UNTUK INDONESIA
Kabut Asap Kebakaran Hutan Mulai Mengepung Aceh
Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah di Pulau Sumatera mulai meluas ke Banda Aceh. Diharapkan masyarakat memakai masker.
Kabut asap menyelimuti Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru, Riau. (Foto: Antara/Rony Muharrman)

Banda Aceh - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah daerah di Pulau Sumatera mulai meluas ke Banda Aceh pada Senin sore, 23 September 2019.

Berdasarkan informasi yang diterima Tagar dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) akan membagikan masker kepada pengguna jalan di Kota Banda Aceh.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria menyebutkan, hari ini kabut asap telah menyelimuti seluruh Provinsi Aceh, termasuk Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Kita perkirakan merupakan kabut asap telah menyelimuti seluruh Provinsi Aceh.

"Beberapa hari yang lalu kabut asap membungkus Aceh hanya beberapa kabupaten dan kota, namun pagi ini kabut yang kita perkirakan merupakan kabut asap telah menyelimuti seluruh Provinsi Aceh," kata Zakaria saat dikonfirmasi, Senin, 23 September 2019.

Dia menjelaskan, berdasarkan data BMKG Pusat hari ini tidak terlihat adanya sebaran asap di Aceh. Hal ini dinilai karena kelemahan satelit yang tidak dapat memantau asap bila tertutup awan.

Kabut Asap di AcehKabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah di Pulau Sumatera mulai meluas ke Banda Aceh, Senin 23 September 2019. Foto direkam di kawasan Lampriet, Kecamatan Syiah Kuala sekira pukul 15.00 WIB. (Foto: Tagar/Muhammad Fadhil).

"Seperti kita tahu sekarang Aceh sedang banyaknya tumbuh awan hujan, maka wajar bila kita lihat dari peta sebaran asap tidak terdeteksi adanya paparan asap di Provinsi Aceh," ujar Zakaria.

Kendati demikian, Zakaria memastikan apa yang terjadi di Aceh hari ini benar kabut asap. Hal tersebut bisa dilihat dengan matahari nampak berwarna kuning kemerah-merahan.

Selain itu, juga bila dilihat ke langit berwarna putih abu-abu relatif rata. Sedangkan kalau langit ditutupi awan akan terlihat gumpalan-gumpalan.

"Untuk asal kabut asap kami memperkirakan masih merupakan asap kiriman dari musibah kebakaran hutan dan lahan beberapa provinsi lain di Sumatera," katanya.

Zakaria mengimbau kepada masyarakat untuk selalu memakai masker dan pelindung lainnya jika berada di luar ruangan.

"BMKG juga mengimbau masyarakat agar minum air putih yang banyak juga makan buah yang banyak, pola makan sehat perlu dijaga agar stamina tubuh lebih fit dan konsultasi ke dokter bila terasa sesak," kata Zakaria. []

Berita terkait
Asap Serbu Aceh, 5000 Masker Dibagi ke Pengguna Jalan
BPBA membagikan sebanyak 5.000 masker untuk pengguna jalan di Kota Banda Aceh.
Kebakaran Hutan di Sumatera Berdampak hingga Aceh
Kebakaran hutan dan lahan di Riau, Jambi dan Sumatera Selatan mengganggu penerbangan dan nelayan di Aceh. Jarak pandang di sana hanya 1,000 meter.
Banda Aceh Dikepung Kabut Asap
Kota Banda Aceh mulai terpapar kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah titik di pulau Sumatera.
0
Man United Gagal Menang, Lallana Selamatkan Liverpool
Manchester United kembali gagal menang setelah ditahan Liverpool 1-1 di laga Liga Premier Inggris di Old Trafford, Minggu 21 Oktober 2019.