Jumlah Penduduk Hong Kong Berkurang

Jumlah penduduk Hong Kong berkurang banyak di tengah-tengah tekanan Beijing terhadap pegiat prodemokrasi
Penurunan jumlah penduduk Hong Kong disebabkan karena warga yang meninggalkan kawasan itu untuk selamanya (Foto: abc.net.au/indonesian – Reuters/Tyrone Siu)

Jakarta – Data terbaru menunjukkan jumlah penduduk Hong Kong berkurang 1,2% tahun 2020 lalu di tengah tekanan dari pemerintah China di Beijing terhadap para penentang politik. Jumlah penduduk Hong Kong di pertengahan 2021 turun 87.100 dibandingkan masa yang sama tahun sebelumnya.

Pandemi Covid-19 juga telah menutup kawasan yang jadi salah satu pusat keuangan terbesar di Asia tersebut. Masa dimana penduduk Hong Kong menurun sebelumnya adalah ketika adanya epidemi SARS di tahun 2003.

Jumlah pengurangan penduduk ini akan menjadi yang terbesar sejak adanya pencatatan resmi di tahun 1961 dan kekisruhan politik yang pernah terjadi sebelumnya.

Perkiraan jumlah penduduk tengah tahun di 2021 yang dikeluarkan Kamis, 12 Agustus 2021, menunjukkan jumlah penduduk Hong Kong saat ini adalah 7,39 juta, turun sebanyak 87.100 dari waktu yang sama tahun 2020 lalu.

Penurunan jumlah penduduk Hong Kong yang pernah terjadi sebelumnya di tahun 2003, ketika terjadi epidemik SARS, yang berkurang 0,2%. Jumlah kematian lebih banyak sebanyak 11.800 dibandingkan dengan 89.200 yang meninggalkan kota itu.

Banyak warga Hong Kong meninggalkan kotaIlustrasi: Banyak warga Hong Kong meninggalkan kota tersebut karena tekanan terhadap kebebasan berbicara dan demokrasi yang dilakukan Beijing (Foto: abc.net.au/indonesian – Reuters/Lam Yik)

Penduduk di Hong Kong juga semakin lanjut usia dengan kematian tahun lalu lebih tinggi dari jumlah kelahiran, sebanyak 11.800.

Tetapi data pemerintah ini mengungkapkan alasan baru bagi pengurangan penduduk, yaitu jumlah warga yang meninggalkan Hong Kong lebih banyak dari yang datang.

Data menunjukkan bahwa mereka yang keluar dari Hong Kong adalah 89.200.

Jumlah ini empat kali lebih tinggi dari angka 20.900 yang tercatat dalam periode yang sama di tahun 2020.

Menurut media terbesar di Hong Kong, South China Morning Post, jumlah yang datang dari China menggunakan izin satu kali jalan adalah sebanyak 13.900.

Jumlah kedatangan di tahun 2018 dan 2019 adalah 8.500 dan 23 ribu.

Hong Kong sudah berhasil mempertahankan jumlah penularan Covid-19 yang rendah dengan melarang pendatang semasa pandemi.

Ribuan warga Hong Kong juga pindah karena ketegangan politik, setelah pemerintah setempat dengan dukungan Pemerintah China di Beijing melakukan tekanan kuat menyusul adanya protes demokrasi yang seringkali disertai kekerasan dua tahun lalu.

Selama beberapa bulan terakhir, bandara internasional Hong Kong menyaksikan banyaknya perpisahan keluarga, terutama yang pindah ke Inggris.

protes warga hong kongPara pengunjuk rasa membawa bendera bertuliskan "Bebaskan Hong Kong, revolusi zaman kita" di Causeway Bay sebelum pawai serah terima tahunan di Hong Kong, Rabu, 1 Juli 2020 (abc.net.au/indonesian – AP/Kin Cheung)

Pemerintah Hong Kong tidak memilik data resmi mengenai berapa orang yang meninggalkan kawasannya untuk selamanya, namun angka yang ada menunjukkan adanya eksodus.

Di bulan Juli rata-rata sekitar 1.500 warga Hong Kong meninggalkan kawasan tersebut lewat bandara.

Angka ini naik dari angka 800 di enam bulan pertama, dan terjadi meski pandemi menghambat perjalanan internasional.

Pengambilan dana pensiun lebih awal juga naik tajam selama 12 bulan terakhir. Dana ini hanya bisa diambil ketika seseorang meninggalkan Hong Kong untuk selamanya.

Pemerintah Hong Kong berulang kali menganggap remes masalah kepergian warganya, dengan mengatakan sebagian besar dari mereka nanti akan kembali lagi atau mereka yang pergi akan bisa digantikan oleh penduduk dari Daratan Utama China.

Sebelumnya perpindahan warga dalam jumlah besar dari Hong Kong terjadi menjelang pengembalian Hong Kong dari Inggris ke China di tahun 1997.

Peristiwa pemberangusan pegiat pro-demokrasi di Lapangan Tiananmen Beijing tahun 1989 juga menyebabkan banyak warga Hong Kong yang keluar.

Namun ketika itu jumlah penduduk keseluruhan tidak menurun dan banyak yang kemudian datang lagi (AFP)/Artikel ini diproduksi oleh Sastra Wijaya dari ABC News/abc.net.au/indonesian. []

Berita terkait
Presiden Biden Beri Perlindungan Warga Hong Kong di Amerika
Presiden Biden tawarkan perlindungan selama 18 bulan kepada ribuan penduduk Hong Kong untuk tetap tinggal di AS
Penyanyi Pop Hong Kong Anthony Wong Ditangkap
Seorang penyanyi pop terkenal yang juga pendukung pro-demokrasi Hong Kong, Anthony Wong, ditangkap 2 Agustus 2021
5 Anggota Serikat Pekerja di Hong Kong Ditangkap
Polisi keamanan nasional Hong Kong menangkap lima orang anggota sebuah serikat pekerja atas tuduhan menghasut melalui buku anak-anak
0
Jumlah Penduduk Hong Kong Berkurang
Jumlah penduduk Hong Kong berkurang banyak di tengah-tengah tekanan Beijing terhadap pegiat prodemokrasi