UNTUK INDONESIA
Jumlah Penerima Beasiswa Pemkot Yogyakarta dan BPD DIY
Pemkot Yogyakarta dan mitra korporasi BPD DIY tahun ini kembali memberikan beasiswa. Berikut jumlah penerima dan besarannya.
Ilustrasi Beasiswa (Foto: Freepik)

Yogyakarta - Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menganggap pentingnya beasiswa pendidikan yang diperuntukkan bagi setiap warga negara. Pasalnya, beasiswa pendidikan dinilai tidak sekedar membantu hak pendidikan warga semata, melainkan juga turut menentukan majunya masa depan bangsa.

“Beasiswa pendidikan tidak hanya memberikan masa depan bagi si penerima, tapi juga bagi bangsa ini ke depan, khusunya tentu untuk Kota Yogyakarta. Dengan adanya beasiswa akan mendorong tingkat prestasi sehingga tercipta sumber daya yang unggul,” urai Wali Kota di sela penyerahan secara simbolis beasiswa pendidikan di balai kota, Kamis, 22 Oktober 2020.

Baca Juga:

Maka dari itu, mengingat pentingnya keberadaan beasiswa pendidikan, Haryadi mengaku Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta selalu menggulirkannya setiap tahun. Beasiswa pendidikan yang diberikan Pemkot Yogya kali ini menyasar 100 mahasiswa berprestasi dari keluarga pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS). Mereka mendapatkannya sebesar Rp 2 juta tiap penerima.

Peruntukan beasiswa tersebut untuk mendukung biaya pendidikan non SPP.

Sedangkan beasiswa pendidikan dari Bank BPD DIY sebagai pihak korporasi yang digandeng Pemkot, kali ini menyasar 74 siswa SD dan SMP kurang mampu non KMS sebesar Rp 1,5 juta tiap penerima. “Peruntukan beasiswa tersebut untuk mendukung biaya pendidikan non SPP,” imbuhnya.

Lebih lanjut Haryadi juga berharap bagi penerima beasiswa agar memanfaatkan dana tersebut dengan baik. Terutama untuk mencukupi kebutuhan penting yang mampu mendukung pembelajaran atau peningkatan kemampuan akademisnya.

Baca Juga:

“Jangan pernah merasa kecil hati karena menerima beasiswa. Justru ini menjadi peluang untuk menjadi yang terbaik. Memberikan rasa bangga kepada orantua, guru, sekolah serta pemberi beasiswa,” kata Haryadi.

Sementara itu Direktur Pemasaran Bank BPD DIY R Agus Tri Murjanto, didampingi Kepala Cabang BPD DIY Senopati Sumarno, menambahkan selama ini pihaknya sudah diberikan kepercayaan menjadi mitra Pemkot. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan mendukung program pembangunan, maka BPD DIY turut mengalokasikan dana CSR (Corporate Social Responsibility) yang cukup besar bagi warga Kota Pelajar. “Total alokasi CSR tahun ini di Kota Yogyakarta mencapai Rp 1,1 miliar melalui lima program,” ujar dia.

Khusus untuk beasiswa pendidikan, selain bagi 74 siswa SD dan SMP juga ada alokasi untuk 36 siswa SMA dan 38 mahasiswa yang berasal dari Kota Yogyakarta. “Semoga ini memotivasi siswa dan mahasiswa untuk menggapai cita-citanya. Manfaat lain dari beasiswa ini juga menjadi pembelajaran terutama mengenalkan perbankan sejak dini,” ujarnya. []

Berita terkait
Jadwal dan Syarat Beasiswa 2021 di Aceh Tamiang
Pemerintah Aceh Tamiang kembali membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa tahun anggaran tahun 2021.
Beasiswa Pendidikan Bagi Klub Sepak Bola Persib Bandung
Universitas Sangga Buana (USB) YPKP Bandung berikan beasiswa pendidikan kepada pelatih dan pemain sepak bola Persib Bandung
80 Guru di Bantaeng Dapat Beasiswa Sekolah Lawan Corona
Sebanyak 80 guru di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan mendapat beasiswa sekolah lawan Corona. Ini tujuannya.
0
Soal Survey Indikator, DPR: Catatan Buruk Kinerja Pemerintah
Anis menegaskan bahwa ketidakberhasilan pemerintah mencapai target-target ekonominya menjadi catatan tidak baik terhadap kinerja pemerintah.