Kalahkan Lyon, Liverpool Bidik Manchester City

Liverpool memiliki modal berharga menghadapi Manchester City di Community Shield usai mengalahkan Lyon 3-1, Kamis 1 Agustus 2019.
Liverpool menunjukkan kesiapan menghadapi Manchester City di Community Shield usai mengalahkan Lyon 3-1 di laga uji coba di Stadion Geneve, Jenewa, Kamis 1 Agustus 2019. Tampak pemain depan Liverpool Roberto Firmino (kiri) melepaskan tendangan ke gawang Lyon. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Liverpool mengakhiri persiapan tim sebelum kompetisi dengan meraih kemenangan. Setelah memetik hasil buruk di empat laga pramusim, Liverpool sukses mengalahkan Lyon 3-1 di Stadion Geneve, Jenewa, Swiss, Kamis 1 Agustus 2019 dini hari WIB. Kemenangan ini menjadi modal berharga Liverpool menghadapi Manchester City di Community Shield. 

Kemenangan itu setidaknya menghapus kekhawatiran manajer Juergen Klopp mengenai kesiapan tim menghadapi kompetisi Liga Premier Inggris. Terutama saat Liverpool bertemu Manchester City di laga pembuka kompetisi Inggris, Minggu 4 Agustus 2019.

Tim juga kembali diperkuat para pemain yang baru bergabung seperti kiper Alisson dan Roberto Firmino. Keduanya memperkuat Brasil di Copa America 2019. 

Demikian pula Mohamed Salah yang baru kembali usai memperkuat Mesir dan Naby Keita (Guinea) di Piala Afrika 2019. Hanya Sadio Mane yang usai membawa Senegal menjadi runner up Piala Afrika yang belum bergabung. 

Saya tentu senang karena kami bermain lebih baik. Kami punya kesempatan menghadapi City

Klopp pun menyambut gembira atas kemenangan The Reds. Apalagi tim menunjukkan performa bagus setelah kembali diperkuat para pemain pilar. Menurut manajer asal Jerman ini, Liverpool sudah sepenuhnya siap menghadapi City.

"Penampilan tim sudah lebih baik. Seperti saya katakan, penampilan seperti ini bakal segera muncul. Kini, kami punya waktu tiga hari untuk melakukan persiapan menghadapi City. Selanjutnya, kita lihat apa yang bisa dilakukan di pertandingan itu," ujar Klopp. 

"Saya tentu senang karena kami bermain lebih baik. Kami punya kesempatan menghadapi City," katanya lagi. 

Di laga itu, Liverpool tertinggal lebih dulu lewat gol cepat Memphis Depay. Mantan pemain Manchester United ini mencetak gol dari titik penalti saat laga baru berjalan empat menit. Penalti diberikan setelah kiper Alisson melakukan pelanggaran terhadap Moussa Dembele di dalam area terlarang. 

Setelah tertinggal, Liverpool mulai menguasai pertandingan dan berhasil menyamakan kedudukan saat Firmino mencetak gol menit 17. Hanya berselang empat menit, juara Liga Champions 2019 ini berbalik unggul akibat gol bunuh diri  Joachim Andersen. Berawal dari umpan silang Trent Alexander-Arnold yang berusaha dihalau Andersen. Namun upayanya malah membuat bola meluncur ke gawang sendiri. 

Liverpool memantapkan keunggulannya setelah Harry Wilson pada menit 53. Gol tercipta setelah tembakan melengkung kaki kiri Wilson tak bisa dijangkau kiper Ciprian Tatarusanu.

Skor 3-1 bertahan sampai akhir laga. Liverpool pun menyongsong laga Community Shield di Stadion Wembley. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Dugaan Penipuan Jumlah Tes Covid-19 di Jerman
Dugaan penipuan jumlah tes Covid-19 di Jerman meningkat, otoritas keseharan Jerman membahas mekanisme kontrol jumlah tes