UNTUK INDONESIA
Kalahkan PSGC, Persiraja Tempel Ketat Sriwijaya FC
Persiraja Banda Aceh kembali menduduki peringkat dua sekaligus menempel pimpinan klasemen Sriwijaya FC setelah mengalahkan PSGC Ciamis 3-1.
Persiraja Banda Aceh kembali menduduki peringkat dua sekaligus menempel pimpinan klasemen Sriwijaya FC setelah mengalahkan PSGC Ciamis 3-1 di pertandingan Liga 2 2019 di Stadion H Dimurthala Lampineung, Banda Aceh, Jumat 13 September 2019 malam WIB. (Foto: Tagar/Muhammad Fadhil)

Banda Aceh - Persiraja Banda Aceh kembali merebut posisi kedua sekaligus menempel Sriwijaya FC di klasemen Wilayah Barat Liga 2 2019. Posisi itu kembali diraih Persiraja usai mengalahkan PSGC Ciamis 3-1 di Stadion H Dimurthala Lampineung, Banda Aceh, Jumat 13 September 2019 malam WIB.

Persiraja mempertahankan rekor kemenangan setiap kali bermain di kandang sendiri. Rekor cemerlang itu yang menjadikan Persiraja sukses menembus papan atas klasemen sementara. 

Kemenangan atas PSGC menjadikan Laskar Rencong memiliki poin 30 sekaligus menggusur Persita Tangerang. Sedangkan Persita yang mengantongi poin 28 terpaksa turun ke peringkat tiga.

Sayangnya, kami tidak bisa menjaga clean sheet di pertandingan ini. Kami harus kebobolan dengan sedikit kesalahan kecil. Namun kami tetap bersyukur dengan kemenangan ini

Persiraja pun mulai membayangi Sriwijaya FC yang bertengger di puncak klasemen. Sriwijaya FC yang dikalahkan Persita 0-1 di laga sebelumnya memiliki poin 31. 

Bagi PSGC, kekalahan itu mengakibatkan mereka kian terbenam di zona degradasi. PSGC yang hanya mengantongi 10 poin menduduki peringkat 11. Sama dengan Blitar Bandung United FC yang berada di posisi 12 atau dasar klasemen 

Meski demikian Akhyar mengaku tak mudah menghadapi PGSC yang bertahan. Terutama di babak pertama Persiraja kesulitan membongkar pertahanan PSGC yang tampil dengan disiplin tinggi.Asisten pelatih Persiraja, Akhyar Ilyas bersyukur atas hasil tersebut. Menurutnya kemenangan itu kembali menjaga tim tetap aman di papan atas.

Meski demikian Akhyar mengaku tak mudah menghadapi PGSC yang bertahan. Terutama di babak pertama Persiraja kesulitan membongkar pertahanan PSGC yang tampil dengan disiplin tinggi.

"Di babak kedua, kami melakukan sedikit perubahan dan bermain ofensif sehingga bisa mencetak dua gol," kata Akhyar. 

"Sayangnya, kami tidak bisa menjaga clean sheet di pertandingan ini. Kami harus kebobolan dengan sedikit kesalahan kecil. Namun kami tetap bersyukur dengan kemenangan ini," ujarnya melanjutkan.

Sementara, pelatih PSGC Andri Wijaya mengakui pemain melakukan banyak kesalahan yang berujung dengan gol yang berhasil dicetak tuan rumah. Andri menyatakan kesalahan dalam laga itu menjadi bahan evaluasi untuk laga berikutnya.

"Kami mengakui bermain lebih baik dan kami mengalami kekalahan. Ini menjadi bahan evaluasi kami untuk menghadapi laga berikutnya. Ini menjadi pelajaran bagi kami," kata dia.

Di pertandingan itu kemenangan Persiraja dibuka Andre Abubakar yang menyambut umpan silang di menit 33. Skor 1-0 bertahan sampai akhir babak pertama. 

Persiraja baru bisa menambah gol melalui Assanur Rijal menit 59. Hanya berselang tiga menit, skor berubah menjadi 3-0 setelah Defri Riski mencetak gol dari titik penalti. Wasit memberikan hukuman penalti kepada PSGC menyusul pelanggaran yang dilakukan pemainnya setelah menyentuh bola di kotak terlarang. 

Satu-satunya gol tim tamu yang memperkecil kekalahan dihasilkan Fabio Marko Kodoati. Gol itu tercipta pada menit 78. Skor 3-1 bertahan sampai akhir laga.

Doa untuk BJ Habibie

Laga Persiraja melawan PSGC juga diawali dengan mengheningkan cipta untuk almarhum BJ Habibie.  Mengheningkan cipta itu dipimpin langsung Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman 

Selain mengheningkat cipta, para pemain juga memakai pita warna hitam di lengan untuk mengenang kepergian Presiden ke-3 Republik Indonesia. []

Berita terkait
Lawan PSGC, Tangga Bagi Persiraja ke Papan Atas
Persiraja Banda Aceh membidik kemenangan saat menjamu PSGC Ciamis di Liga 2 di Stadion H Dimurthala Lampineung, Banda Aceh, Jumat 12 September 2019
Sulitnya Raih Poin Lawan Persiraja di Banda Aceh
Persiraja Banda Aceh sulit dikalahkan saat bermain di kandang sendiri. Saat menjamu PSPS Riau, Rabu 28 Agustus 2019 malam, Persiraja menang 2-1.
Lawan PSPS, Persiraja Berpeluang Geser Sriwijaya FC
Persiraja Banda Aceh membidik kemenangan saat kembali bermain di kandang sendiri dengan menjamu PSPS Riau di Liga 2, Rabu 27 Agustus 2019.
0
UAS Mengundurkan Diri Sebagai PNS di UIN Suska Riau
UAS resmi mengundurkan diri sebagai PNS di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska), Pekanbaru, Riau.