Jakarta - Uruguay terlalu kuat bagi Ekuador. Dalam duel di Grup C Copa America di Stadion Governador Magalhaes Pinto, Senin 17 Juni 2019 pukul 05.00 WIB, Uruguay menaklukkan Ekuador 4-0. Ini menjadi kemenangan terbesar selama penyisihan grup yang diraih satu tim. 

Sebelumnya, Brasil meraih kemenangan besar saat menghancurkan Bolivia 3-0. Setelah laga itu, semua pertandingan selalu berakhir dengan skor tipis meski Kolombia menang meyakinkan 2-0 atas Argentina. 

Rekor kemenangan Brasil kemudian dipecahkan Uruguay. Kemenangan atas Ekuador juga menjadikan La Celeste menduduki puncak klasemen dengan poin tiga. Di grup itu, Uruguay dan Ekuador bersaing dengan Chile dan tim undangan, Jepang

Di laga itu, duet Edinson Cavani dan Luis Suarez, benar-benar menjadi mimpi buruk bagi pertahanan Ekuador. Tim asuhan Oscar Tabarez juga sepenuhnya menguasai permainan. 

Mereka langsung membuka serangan sejak menit pertama. Pertandingan baru berjalan enam menit, gelandang Nicolas Lodeiro sudah membobol gawang Ekuador. Berawal dari umpan Suarez yang kemudian diterimanya dengan baik. Lodeira sempat mengecoh pemain belakang Ekuador sebelum mencetak gol. 

Ekuador Kehilangan Pemain

Dalam posisi tertinggal, Ekuador justru kehilangan seorang pemain, Jose Quinteros, yang menyikut Lodeira di menit 24. Semula Quinteros mendapat kartu kuning. Namun setelah insiden itu ditinjau, dirinya dijatuhi kartu merah. 

Bermain dengan 10 orang membuat Ekuador lebih fokus pada pertahanan. Hanya usaha mereka tak membuahkan hasil. Di menit 33, Cavani mencetak gol yang menjadikan Uruguay unggul 2-0. 

Sebelumnya, striker Paris Saint-Germain ini mendapat dua peluang yang selalu digagalkan kiper Alexander Dominguez. Namun upaya ketiga Cavani akhirnya memberikan hasil. 

Tandemnya, Suarez melengkapi kemenangan Uruguay menjelang akhir babak pertama. Gol striker Barcelona ini tercipta di menit 44. 

Di babak kedua, Uruguay sedikit menurunkan tempo permainan. Meski demikian, mereka tetap sepenuhnya mengontrol pertandingan. Ini didukung penguasaan bola Uruguay yang lebih tinggi ketimbang Ekuador. 

Uruguay masih bisa menambah gol di paruh kedua. Gara-garanya bek Arturo Mina membuat gol bunuh diri menit 78. Skor menjadi 4-0 dan tidak berubah sampai akhir pertandingan. 

Susunan Pemain

Uruguay (4-4-2): Muslera; Caceres, Gimenez, Godin, Laxalt; Nandez, Bentancur, Vecino, Lodeiro; Suarez, Cavani

Gol: Lodeiro 6', Cavani 33', L. Suarez 44' Mina (bd) 78'  

Ekuador (4-2-3-1): Dominguez-Quinteros, Mina, Achilier, Caicedo; Orejuela, Intriago; Antonio Valencia, Mena, Preciado, Enner Valencia

Gol: - []

Baca juga: