UNTUK INDONESIA
Kabupaten Gowa Peringkat Pertama Turunkan Angka Stunting
Kabupaten Gowa peringkat pertama penurunan angka stunting di Sulawesi Selatan.
Penilaian Lokus Stunting di Kabupaten Gowa. (Foto: Tagar/Ist)

Gowa - Program Stunting (Kekerdilan) yang selama ini menjadi program nasional untuk penurunan angka kekerdilan di Kabupaten Gowa mampu diterapkan. Hal ini dibuktikan dengan peringkat pertama pada hasil penilaian kinerja kabupaten lokus pelaksanaan konvergensi interview, penurunan stunting terintegrasi di Provinsi Sulawesi Selatan 2020.

Dari tahun lalu kami lakukan sosialisasi, dan Di sahkannya sebagai Peraturan Bupati (Perbup) itu pada Mei 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin mengatakan, sejak 2019 pihaknya gencar melakukan kegiatan yang disebut aksi konvergensi, diantaranya Aksi pertama ada analisis situasi, aksi kedua rencana kegiatan, aksi ketiga ada rembuk stunting, aksi ke empat ada Peraturan Bupati (Perbup).

"Dari tahun lalu kami lakukan sosialisasi, dan Di sahkannya sebagai Peraturan Bupati (Perbup) itu pada Mei 2020. Diketahui, di setiap aksi itu pasti hadir pihak dari pusat guna mengawal jalannya ke empat program aksi tersebut," kata dr Hasanuddin. Senin 19 Oktober 2020.

Dalam pencegahan Stunting, dr Hasanuddin menjabarkan ada dua pencegahannya yakni secara intervensi spesifik dan intervensi sensitif. Secara Sensitif, di dalamnya tergabung sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat dalam pencegahan dan penanganan Stunting. Sementara secara spesifik hanya ada Dinas Kesehatan.

"Jadi, kami melakukan pencegahan dengan cara spesifik dan sensitif, kalau sensitif melibatkan sejumlah OPD seperti Dinas, PUPR, Dinas ketahanan pangan, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo, dan masih ada lagi, sementara secara spesifik itu hanya melibatkan Dinas Kesehatan saja yang fokus pada persoalan kesehatan anak dan ibu," ujar dr Hasanuddin.

Sementara itu, pengelola program gizi Dinas Kesehatan,
Lisnawati Djamaluddin mengatakan, sasaran untuk pemeriksaan stunting di Kabupaten Gowa sejak Februari 2020 yakni 50.000 anak, namun yang terdeteksi mengalami gejala stunting hanya 3000 anak.

"Inilah yg menjadi sasaran penanganan Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa saat ini," kata Lisnawati.

Untuk Lokasi Fokus (Lokus), dalam keputusan Bupati Gowa penetapan desa dan kelurahan prioritas percepatan pencegahan dan penanganan stunting di Kabupaten Gowa tahun 2021 ada lima kecamatan.

"Diantaranya Kecamatan Bontonompo meliputi Desa Katangka, Romanglasa, Bontolangkasa Selatan, Manjapai), Kecamatan Bontonompo Selatan meliputi desa Tanrara. Kecamata  Bajeng Barat meliputi Desa Mandalle, Tana Bangka, Gentungan.

Selanjutnya, Kecamata Manuju meliputi Desa Moncongloe. dan Kecamatan Barombong meliputi Desa Tamanyeleng, Desa Lembang Parang," beber Lisnawati. []

Berita terkait
Perhatian Pemerintah Dalam Penanganan Stunting di NTT
Melalui Menko PMK, Muhadjir menyampaikan pemerintah memberikan perhatian yang besar dalam penanganan Stunting khususnya di NTT.
Pertagas Latih Posyandu Aceh Timur untuk Turunkan Stunting
Pertagas berkomitmen ikut membantu menurunkan angka stunting dengan memberikan pelatihan posyandu di Gampong Alue, Aceh Timur.
Angka Stunting di Kabupaten Cirebon Masih Tinggi
Stunting di Kabupaten Cirebon nantinya akan berpengaruh terhadap kualitas kesehatan yang dimiliki oleh warga
0
Dua Polisi di Toraja Dipecat Tidak Hormat, Ini Kasusnya
Dua anggota Polri yang bertugas di Polres Tana Toraja, Polda Sulsel, di pecat tidak dengan hormat atau PTDH. Ini kasusnya.