UNTUK INDONESIA
Sukses Ganda Jerman Saat Kalahkan Irlandia Utara
Jerman meraih sukses ganda. Mereka bangkit dan merebut posisi puncak klasemen Grup C setelah mengalahkan Irlandia di kualifikasi EURO 2020.
Jerman merebut posisi puncak klasemen Grup C setelah mengalahkan Irlandia 2-0 di kualifikasi EURO 2020 di Stadion Windsor Park, Selasa 10 September 2019 dini hari WIB. Tampak pemain Jerman Serge Gnabry (kiri) usai mencetak gol ke gawang lawan. (Foto: bavarianfootballwork.com)

Jakarta - Jerman berhasil bangkit dari keterpurukan setelah dihajar Belanda. Kebangkitan itu ditandai dengan kemenangan 2-0 saat Jerman melakoni laga tandang melawan Irlandia Utara di kualifikasi EURO 2020 di Stadion Windsor Park, Belfast, Selasa 10 September 2019 dini hari WIB. 

Jerman yang kehilangan beberapa pemain senior mengalami tekanan setelah kekalahan 2-4 dari Belanda di laga sebelumnya. Kekalahan itu dinilai Jerman belum mampu bangkit setelah kegagalan di Piala Dunia 2018 dan Nations League

Ini yang menjadikan Jerman dituntut harus bisa mengalahkan Irlandia Utara dalam lanjutan pertandingan di Grup C kualifikasi EURO 2020. Ini memberi tekanan berat bagi Nationalelf karena mereka tampil di kandang lawan. Apalagi, Irlandia Utara tampil di kandang sendiri. Mereka pun sedang on fire sehingga bisa bertengger di puncak klasemen. 

Irlandia Utara menyerang secara intensif di menit-menit awal dan mengacaukan permainan kami. Setelah babak kedua, kami bermain lebih baik

Namun Jerman mampu bangkit untuk mengalahkan Irlandia Utara. Tak hanya itu, keberhasilan meraih tiga poin di kandang lawan mengantarkan Jerman merebut posisi puncak. 

Kini, Jerman memiliki poin 12. Sama dengan Irlandia Utara yang turun ke peringkat karena kalah head-to-head. Belanda menempati peringkat tiga dengan poin sembilan setelah menghajar Estonia 4-0. Namun Belanda baru menyelesaikan empat pertandingan. 

Merebut Posisi Puncak

Pelatih Joachim Loew merasa puas karena Jerman meraih sukses ganda. Mereka berhasil bangkit untuk merebut posisi puncak. 

"Kami berada dalam tekanan harus menang setelah hasil buruk di pertandingan sebelumnya. Di babak pertama, kami mengalami kesulitan dan harus mengatasinya," kata Loew seperti dikutip The Guardian 

Dilanjutkan oleh pelatih yang membawa Jerman menjadi juara di Piala Dunia 2014 ini, "Irlandia Utara menyerang secara intensif di menit-menit awal dan mengacaukan permainan kami. Setelah babak kedua, kami bermain lebih baik." 

Jerman memang harus bekerja ekstrakeras menghadapi rivalnya. Terbukti, mereka baru bisa mencetak gol di babak kedua. Tendangan voli pemain belakang Marcel Halstenberg membuka kemenangan Die Mannschaft pada menit 48.

Setelah unggul 1-0, Jerman tetap tak lengah karena Irlandia Utara ngotot menyamakan kedudukan. Hanya, usaha mereka tak membuahkan hasil. 

Jerman sendiri baru bisa menambah gol menjelang akhir pertandingan. Kali ini, Serge Gnabry yang menyelesaikan umpan Kai Havertz pada injury time. Gol yang memastikan kemenangan 2-0 atas Irlandia Utara.

"Terus terang kami tidak pernah bermain dengan susunan pemain seperti ini. Jadi, kami harus bersabar karena ini bagian dari proses pembelajaran," ujar Loew menjelaskan. 

Manajer Irlandia Utara Michael O'Neill mengakui tim sesungguhnya sempt membuat permainan Jerman tidak berkembang. Hanya Jerman berada di level berbeda sehingga mampu keluar dari tekanan. 

"Kami sudah menggagalkan mereka mengembangan permainan dan mampu melakukan tekanan. Hanya, kami tetap kesulitan karena menghadapi lawan yang levelnya di atas kami. Meski demikian, saya bangga dengan penampilan tim," kata O'Neill. []

Berita terkait
Jerman Harus Menang Lawan Irlandia Utara
Jerman harus meraih kemenangan saat menghadapi Irlandia Utara dalam lanjutan kualifikasi EURO 2020, Selasa 10 September 2019.
Belanda Kalahkan Jerman, Ini Tanggapan Pelatih Koeman
Belanda sukses membalaskan kekalahan saat memenangkan laga 4-2 melawan Jerman di kualifikasi EURO 2020, Sabtu 7 September 2019 dini hari WIB.
Awal Sempurna Jerman di Kualifikasi EURO 2020
Jerman tampil maksimal sehingga mampu meraih kemenangan besar saat melawan Estonia di kualifikasi EURO 2020.
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.