UNTUK INDONESIA
John Frusciante Balik Lagi ke Red Hot Chilli Peppers
Gitaris John Frusiante dipastikan bakal kembali bergabung dengan band lamanya, Red Hot Chilli Peppers atau RHCP.
Gitaris John Frusiante dipastikan bakal kembali bergabung dengan band lamanya, Red Hot Chilli Peppers atau RHCP. (Foto: Instagram/tag/JohnFrusiante)

Jakarta - Gitaris John Frusciante dipastikan bakal kembali bergabung dengan band lamanya, Red Hot Chilli Peppers atau RHCP, setelah sempat berpisah selama 10 tahun. Kabar mengejutkan itu diumumkan secara langsung oleh band beraliran alternatif rock tersebut melalui unggahan di laman media sosial resmi mereka.

John Frusciante bakal menggantikan gitaris Josh Klinghoffer yang memutuskan untuk keluar dari band. Josh sendiri merupakan pemain gitar pengganti usai Frusciante hengkang pada tahun 2008 lalu.

Dalam pengumuman, Red Hot Chilli Peppers juga menyebut sosok Josh Klinghoffer sebagai seorang yang sangat mereka hormati.

"Red Hot Chili Peppers mengumumkan bahwa kami akhirnya berpisah dengan gitaris yang telah bersama kami selama 10 tahun terakhir, Josh Klinghoffer," demikian bunyi pengumuman di laman Instagram RHCP yang dikutip Tagar pada Senin pagi, 16 Desember 2019.

"Kami sangat berterima kasih atas waktu kami bersamanya, dan berbagai hal yang ia bagikan kepada kami," kata mereka.

Dalam kalimat berikutnya, kabar kembalinya Frusciante disebut sebagai berita yang mereka sampaikan dengan antusias tinggi.

"Kami juga mengumumkan, dengan antusiasme yang tinggi, bahwa John Frusciante akan kembali ke grup. Terima kasih," tulis akun RHCP.

Diketahui sebelumnya, John Frusciante pernah dua kali hengkang dari kelompok musik asal California itu. Pertama kali, ia memutuskan keluar dari band beberapa jam sebelum konser pada tahun 1992. Kali kedua, gitaris 49 tahun itu meninggalkan RHCP pada tahun 2008 lalu.

Sosok John Frusciante sendiri memang dianggap sebagai satu elemen penting di tubuh RHCP. Kehadirannya disebut-sebut sebagai penentu yang membawa band tersebut memuncaki karier mereka lewat album Californication, By the Way hingga Stadium Arcadium yang begitu sukses di pasaran.

John Frusciante pertama kali bergabung dengan RHCP di tahun 1989, menggantikan Hillel Slovak yang over dosis pada tahun sebelumnya. Bersama Chad Smith yang masuk sebagai drummer, RHCP lantas merilis album Mother's Milk dan mulai menapaki karier cemerlang pada tahun 1989.

Red Hot Chilli Peppers benar-benar menarik perhatian publik usai merilis album Blood Sugar Sex Magik pada tahun 1991. Karier mereka kian moncer lantaran single berjudul Give It Away dan Under the Bridge menjadi hits radio dan televisi di berbagai belahan dunia pada saat itu.

Sayangnya, Frusciante justru memilih hengkang pada tahun 1992 lantaran merasa tidak kuat menjalani kehidupan barunya sebagai rock star. Setelah posisinya sempat digantikan sejumlah gitaris lain, John pada akhirnya kembali lagi ke pelukan band pada tahun 1998.

Setahun berikutnya, RHCP menggelontorkan album Californication yang lagi-lagi mendulang sukses di pasaran, dengan lagu-lagu andalan seperti Scar Tissue, Californication, dan Otherside. Kesuksesan serupa juga menghampiri dua album mereka berikutnya, yakni By The Way yang dirilis pada tahun 2002 dan Stadium Arcadium yang diluncurkan pada tahun 2006.

Baca juga: Keluar Bui, Ahmad Dhani Pilih Politik atau Musik?

Sayangnya, Frusciante kembali memilih hengkang pada dua tahun berikutnya, usai album Stadium Arcadium besutannya bersama RHCP berhasil memenangkan penghargaan Grammy Awards 2007. []

Berita terkait
Susul Slipknot, Black Flag Main di Hammersonic 2020
Susul Slipknot, kelompok musik hardcore punk Black Flag bakal tampil di helatan Hammersonic 2020.
Daftar 40 Musisi Dunia Berpendapatan Tertinggi 2019
Majalah finansial Forbes merilis daftar 40 selebritas musik dengan pendapatan tertinggi sepanjang tahun 2019.
Vokalis Roxette Tutup Usia di Umur 61 Tahun
Vokalis kelompok musik Roxxete, Marie Fredriksson, tutup usia pada Senin, 9 Desember 2019 waktu Amerika Serikat.
0
Donald Trump Mencoblos di Florida pada Pilpres AS 2020
Donald Trump mengubah domisili dari New York ke Florida sehingga sebagai pemilih dia mencoblos di Negara bagian Florida