Kanker Hati, Tanda-tanda Serangan dan Cara Mencegahnya

Kanker hati atau karsinoma hepatoselular adalah jenis kanker yang terjadi ketika sel-sel hati mengalami pertumbuhan yang tidak terkontrol.
Ilustrasi. Kanker Hati, Tanda-tanda Serangan dan Cara Mencegahnya. (Foto: Tagar/ Freepik)

TAGAR.id, Jakarta - Kanker hati, juga dikenal sebagai karsinoma hepatoselular, adalah jenis kanker yang terjadi ketika sel-sel hati mengalami pertumbuhan yang tidak terkontrol. 

Ini adalah salah satu bentuk kanker yang paling umum dan sering terkait dengan masalah hati kronis, seperti sirosis hati atau infeksi virus hepatitis B atau C. 

Berikut adalah informasi tentang kanker hati, tanda-tanda serangan, dan cara mencegahnya:

Pengertian Kanker Hati

Kanker hati terjadi ketika sel-sel hepatosit, yaitu sel-sel utama dalam hati, mengalami mutasi genetik yang menyebabkan pertumbuhan tidak normal dan tidak terkendali. Sel-sel kanker ini dapat membentuk tumor di dalam hati.

Tanda-tanda Serangan Kanker Hati

Tanda-tanda kanker hati mungkin tidak terlihat pada tahap awal. Namun, saat penyakit berkembang, beberapa tanda dan gejala yang mungkin muncul, termasuk:

1. Nyeri perut atau perasaan kenyang di daerah perut kanan atas.

2. Penurunan berat badan yang tidak dijelaskan.

3. Kelelahan yang berkepanjangan.

4. Kehilangan nafsu makan.

5. Pembengkakan perut atau pembengkakan di area perut.

Cara Mencegah Kanker Hati

Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko terkena kanker hati:

1. Vaksinasi Hepatitis B

Vaksin hepatitis B dapat mencegah infeksi virus hepatitis B, yang merupakan salah satu faktor risiko utama untuk kanker hati. Vaksin ini direkomendasikan terutama bagi individu yang berisiko tinggi.

2. Pantau Kesehatan Hati

Jika Anda memiliki penyakit hati kronis, seperti sirosis, periksakan secara teratur ke dokter dan ikuti panduan medis untuk menjaga kesehatan hati Anda.

3. Hindari Alkohol Berlebihan

Konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak hati dan meningkatkan risiko kanker hati. Batasi atau hindari alkohol jika mungkin.

4. Pantau Infeksi Hepatitis C

Jika Anda berisiko tertular hepatitis C, pantau dan obati infeksi ini sesegera mungkin.

5. Jaga Berat Badan Sehat

Obesitas dan peningkatan lemak dalam hati (steatosis hati) dapat meningkatkan risiko kanker hati. Pertahankan berat badan sehat dengan diet seimbang dan olahraga teratur.

Pencegahan kanker hati sangat penting, terutama jika Anda memiliki faktor risiko seperti riwayat penyakit hati atau infeksi hepatitis. []

Berita terkait
Tanda-tanda Serangan Kanker Otak dan Cara Mencegahnya
Kanker otak adalah kondisi abnormal di mana sel-sel di dalam otak tumbuh secara tidak terkendali dan membentuk massa atau tumor.
Pengertian Kanker Limfoma, Tanda-tanda Serangan dan Cara Mencegahnya
Kanker Limfoma adalah jenis kanker yang berasal dari sel-sel sistem limfatik, yaitu sistem yang membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.
Tanda-tanda Kanker Darah Leukemia Menyerang dan Cara Mencegahnya
Kanker darah atau leukimia, penyakit kanker yang mempengaruhi sel-sel pembentuk darah dalam sumsum tulang dan darah.
0
Uruguay vs Kolombia di Seminfal Copa America 2024 pada 11 Juli 2024 Pukul 07.00 WIB Ini Prediksinya
Pemenang antara Uruguay vs Kolombia sudah ditunggu oleh Argentina yang menyingkirkan Kanada 2-0 di semifinal (9/7/2024) di final