UNTUK INDONESIA
Kado KPK Jelang Hari Antikorupsi 2019
Penindakan rasuah menjadi tugas utama KPK, KPK juga melakukan pencegahan korupsi dengan berbagai usaha, misalnya dengan kado ini.
Kado. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Penindakan rasuah di Tanah Air menjadi tugas utama Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK). KPK juga melakukan pencegahan korupsi dengan berbagai usaha, misalnya menyampaikan antikorupsi lewat lagu.

Jelang hari korupsi sedunia yang digelar tiap awal Desember, KPK punya 'kado' untuk menyuarakan antirasuah dengan meluncurkan album musik kompilasi bertajuk Suara Antikorupsi (SAKSI) 2019.

"Album bertajuk Suara Antikorupsi 2019: B-side. Album ini akan mengemas sejumlah lagu karya musisi dari penjuru negeri," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Minggu 24 November 2019, seperti dilansir dari Antara.

Akan diproduksi dan selanjutnya akan dibagikan secara gratis ke masyarakat. 

Dia mengatakan keseluruhan lagu yang akan mengisi album itu akan dipilih oleh masyarakat melalui proses voting mulai 22-26 November 2019, yang terbuka bagi siapa pun dan dapat diakses melalui situs KPK (https://www.kpk.go.id/) dan KanalKPK (http://kanal.kpk.go.id).

Gedung KPKGedung KPK di Jakarta. (Foto: Tagar/Nurul Yaqin)

Terdapat 15 lagu yang akan ditampilkan dan dapat didengar secara utuh pada laman voting tersebut.

"Nantinya, sembilan lagu terfavorit yang mengumpulkan suara terbanyak akan dikemas ke dalam cakram padat (CD) yang akan diproduksi dan selanjutnya akan dibagikan secara gratis ke masyarakat," kata Febri.

Ke-15 lagu karya duo/band yang antara lain berasal dari Lampung, Bandung, Yogyakarta, Makassar, dan Banjarmasin itu akan bersaing dalam ajang Festival SAKSI 2019 itu merupakan hasil seleksi dari 479 karya yang ikut serta dalam 3 tahun penyelenggaraan festival SAKSI sebelumnya (tahun 2016-2018).

"Judul "B-side" dipilih karena lagu-lagu tersebut memang belum pernah dirilis. Ada tiga album SAKSI sebelumnya. KPK menilai ke-15 lagu tersebut tetap memiliki kekuatan dari sisi musikalitas dan pesan antikorupsi dan perlu disebarluaskan untuk mendukung upaya pemberantasan korupsi," ujar Febri.

Di sisi lain, kata dia, album Suara Antikorupsi 2019: B-side ini adalah bentuk apresiasi KPK atas kreativitas para musisi yang mewujudkan ide dan semangat antikorupsi mereka ke dalam lagu yang mereka ciptakan.

Febri menyatakan peluncuran album tersebut akan dilakukan pada Jumat 6 Desember 2019 di gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Hari Antikorupsi Sedunia (HAKORDIA) 2019.

Berita terkait
Masih Ada Menteri Belum Lapor Kekayaan ke KPK
Ada beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju belum menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).
Pilkada 2020 Suara Partai Pencetus Revisi UU KPK Anjlok
Suara 5 partai pengusung revisi UU KPK diprediksi bakal anjlok di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.
Istana Tanggapi 3 Pimpinan KPK Gugat UU KPK di MK
Pihak Istana menanggapi keputusan tiga pimpinan KPK menggugat UU KPK hasil revisi ke Mahkamah Agung (MK).
0
Wisata Terbaik Liverpool Bikin Terpukau Wisatawan
Wisata Liverpool, Inggris memiliki banyak wisata yang patut dikunjungi karena menawarkan segudang keindahan panorama yang menakjubkan