankan Pilkada dan Pengumuman CPNS
Kapolda Papua memerintahkan Polres jajarannya untuk mengamankan Pilkada dan pengumuman CPNS di wilayahnya. Ini alasannya.
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw (kiri) saat meminpin upacara Sertijab enam Kapolres di markasnya, Kamis 22 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Paul Manahara Tambunan)

Jayapura - Kepala Kepolisian Daerah Papua Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw memerintahkan kepada Kapolres jajarannya agar mengamankan seluruh tahapan Pilkada serentak pada 11 Kabupaten di Provinsi Papua, pada 9 Desember 2020 mendatang.

Hal ini menyusul gangguan keamanan terkait Pilkada di sejumlah daerah, termasuk kerusuhan disertai pembakaran kantor pasca pengumuman hasil tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Keerom dan beberapa kabupaten lainnya, belum lama ini.

Para Kapolres yang baru, segera adaptasi dan bangun komunikasi secara aktif dengan para tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat.

"Saya berharap kepada para Kapolres jajaran Polda Papua khususnya yang akan melaksanakan Pilkada agar senantiasa membangun komunikasi dengan seluruh tokoh dan organisasi di wilayah masing-masing, guna meningkatan keamanan," pesan Waterpauw saat memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) tujuh Kapolres di Mapolda Papua, Kamis 22 Oktober 2020 siang.

Mantan Kapolda Sumatera Utara ini mendorong seluruh Kapolres jajaran Polda Papua untuk melakukan pendekatan kepada para generasi muda. Sebab, anak muda dipandang mudah terhasut oleh provokasi dan informasi hoaks.

Baca juga:

Ia mencontohkan Kantor Bawaslu Kabupaten Asmat yang dirusak oleh sekelompok massa dari salah satu pendukung Pasangan Calon Bupati, menyusul informasi hoaks yang beredar pada Minggu, 18 Oktober 2020 lalu.

"Para Kapolres yang baru, segera adaptasi dan bangun komunikasi secara aktif dengan para tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat. Jabarkan tugas pokok di mana saudara menjabat, serta antisipasi dan atasi segala bentuk permasalahan keamanan yang terjadi," ujar Waterpauw.

Tidak lupa Waterpauw mengingatkan seluruh anggotanya untuk meningkatkan pendisiplinan protokoler kesehatan bagi masyarakat, di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Seperti penggunaan masker dan penerapan jaga jarak.

Untuk diketahui, enam Kapolres jajaran Polda Papua baru saja mendapat promosi jabatan. Mereka yakni AKBP Murjatmo Edi, AKBP Andi Yoseph Enoch, AKBP Sonny Marisi Nugroho, AKBP Kariawan Barus, AKBP Abdullah Wakhid Prio Utomo, AKBP Agustinus Ary Purwanto, dan AKBP Emile Reisitei Hartanto.

AKBP Murjatmo Edi yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Biak Numfor, resmi menduduki jabatan baru sebagai Wadansatbrimob Polda Kalimantan Barat. Ia digantikan oleh AKBP Andi Yoseph Enoch, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Asmat.

AKBP Dhani Gumilar yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit I Ditreskrimum Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Kapolres Asmat.

AKBP Sonny Marisi Nugroho Tampubolon yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Nabire, akan menduduki jabatan baru sebagai Irbid Itwasda Polda Sumatera Utara. Ia digantikan oleh AKBP Kariawan Barus yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kepulauan Yapen.

AKBP Abdullah Wakhid Prio Utomo yang sebelumnya menjabat Kapolres Paniai akan menduduki jabatan baru sebagai Kapolres Kepulauan Yapen.

Ia digantikan oleh AKBP Naomi Giay yang sebelumnya menjabat sebagai Pamen Polres Mimika.

AKBP Agustinus Ary Purwanto yang sebelumnya menjabat Kapolres Merauke, akan menduduki jabatan baru sebagai Wadirreskrimum Polda Papua.

Ia digantikan oleh AKBP Ahmad Untung Surianata yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbagbangsisops Bagjiansis Rojianstra Sops Polri.

AKBP Baktiar Joko Mujiono yang sebelumnya menjabat Kapolres Keerom, akan menduduki jabatan baru sebagai Kabagbinops Biro Ops Polda Papua.

Ia digantikan oleh AKBP Emile Reisitei Hartanto yang sebelumnnya menjabat sebagai Pamen Polda Papua.

Sementara, AKBP Yuvenalis Takamully dikukuhkan menjadi Kapolres Tolikara.

Adapun 11 kabupaten yang akan melaksanakan pilkada yaitu Kabupaten Waropen, Supiori, Merauke, Yalimo, Boven Digul, Asmat, Mamberamo Raya, Nabire, Keerom, Pegunungan Bintang, dan Kabupaten Yahukimo. []

Berita terkait
Polisi Maluku Gagalkan Penyelundupan 5 Ton Miras ke Papua
Polisi Maluku gagalkan penyelundupan lima Ton Minuman Keras (Miras) yang hendak di selundupkan ke Papua
Dewan Adat Papua Desak Anggota TNI di Hitadipa Diperiksa
Dewan Adat Papua meminta Komnas HAM dan Tim Gabungan Pencari Fakta memeriksa semua anggota TNI AD terkait penembakan Pendeta Yeremia Zanambani.
25 Persen ASN Terpapar Corona, Pemprov Papua Berlakukan WFH
Pemerintah Provinsi Papua kembali menerapkan kerja dari rumah menyusul 25 persen ASN terpapar Covid-19.
0
Kapolres di Papua Diminta Amankan Pilkada dan Pengumuman CPNS
Kapolda Papua memerintahkan Polres jajarannya untuk mengamankan Pilkada dan pengumuman CPNS di wilayahnya. Ini alasannya.