UNTUK INDONESIA

Jonghyun Shinee Ulang Tahun, Tagar #HappyJonghyunDay Bergema

Tepat pada hari ini, Kamis 8 April 2021, para penggemar musik K-Pop merayakan hari ulang tahun sekaligus mengenang sosok mendiang Jonghyun Shinee.
Bintang K-Pop, Jonghyun Shinee. (Foto: Twitter/realjonghyun90)

Jakarta - Tepat pada hari ini, Kamis 8 April 2021, para penggemar musik K-Pop merayakan hari ulang tahun sekaligus mengenang sosok personel grup boyband Shinee, Jonghyun, yang meninggal dunia dengan cara bunuh diri pada 18 Desember 2017 silam.

Sejumlah warganet penghuni media sosial Twitter ramai-ramai mencuitkan sederet ucapan selamat ulang tahun kepada Jonghyun, disertai tagar #HappyJonghyunDay sepanjang hari. Jika masih hidup, pria kelahiran 8 April 1990 itu bakal berusia 31 tahun.

Jonghyun Shinee ditemukan tewas di apartemen Cheongdam, Seoul, Korea Selatan, pada 18 Desember 2017 lalu. Ia meninggal dunia lantaran terlalu banyak menghirup karbon monoksida dari briket yang ia nyalakan sendiri.

Jenazah Jonghyun kemudian disemayamkan selama dua hari di Asan Medical Center Funeral Hall. Sejumlah rekan dari industri hiburan Korea Selatan, datang dan memberikan penghormatan terakhir kepadanya.

Dua hari kemudian, atau pada Kamis, 21 Desember 2017, jenazah Jonghyun diantar ke peristirahatan terakhir oleh rekan-rekan serta kerabat dekatnya. Kala itu, keluarga SM Entertainment seperti Leeteuk, Eunhyuk dan Donghae dari Super Junior ikut menggotong peti jenazah.

Minho Shinee dan kakak Jonghyun memimpin iring-iringan, sementara sahabat Jonghyun dalam satu grup seperti Onew, Key, dan Taemin, membawa peti mati ke dalam mobil jenazah.

Jonghyun ShineeBintang K-Pop, Jonghyun Shinee. (Foto: Twitter/realjonghyun90)

Kematian Jonghyun Shinee membawa dampak besar bagi catatan dunia permusikan Korea Selatan.

Pasalnya, dalam surat yang ia tinggalkan sebelum bunuh diri, tertulis pesan berbunyi "Aku hancur dari dalam".

Kalimat tersebut mengisyaratkan ketatnya persaingan di kancah K-Pop, serta kontrak kerja yang dinilai tidak adil antara artis dan manajemen.

Selain kematian Jonghyun, sederet bintang K-Pop menempuh jalan yang sama dengan vokalis utama grup boyband Shinee itu, yakni bunuh diri karena tidak tahan dengan pergulatan batin dan depresi sebagai seorang idola.

Tercatat, Goo Hara dari Kara ditemukan meninggal dunia di kediamannya yang berada di kawasan Gangnam.

Sulli dari f(x), memutuskan untuk mengakhiri hidupnya atas dugaan menjadi korban intimidasi online. []

Berita terkait
Daftar Bintang K-Pop Tampil di Busan One Asia Festival 2021
Organisasi Pariwisata Busan menghadirkan sederet bintang K-Pop termasuk Super Junior hingga NCT Dream dalam gelaran Busan One Asia Festival (BOF).
Personel Idola K-Pop Mamamoo Ungkap Kuliner Indonesia Favorit
Grup idola K-Pop Mamamoo menyuguhkan penampilan enerjik mereka dalam gelaran Shopee 4.4 Mega Shopping Day pada Minggu malam, 4 April 2021.
10 Bintang K-Pop Lahir di Bulan April
Berikut Tagar rangkumkan sepuluh Bintang K-pop yang lahir pada bulan April.
0
Jonghyun Shinee Ulang Tahun, Tagar #HappyJonghyunDay Bergema
Tepat pada hari ini, Kamis 8 April 2021, para penggemar musik K-Pop merayakan hari ulang tahun sekaligus mengenang sosok mendiang Jonghyun Shinee.