Jakarta - AC Milan kembali ke trek dengan meraih kemenangan penting 2-1 atas Bologna di pertandingan Serie A Italia di Stadio San Siro, Selasa, 7 Mei 2019, dinihari WIB. Sukses itu membuka asa Milan masuk empat besar atau ke zona Liga Champions. Hanya, Milan harus kehilangan pemainnya, Lucas Paqueta yang mendapat kartu merah. 

Kemenangan itu memutus rekor buruk Milan di tiga pertandingan terakhir. Setelah menang 1-0 atas Lazio, mereka tercatat dua kali menelan kekalahan dan sekali bermain imbang. Hasil tersebut menjadikan Rossoneri terlempar dari empat besar dan melorot ke peringkat tujuh.

Namun tambahan tiga poin itu mendongkrak kembali posisi Milan. Kini, mereka naik ke peringkat lima sekaligus menggeser AS Roma dengan poin 59. Milan terpaut tiga poin dari Atalanta yang menduduki peringkat empat. 

Dengan menyisakan tiga pertandingan lagi dan jarak poin yang cukup rapat, asa Milan untuk kembali ke empat besar sekaligus mendapatkan tiket ke liga Champions kembali terbuka. 

Di laga itu, Milan dipaksa bekerja keras sebelum meraih tiga poin. Apalagi pelatih Gennaro Gattuso kehilangan kapten Alessio Romagnoli dan Davide Calabria yang cedera. Sedangkan Lucas Biglia sudah harus ditarik keluar di pertengahan babak pertama. 

Namun Mila secara pelahan memperlihatkan dominasinya. Diawali dengan sepakan Hakan Calhanoglu yang ditepis kiper Bologna Lukasz Skorupski. Tak lama kemudian giliran sundulan gelandang Mateo Musacchio yang nyaris membuahkan gol. 

Usaha keras Milan akhirnya membuahkan hasil di menit 37. Gol tuan rumah dihasilkan Suso yang lepas dari hadangan Lyanco sebelum melepaskan tendangan ke gawang. Skor 1-0 bertahan sampai akhir babak pertama. 

Di babak kedua, Bologna sempat menyamakan kedudukan melalui Rodrigo Palacio. Namun gol itu dianulir karena dia dalam posisi offside

Sebaliknya, Milan berhasil memperbesar keunggulannya. Kali ini, Fabio Borini yang membobol gawang Bologna di menit 67. Selanjutnya, Milan berusaha mempertahankan keunggulan itu dengan memperkuat pertahanan. 

AC MilanAC Milan terpaksa kehilangan seorang pemain setelah Lucas Paqueta (kiri) dikartu merah di pertandingan melawan Bologna di kompetisi Serie A Italia di Stadion San Siro, Selasa, 7 Mei 2019, dinihari WIB. (Foto: forzaitalianfootball.com)

Meski demikian, Bologna yang mulai berkembang permainannya sempat memperkecil ketinggalannya. Penyerang Mattia Destro yang baru lima menit masuk sebagai pemain pengganti sukses membobol gawang Milan. Dirinya mencetak gol di menit 72. 

Milan mulai waswas setelah Luacs Paqueta dikartu merah menit 74.  Dia mendapat kartu kuning akibat pelanggaran terhadap Nicola Sansone. 

Hanya Paqueta tak terima dengan kartu itu. Buntutnya, protes keras yang dilakukan terhadap wasit membuat dia mendapat kartu kuning kedua yang disusul dengan kartu merah. 

Dikartumerahnya pemain asal Brasil ini merugikan Milan. Sejak bergabung dengan Milan pada Januari 2019, Paqueta memberi kontribusi besar bagi tim. Kreativitasnya membuat permainan Milan lebih hidup. Tanpa dia, Milan harus bekerja ekstrakeras di pertandingan berikutnya.

Diusirnya Paqueta membuat Milan lebih banyak bertahan untuk mengamankan tiga poin. Namun menjelang akhir laga, Bologna kehilangan dua pemain yang dikartu merah, Nicola Sansone dan Mitchel Dijks. Skor 2-1 pun tak berubah sampai akhir laga. []

Baca juga: