Jokowi Angkat Disabilitas Lewat Perpres 67/2020

Jokowi memberikan apresiasi hak bagi penyandang disabilitas dengan mengeluarkan Perpres No. 67/2020.
Jokowi. (Foto: Facebook/Presiden Joko Widodo)

Jakarta - Juru Bicara Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia mengatakan Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi hak bagi penyandang disabilitas. Menurutnya, dengan diterbitkannya peraturan presiden (Perpres) No. 67/2020 merupakan langkah progresif Presiden.

"Itu adalah langkah progresif dalam menghormati hak-hak disabilitas di indonesia," kata Angkie saat dihubungi, Senin, 22 Juni 2020.

Untuk diketahui Perpres No. 67/2020 berisi tentang syarat dan tata cara pemberian penghargaan dalam penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

Baca juga: Tangan Jahat di Balik Berita Jokowi Harus Minta Maaf

Angkie menyebut mulai saat ini sudah ada rambu bagi setiap masyarakat untuk menjadikan penyandang disabilitas sebagai bagian yang layak untuk mendapat hak serta tanggung jawab yang sama.

Hal tersebut, lanjut dia, dapat memotivasi para penyandang disabilitas agar berkreasi lebih unggul dan dapat berperan penting di masyarakat umum.

"Hal ini dilakukan, agar bisa menjadi motivasi bersama untuk mewujudkan penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam segala aspek kehidupan," ucap dia.

Baca juga: MUI Sedih Ma'ruf Amin Diarahkan Jokowi Soal RUU HIP

Pendiri Thisable Enterprise ini menjelaskan, penghargaan yang nantinya akan diberikan berhak didapatkan oleh siapapun. Untuk itu, kedepan para penyandang disabilitas dapat lebih bersemangat untuk menghasilkan karya ataupun suatu ide.

"Penghargaan diberikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Apresiasi ini berhak diterima oleh siapapun baik perseorangan, badan hukum dan lembaga negara, serta penyedia fasilitas publik. Bentuk penghargaan berupa lencana, trofi, piagam, dan penghargaan lainnya," ujar Angkie. []

Berita terkait
Prabowo Doakan Jokowi di Hari Ulang Tahunnya
Prabowo Subianto mengucapkan selamat ulang tahun ke-59 kepada Presiden Joko Widodo. Ia mendoakan semoga Jokowi bisa memimpin persatuan Indonesia.
Doa Angkie Yudistia di Ulang Tahun ke-59 Jokowi
Angkie Yudistia berdoa agar Jokowi tetap diberi kekuatan untuk menjalankan tugas sebagai presiden Indonesia.
Novel Baswedan Tagih Janji Jokowi di Hari Ulang Tahun
Novel Baswedan mengucapkan selamat ulang tahun kepada Presiden Jokowi yang hari ini berulang tahun. Ia menagih janji Presiden di hari lahirnya.