UNTUK INDONESIA
Jerman Menang Besar dan Lolos ke EURO 2020
Jerman menang besar 4-0 atas Belarusia untuk memastikan lolos ke putaran final EURO 2020 dalam laga Minggu 17 November 2019 dini hari WIB.
Jerman menang besar 4-0 atas Belarusia di laga kualifikasi Grup C EURO 20201 di Stadion Borussia-Park, Minggu 17 November 2019 dini hari WIB. Kemenangan itu meloloskan Jerman ke putaran final. Tampak pemain Jerman merayakan gol Toni Kroos (8). (Foto: uefa.com)

Jakarta - Jerman meraih kemenangan besar atas Belarusia untuk memastikan lolos ke putaran final EURO 2020. Dalam duel kualifikasi Grup C di Stadion Borussia-Park, Minggu 17 November 2019 dini hari WIB, Jerman menghajar Belarusia 4-0. 

Kemenangan gemilang yang membawa Jerman menduduki posisi puncak dengan poin 18. Mereka menggeser Belanda yang hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Irlandia Utara. 

Sukses itu menjadikan Jerman untuk ke-13 kalinya secara berturut-turut lolos ke putaran final Piala Eropa. Di laga terakhir babak kualifikasi, Jerman kembali menjadi tuan rumah dengan menjamu Irlandia Utara, Rabu 20 November 2019. 

Penampilan mereka memang tak sempurna, tetapi perlu digarisbawahi saya suka dengan apa yang saya saksikan

Namun laga itu sudah tidak berpengaruh lagi kecuali menentukan juara grup dengan Belanda yang juga lolos ke putaran final. Sebaliknya, laga itu memberi harapan bagi Irlandia Utara untuk meraih tiket putaran final melalui babak play-off

Keberhasilan Jerman melangkah ke putaran final sesungguhnya tidak mudah meski dalam perjalanan tersebut mereka hanya sekali menelan kekalahan. Pelatih Joachim Loew lebih sering memanggil pemain yang berbeda karena cedera yang dialami sebagian pemain Die Mannschaft

"Kami akhirnya mencapai target. Tim juga bermain bagus. Kami melihat bagaimana mereka melakukan pergerakan dan cara bermainnya," kata Loew seperti dikutip uefa.com.

"Penampilan mereka memang tak sempurna, tetapi perlu digarisbawahi saya suka dengan apa yang saya saksikan," kata pelatih yang saat ini tercatat paling lama menangani timnas di antara pelatih tim Eropa lainnya. Loew menjadi pelatih menggantikan Juergen Klinsmann sejak 12 Juli 2006. 

Tak Mampu Mencetak Gol

Di laga melawan Belarusia yang bertindak sebagai tim tamu, Jerman sempat mengalami kesulitan. Bahkan tuan rumah tak mampu mencetak gol meski menguasai permainan. 

Kesabaran pemain Jerman akhirnya membuahkan hasil saat bek Matthias Ginter menyelesaikan umpan Serge Gnabry di menit 41. Ini merupakan gol pertama Ginter selama 29 kali membela tim Jerman. 

Di babak kedua, Jerman sudah lebih tenang dan sepenuhnya mengendalikan permainan. Keunggulan 1-0 membuat mereka lebih percaya diri untuk menekan pertahanan Belarusia. 

Hasilnya, pertandingan baru berjalan empat menit di babak kedua itu, Leon Goretzka memperbesar keunggulan juara Eropa tiga kali ini. Gol berawal dari sepak pojok Toni Kroos yang kemudian disambar oleh Goretzka. 

Selanjutnya, giliran Kroos yang memantapkan kemenangan Jerman. Gelandang Real Madrid ini menaklukkan kiper Aleksandr Gutor di menit 55. 

Belarusia sesungguhnya berpeluang memperkecil ketinggalan saat mendapat hadiah penalti menyusul dijatuhkannya Pavel Nekhajchik oleh Robin Koch di kotak terlarang pada menit 73. Namun eksekusi Igor Stasevich bisa digagalkan kiper Manuel Neuer.

Jerman masih bisa menambah gol saat Kroos mencetak gol keduanya di menit 83. Menerima umpan dari Ilkay Guendogan, eks pemain Bayern Munich ini melepaskan tendangan ke sudut kanan gawang. Skor 4-0 untuk Jerman mengakhiri pertandingan itu.

Menanggapi keberhasilan Jerman yang lolos ke putaran final, Kroos mengakui bila tim sesungguhnya minim pengalaman. Bahkan dia tak menempatkan Nationalelf sebagai favorit di EURO 2020. 

"Kami masih minim pengalaman. Hanya dalam perjalanannya, performa kami makin membaik," kata Kroos. 

"Kami sadar persiapan menuju putaran final bakal singkat. Kami juga bukan tim favorit di turnamen ini. Hanya, status tim unggulan sesungguhnya tidak berpengaruh," ucapnya. []

Berita terkait
Bermain dengan 10 Orang, Jerman Tetap Menang
Jerman tak kesulitan menaklukkan Estonia meski bermain dengan 10 orang sejak babak pertama di kualifikasi EURO 2020.
Ter Stegen Vs Neuer, Rebutan Kiper No 1 Jerman
Kiper Marc-Andre ter Stegen dan Manuel Neuer berebut menjadi kiper nomor satu tim nasional Jerman. Meski bersaing, hubungan mereka tetap baik.
Sukses Ganda Jerman Saat Kalahkan Irlandia Utara
Jerman meraih sukses ganda. Mereka bangkit dan merebut posisi puncak klasemen Grup C setelah mengalahkan Irlandia di kualifikasi EURO 2020.
0
FPI dan PA 212 Ancam Bakal Demo Polisi Lagi
FPI-PA 212 mengancam bakal mendemo polisi lagi apabila tuntutannya soal Sukmawati, Ade Armando, Gus Muwafiq, Abu Janda penista agama tak terkabul.