UNTUK INDONESIA
Jokowi Ingin Kendaraan di Ibu Kota Baru Pakai Robot
Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar sistem transportasi yang akan digunakan di ibu kota negara baru menggunakan robot.
Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas dengan para menteri di Kantor Presiden, Rabu, 15 Januari 2020. (Foto: Tagar/Popy)

Jakarta - Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar sistem transportasi yang akan digunakan di ibu kota negara baru di Kalimantan Timur menggunakan robot. Menurut Jokowi, pemerintah ingin menghadirkan ibu kota yang memiliki inovasi dan teknologi terbaik.

Presiden Jokowi juga meminta agar desain transportasinya pun disiapkan sedemikian rupa, sehingga menunjang bagi penggunaan mobil atau bus otomatis tanpa sopir. 

Menurut Jokowi, pemerintah ingin menghadirkan ibu kota yang memiliki inovasi dan teknologi terbaik untuk menghadirkan kendaraan otomatis ini. Pemerintah menunjuk Kementerian Perhubungan dan Kementerian Reiset dan Teknologi untuk menggarap semua ini. 

Jokowi berpesan segala infrastruktur dan fasilitas penunjang juga disiapkan agar mampu mengakomodasi kebutuhan transportasi modern tersebut.

"Karena di ibu kota baru nantinya transportasi umum dan transportasi massalnya menggunakan otonom bus. Dan, kendaraan privatnya akan menggunakan otonom bus car. Tinggal desainnya seperti apa, tolong ini nantinya menteri Perhubungan dan menteri Riset dan Teknologi, bicara mengenai hal ini," ujar Jokowi dalam rapat terbatas dengan para menteri di Kantor Presiden, Rabu, dikutip dari Antara, 15 Januari 2020.

Kendati demikian, Jokowi menegaskan desain yang sudah ada bisa diperbaiki dan berubah. Presiden juga mengatakan semua pihak bisa memberikan masukan terkait dengan desain dan perencanaan ibu kota negara yang baru. []

Berita terkait
Jokowi: SoftBank Mau Investasi di Ibu Kota Baru RI
Presiden Jokowi bertemu dengan delegasi Soft membahas peluang investasi, antara lain di ibu kota baru, Kalimantan.
Jepang Kepincut Megaproyek Ibu Kota Baru RI
Pemerintah Jepang masih mengkaji pembahasan investasi di Indonesia, salah satunya pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur.
Erick Thohir: BUMN Tim Pendahulu ke Ibu Kota Baru
Menteri BUMN Erick Thohir akan menugaskan BUMN menjadi tim pendahulu ke lokasi pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur.
0
Polres Gowa Belum Mampu Ungkap Kematian Bos Coto
Dua bulan berlalu, Polres Gowa belum mampu menggungkapkan pelaku pembunuhan terhadap bos warung coto di Kabupaten Gowa.