UNTUK INDONESIA
Kampung Ciherang, Segarnya Wisata Alam Sumedang
Kampoeng Ciherang Sumedang bisa menjadi destinasi pilihan menghabiskan waktu libur kamu.
Kolam renang bertingkat di tengah hutan pinus wisata Kampoeng Ciherang, Sumedang. (Foto: Tagar/Erian Sandri)

Sumedang - Udara yang segar, air jernih serta angin yang bertiup sepoi-sepoi dari celah pepohonan. Adalah suasana tempat wisata dambaan setiap pelancong yang ingin menyegarkan diri di akhir pekan atau di musim libur Tahun Baru saat ini.

Namun, pertanyaannya sederhana. Mungkinkah tempat seperti itu bisa kita nikmati bersama keluarga tanpa harus mendaki jauh di gunung maupun perbukitan?

Jawabannya, masih sangat mungkin. Kalian dapat mengunjungi wisata alam seperti itu di banyak destinasi alam yang tersebar di wilayah di Indonesia. Khususnya spot-spot pegunungan, salah satunya di Kota Sumedang, Jawa Barat.

Kampoeng Ciherang, merupakan nama sebuah objek wisata alam yang ada di daerah Sumedang. Meski secara administrasi berada di Kota Sumedang namun kenyataannya kampung wisata itu hanya berjarak tak lebih dari satu jam perjalanan dari exit tol Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Berlokasi di Dusun Pasanggrahan, Desa Cijambu, Tanjung Sari, Kabupaten Sumedang. Bagi Anda yang kurang begitu mengenal medan Sumedang dan sekitarnya, maka selepas exit tol Cileunyi belok kanan, menuju arah perbatasan antara Kabupaten Sumedang dan Kota Sumedang. 

Agar lebih mudah, cari lokasi Terminal Tanjung Sari. Dari titik bisa tanya warga atau ikuti petunjuk arah menuju Kampung Jambu, lokasi wisata Ciherang.

Kami harus pastikan keselamatan para pengunjung.

Ciherang2Pengunjung menikmati wahana sepeda di ketinggian di antara pohon pinus di Kampoeng Ciherang Sumedang. (Foto: Tagar/Erian Sandri)

Wisata Kampoeng Ciherang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata alam paling di cari saat ini di Jawa Barat. Selain bisa menikmati keindahan alamnya, di tempat ini kita dapat menikmati berbagai macam jenis wahana permainan, seperti sepeda gantung, flying fox, ayunan, sarang laba, view deck, paparahuan serta spot untuk swafoto.

Dari segi keamanan, Perhutani selaku pemilik menjamin bahwa segala bentuk permainan yang disuguhkan di wisata alam Kampoeng Ciherang aman.  Pasalnya pengecekan rutin dilakukan oleh pihak operator dan pihak perhutani.

”Kami harus pastikan keselamatan para pengunjung,” ujar Administratur Perhutani KPH Sumedang Asep Setiawan, Rabu, 18 Desember 2019

Terkait harga tiket terbilang sangat murah. Untuk bisa menikmati segala macam wahana permainan yang disajikan, cukup merogoh kocek Rp 15 ribu. Tidak ada biaya tambahan lagi di luar pungutan resmi itu. 

Wisata Kampoeng Ciherang memiliki luas mencapai 12,8 hektar. Namun baru 5,8 hektar yang efektif dikelola. Sepeda gantung menjadi wahana yang paling digandrungi saat ini oleh para pengunjung. Di spot itu, pengunjung bisa merasakan sensasi gowes di ketinggian di antara kepungan pohon pinus yang menjulang tinggi.

Selain bermain, Anda juga bisa menikmati ataupun merasakan bermukim di pedesaan dengan menyewa rumah warga untuk menginap. Tentunya, tidak lengkap jika tidak ditemani hidangan nasi lewet khas Sunda dengan harga terjangkau. Jadi kalian tak perlu kebingungan jika pulang malam usai berwisata.

Setelah puas berwisata dan menikmati keindahan alam, para penikmat wisata alam juga tak perlu bingung mencari buah tangan untuk teman atau keluarga. Pasalnya, sepanjang jalur Sumedang hingga gerbang tol Cileunyi tempat oleh-oleh betebaran di pinggir jalan. 

Jadi tunggu apa lagi buat menentukan pilihan tempat berlibur kami? Kampoeng Wisata Ciherang sangat cocok buat kalian yang ingin berlibut ahir tahun atau akhir pekan di alam bebas. []

Baca juga: 

Berita terkait
Kampung Seni Kanoman Utara Lengkapi Wisata Cirebon
Satu lagi destinasi wisata di Cirebon dibuka. Yakni Kampung Kanoman Utara sebagai kampung wisata seni dan budaya.
Berjalan di Atas Sungai ala Kampung Pulobaru Cirebon
Sensasi berjalan di atas sungai akan terasa ketika memasuki Kampung Pulobaru RT 3 RW 6, Kelurahan Pulasaren, Pekalipan, Cirebon.
Ke Cibeureum Kuningan, Jangan Lupa Sruput Kopinya
Desa Cibeureum membuka diri untuk dikunjungi wisatawan. Salah satu potensi yang ditawarkan adalah sajian kopi khas Cibeureum.
0
Dituduh Mencuri, Kakek di Malaka NTT Tewas Dibacok
Karena dituduh hendak mencuri sapi, seorang kakek di Malaka Nusa Tenggara Timur (NTT) tewas dibacok.