UNTUK INDONESIA
Jokowi: 8 Bandara Berpotensi Jadi Hub dan Super Hub
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan terdapat delapan bandar udara (bandara) internasional yang berpotensi menjadi hub dan super hub.
Bandara I Gusti Ngurah Rai

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan terdapat delapan bandar udara (bandara) internasional yang berpotensi menjadi hub dan super hub. Hal itu diutarakan saat memimpin Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Penggabungan BUMN di Sektor Aviasi dan Pariwisata, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 6 Agustus 2020.

Beberapa bandara yang dimaksud Jokowi, yakni yakni Bandara Ngurah Rai, Soekarno-Hatta, Kualanamu, Yogyakarta, Balikpapan, Hassanudin, Sam Ratulangi, dan Juanda di Surabaya.

Negara-negara lain saya kira enggak melakukan ini, coba dilihat, dan 9 persen lalu lintas terpusat hanya di empat bandara

Menurutnya, salah satu sektor yang terdampak terkontraksi sangat dalam saat pandemi Covid-19, yaitu di sektor pariwisata dan sektor penerbangan. Meski begitu, dia berpendapat, hal ini justru menjadi momentum untuk konsolidasi, dan transformasi di bidang pariwisata serta penerbangan melalui penataan yang lebih baik.

Jokowi menambahkan, penataan tersebut di antaranya mengenai rute penerbangan, penentuan hub dan super hub, kemungkinan ada penggabungan BUMN penerbangan dan pariwisata sehingga, kata dia, arahnya menjadi semakin kelihatan.

“Sehingga next pandemi, fondasi ekonomi di sektor pariwisata dan transportasi akan semakin kokoh dan semakin baik dan bisa berlari lebih cepat lagi,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, ia menilai bahwa airline hub yang dimiliki terlalu banyak dan tidak merata. Ia menjelaskan, saat ini terdapat 30 bandara internasional.

"Negara-negara lain saya kira enggak melakukan ini, coba dilihat, dan 9 persen lalu lintas terpusat hanya di empat bandara,” ujarnya.

Dia berpandangan, terdapat kunci pada 4 bandara yaitu Soekarno-Hatta Jakarta, Ngurah Rai di Bali, Juanda di Jawa Timur, dan Kualanamu di Sumatera Utara.

Selain itu, ia menyebut harus berani menentukan bandara yang berpotensi menjadi internasional hub dengan pembagian fungsi sesuai dengan letak geografis dan juga karakteristik wilayahnya.[]

Berita terkait
Ledakan Beirut, Jokowi Sambut Seruan PM Lebanon
Kontingan Garuda yang selamat dari ledakan Beirut turut memabantu Pemerintah Lebanon mengevakuasi korban. Jokowi menegaskan RI bersama Lebanon.
Jokowi Merasa Tak Waswas Terhadap Deklarasi KAMI
Presiden Jokowi telah mendengar sejumlah tokoh mendeklarasikan KAMI di Jalan Fatmawati. Meski demikian ia menanggapi santai.
PDIP Diminta Waspada Calonkan Mantu Jokowi di Medan
PDIP mestinya menghindari jebakan partai transaksional dan pragmatis.
0
Andi Arief Singgung Politik Oligarki dan Dinasti di Medan
Ketua Bappilu Partai Demokrat, Andi Arief melakukan konsolidasi pemenangan usungan Pilkada di Sumut, khususnya Medan.