UNTUK INDONESIA
Kampung Ahok dan Empat Wisata di Belitung
Tempat kelahiran mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Belitung terdapat sejumlah wisata, diantaranya Kampung Ahok.
Kampung Ahok di Belitung Timur. (Foto: Instagram/@yosua_reynaldi)

Jakarta - Mendengar nama mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tentu selalu saja menjadi perhatian dan perbincangan masyarakat. Bahkan, apapun yang menyinggung suami Nastiti Devi ini selalu saja memikat hati semua kalangan, termasuk keindahan kampung halamannya di Belitung Timur. 

Berikut Tagar rangkumkan tempat wisata yang patut kamu kunjungi, ketika sudah berada di Belitung Timur. 

1. Kampung Ahok 

Kampung AhokKampung Ahok di Belitung Timur. (Foto: Instagram/@yosua_reynaldi)

Sosok mantan Bupati Belitung Timur ini sudah mendapatkan ruang dihati dan diingatan masyarakat luas. Jika ingin lebih mengenal dirinya, kamu bisa berkunjung ke tempat kelahirannya di Manggar, Belitung Timur. 

Saat berada di Belitung Timur, kamu akan melihat kompleks wisata bernama Kampung Ahok. Tempat itu merupakan kawasan yang dibangun adik Ahok, yakni Basuri Tjahaja Purnama. 

Di sana para pengunjung dapat melihat silsilah keluarga Ahok sejak 1924. Wisata terpadu kampung halaman Basuki Tjahaja Purnama (BTP) ini, kamu dapat mendapati beberapa tempat atau bangunan. 

Bangunan pertama, pengunjung akan menjumpai rumah Ahok yang merupakan tempat tinggal mantan Gubernur DKI Jakarta itu, yang dulu dibangun oleh ibundanya, Buniarti Ningsih (70) sejak tahun 1965.

Dengan mendatangi destinasi tersebut, kamu akan banyak pengalaman menarik mengenai Ahok sejak kecil hingga dewasa. 

Di dalam rumah Ahok, kamu bisa mendapati beberapa hal menarik, seperti karikatur Ahok yang dihadiahi masyarakat, bingkai-bingkai foto keluarga Ahok, Presiden Joko Widodo dan Basuri (adiknya).

Namun, wisata kampung Ahok kini dikabarkan berubah nama menjadi Kampung Fifi. Perubahan nama tersebut dikarenakan dirinya tidak mau lagi dipanggil dengan sebutan Ahok melainkan BTP.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi, BelitungPantai Tanjung Tinggi, Belitung. (Foto: Instagram/@prassadhita)

Pantai ini dikenal memiliki hamparan pasir putih dan bebatuan granit. Objek wisata tersebut, kamu bisa bermain jetski, kano, memancing, dan sebagainya. 

Pantai Tanjung Tinggi memiliki luas tak kurang dari 80 hektar yang didominasi pasir putih.

Di sana kamu akan menjumpai ratusan batu granit berukuran besar yang tersebar di sekitar pantai dan di kedua semenanjung di dekatnya. Bahkan, ukurannya juga bervariasi hingga ada yang mencapai ratusan kubik. 

Dengan perpaduan hamparan pasir putih, batuan granit, dan air laut yang tenang, membuat pantai ini memancarkan panorama yang indah. Sehingga, tempat ini menjadi lokasi wisata favorit.

Pantai ini termasuk wilayah yang aman. Jika pengunjung ingin berenang, boleh saja karena ombaknya masih tergolong kecil dan tenang. 

Kamu juga bisa melihat keindahan sunrise (matahari terbenam) dengan cara mengabadikan foto yang memancarkan pemandangan sekitar wisata tersebut.

3.  Pulau Lengkuas

Pulau LengkuasPulau Lengkuas, Belitung. (Foto: Instagram/@letstripbelitung)

Wisata ini berada di sebelah timur pulau belitung. Tempat tersebut juga menjadi penangkaran penyu sisik. Jika beruntung, kamu bisa berkesempatan melepasnya langsung ke laut.  

Pulau kecil yang sejak zaman penjajahan ini sudah terkenal dan memiliki peran penting dalam sejarah kemerdekaan bangsa indonesia. Melihat keindahan objek wisata ini, kamu pasti akan terpukau karena keberadaan pasir putih dengan kejernihan airnya yang biru. 

Di tempat tersebut juga terdapat mercusuar peninggalan Belanda yang megah sebagai bangunan ikonik khasnya. Pengunjung dapat menaiki ikonik pulau tersebut untuk melihat pemandangan dari puncak mercusuar. 

Jika naik kesana, jagan lupa kamu bisa mengabadikan moment dengan berswa foto. Karena di sana, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa indahnya. 

4. Bukit Berahu

Bukit BerahuBukit Berahu, Belitung. (Foto: Instagram/@bukitberahu)

Dekat kampung halaman Ahok juga ada bukit yang indah bernama Berahu. Ojek wisata ini adalah tempat yang eksotis dengan memadukan resto dan bungalow atau  vila.

Bukit Berahu ini letaknya cukup dekat dengan Tanjung Tinggi. Di atas bukit, kamu akan disajikan dengan keindahan pantai pasir putih dan air laut yang begitu jernih. 

Spesialnya lagi, pengunjung juga bisa merasakan pantai yang begitu bersih bak milik sendiri. 

Pantai Bukit Berahu sudah dikelola dan menjadi suatu tempat tujuan wisata yang paling populer di Belitung. Bahkan, Wisata ini jadi sangat digandrungi wisatawan lokal hingga mancanegara. 

Saat berada di sana, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas yang sudah ada di pantai bukit berahu ini. Bagi kamu yang ingin menginap di sana ada cottage, Bungalow, Villa, restoran, dan Kolam renang dengan view pantai yang memesona.  

Jadi tak salah, keindahan alam yang ada di kawasan objek wisata tersebut, membuat pengunjung tak ingin beranjak dari lokasi itu. 

5.  Danau Kaolin

Danau KaolinDanau Kaolin, Belitung. (Foto: Instagram/@edwardaja8)

Di Belitung juga terdapat salah satu wisata yang tidak kalah indah dengan pantai putihnya. Di Lokasi itu, ada Danau Kaolin yang memiliki warna daratan yang putih bersih dan air yang berwarna biru menyala.

Danau ini terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan dan alam menyempurnakan dengan keindahannya. Kaolin adalah suatu mineral sebagai bahan industri seperti kosmetik, kertas, makanan, pasta gigi. 

Kaolin digemari karena sifatnya yang halus, putih, kuat, halus serta daya hantarlistrik dan daya hantar panas yang rendah.  Di danau ini tidak ada bau belerang karena tempat ini tidak terbentuk dari sebuah kawah, sehingga pengunjung betah untuk berlama-lama. 

Untuk airnya pun tergolong aman, karena air disini tidaklah panas. terbukti dari masih banyaknya warga setempat yang juga memanfaatkan air danau dengan berbagai aktifitas.[] 

Baca juga:

Berita terkait
Musim Hujan, Mending ke Lima Wisata Dalam Ruangan
Wisata dalam ruangan yang patut dikunjungi bagi wisatawan yang merasa bosan jika berwisata di luar ruangan atau agar terhindar dari huja dan panas.
Lima Wisata yang Menarik Hati di Wonosobo Jawa Tengah
Wonosobo banyak menyimpan destinasi wisata yang menarik namun belum dikelola secara maksimal. Lokasi yang strategis cukup menarik wisatawan.
Stockholm dan Empat Wisata Musim Dingin di Eropa
Desember mendatang beberapa negara di luar negeri sudah memasuki musim dingin, wisata apa yang cocok dikunjungi?
0
Pebalap Cantik Bernyali Besar Itu Kini Cuci Darah
Semua berpikir perempuan tersebut bukan pasien cuci darah, mungkin seorang model karena parasnya yang cantik dan trendy.