Kabar Ki Seno Nugroho Meninggal Dunia Trending Topic di Twitter

Nama dalang Ki Seno Nugroho menghiasai trending topic di Twitter setelah diketahui wafat secara mendadak, diduga karena serangan jantung.
Dalang Wayang Kulit Ki Seno Nugroho. (Foto: Instagram/aldie_245)

Jakarta - Dalang wayang kulit kondang Ki Seno Nugroho meninggal dunia pada Selasa malam 3 November 2020. Namanya langsung menghiasai trending topic di media sosial Twitter setelah diketahui wafat secara mendadak, diduga karena serangan jantung.

Kabar meninggalnya Ki Seno mulai beredar saat akun Facebook Kitsie Emerson yang dikenal sebagai doktor yang mempelajari wayang kulit, mengucapkan belasungkawa atas berpulangnya sang dalang asal Bantul, Yogyakarta itu.

Dalam status yang dibagikan, Kitsi mengatakan jika Ki Seno wafat secara mendadak diduga setelah mengalami serangan jantung, meski masih sempat terlihat beraktivitas melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp beberapa waktu sebelumnya.

"Turut berduka cita, istirahatlah dengan damai Ki Seno Nugroho dalang kondang Yogyakarta, Ki Seno meninggal dalam usia 48 tahun pada malam hari ini," tulis Kitsi dalam bahasa Inggris, dikutip Tagar pada Rabu, 4 November 2020.

"Ia meninggal diduga mengalami serangan jantung. Saya tidak menyangka padahal tadi siang sekitar jam 13.49, beliau membuat status WA yang isinya dia menjadi cover buku untuk bahasa jawa untuk se-DIY," kata dia.

Berita duka kemudian semakin tersiar setelah akun Twitter resmi @caknundotcom milik budayawan Emha Ainun Nadjib turut mengabarkan hal yang sama. Selain mendoakan, Cak Nun juga meminta kepada para pengikutnya mendoakan kepergian Ki Seno.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun... Donya mung ngeterke tekan pecate nyawa. Ananging derma nggandeng manungsa tekan lawange suwargonipun Gusti Allah. Selamat jalan Dalang Ki Seno Nugroho

3 November 2020, 20.00 WIB, Yogyakarta," tulis akun tersebut.

Ki Seno NugrohoUcapan duka saat dalang Ki Seno Nugroho meninggal dunia. (Foto: Twitter/swastiacintya)

Kabar kematian Ki Seno juga dikonfirmasi oleh seorang penari Keraton Yogyakarta yang juga adalah selebriti Twitter, @swastiacintya. Ia mengatakan bahwa sang dalang meninggal dunia di Rumah Sakit PKU Gamping.

"Ndherek bela sungkawa awit sedanipun Ki Seno Nugroho. Yogyakarta Dalu menika wanci jam 22.30. wonten RS PKU Gamping. swarga langgeng," kata dia.

Hingga Rabu pagi, 4 November 2020, nama Ki Seno Nugroho menghiasi trending topic urutan pertama di media sosial Twitter dengan lebih dari 600 ribu cuitan. Twit dilayangkan warganet rata-rata berisikan doa dan pengharapan agar sang dalang diterima di sisi Tuhan yang maha esa.

Ki Seno Nugroho adalah dalang muda asal Yogyakarta yang dikenal sebagai salah satu dalang pembaharu gaya pedalangan masa kini. Dalang kelahiran 23 Agustus 1972 tersebut pada dasarnya merupakan dalang dengan gaya Yogyakarta, namun dia juga sering memadukan dengan gaya dalang Solo di pementasannya.

Ki Seno Nugroho sendiri merupakan dalang muda kelahiran Yogyakarta, 23 Agustus 1972 silam. Ia dikenal sebagai salah satu dalang pembaharu gaya pedalangan masa kini dengan dasar gaya Yogyakarta, namun sering memadukan dengan gaya dalang Solo di pementasannya.

Ki Seno memiliki banyak penggemar di kalangan muda. Hampir setiap hari, karyanya banyak direkam atau disiarkan secara streaming melalui sejumlah akun Youtube, selalu menyedot ribuan penonton. []

Berita terkait
Park Ji Sun Ditemukan Meninggal Dunia di Rumahnya
Komedian asal Korea Selatan, Park Ji Sun ditemukan meninggal dunia bersama ibunya pada Senin, 2 November 2020.
Aktor Pemeran Pertama James Bond, Sean Connery Meninggal Dunia
Aktor pemeran pertama tokoh agen rahasia fiksi James Bond, Sean Connery, meninggal dunia dalam usia 90 tahun.
Sean Connery Meninggal Dunia, Daniel Craig Beri Penghormatan
Aktor Daniel Craig memberikan penghormatan kepada mendiang Sean Connery yang meninggal dunia dalam usia 90 tahun.
0
DPR RI: Indonesia Tak Dapat Kuota Haji 2021
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Indonesia tidak mendapat kuota haji 2021 dari Pemerintah Arab Saudi.