UNTUK INDONESIA
Jenazah Polisi Korban Bentrok Dikirim ke Merauke
Tiga jenazah anggota polisi yang gugur akibat tertembak dalam bentrok di Kaosnaweja, diterbangkan ke kampung halamannya masing-masing.
Prosesi pelepasan tiga jenazah polisi korban bentrok dengan TNI saat akan diterbangkan dari Jayapura, Senin 13 April 2020. (Foto: Tagar/Istimewa)

Jayapura - Tiga jenazah anggota polisi yang gugur akibat tertembak dalam bentrok di Kaosnaweja, Kabupaten Mamberamo Raya, diterbangkan ke kampung halaman masing-masing. Ketiganya diterbangkan dari Base Ops Silas Papare Jayapura menggunakan pesawat Hercules TNI AU A2307 dengan tujuan Merauke, Senin pagi, 14 April 2020.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw memimpin langsung prosesi pelepasan jenazah. Ia ditemani Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa, Dan Lanud Silas Papare Marsma TNI Tri Budi Santoso, dan Wakapolda Papua Brigjen Pol Yakobus Marzuki.

Kami turut berbela sungkawa untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga dapat menerima kenyataan ini.

Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh pimpinan jajaran yang telah bekerjasama mengurus proses penjemputan hingga pengantaran ketiga jenazah ke kampung halaman masing-masing.

“Kami turut berbela sungkawa untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga dapat menerima kenyataan ini. Setelah ini kami juga akan berangkat ke Mambaeramo Raya guna meninjau lokasi kejadian, serta menenangkan seluruh prajurit agar terus mengabdikan diri,” ucap Waterpauw dalam prosesi pelepasan jenazah.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab menyampaikan permohonan maaf dari jajaran TNI kepada seluruh jajaran kepolisian khususnya Polda Papua. Ia berharap TNI-Polri tetap menjaga sinergitas serta menjaga kedamaian di Bumi Cenderawasih.

“Kami turut berbela sungkawa atas sodara yang telah mendahului kita. Kami tetap melakukan tindakan hukum kepada para pelaku. Tim investigasi telah berada di Kasonaweja,” ujarnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal menerangkan ketiga jenazah diantarkan ke kampung halaman masing-masing. Jenazah Briptu Marcelino Rumaikewi dan Briptu Alexander Ndun akan dimakamkan di Merauke, sedangkan jenazah Bripda Yosias Dibangga dimakamkan di Mappi.

“Sementara untuk dua korban luka tembak saat ini masih dirawat di RS Bhayangkara Jayapura, dan dalam keadaan sadar,” jelas Kamal dalam keterangan tertulisnya yang diterima Tagar, Senin siang.

Seperti diketahui, meninggalnya ketiga anggota Polres Mamberamo Raya tersebut akibat diterjang peluru dalam betrokan dengan aparat TNI di Kasonaweja, Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, Minggu 12 April 2020, pukul 07.40 WIT. Dua anggota polisi lainnya juga mengalami luka tembak dan masih dalam perawatan di RS Bhayangkara Jayapura.

Kombes Kamal menegaskan, insiden tersebut ditengarai kesalahpahaman antara oknum anggota Polres Mamberamo Raya dengan anggota TNI Satgas Pamrahwan Yonif 755/Yalet. Namun kesalahpahaman dimaksud belum diketahui secara rinci.

Informasi yang dihimpun Tagar, insiden tersebut berawal ketika sejumlah anggota Polres Mamberamo Raya yang dipimpin Bripka John Tahapari mendatangi Pos Satgas Pamrahwan Yonif 755/Yalet dengan maksud menyelesaikan masalah pengeroyokan terhadap Bripda Petrus yang dilakukan oknum anggota Yonif 755/Yalet, Jumat 10 April 2020 lalu.

Tiba di Pos dan menanyakan sebab pemukulan anggotanya, malah niat baik Bripka John Tahapari tak direspon baik oleh anggota yang ada di Pos Pam Yonif 755. Bahkan, Bripka Jhon Tahapari mendapatkan perlakuan kekerasan dari oknum penjaga pos.

Anggota Pos Pam Yonif 755 pun mengeluarkan senjata dan melakukan pengejaran disertai penembakan membabi buta ke arah anggota Polres Mamberamo Raya yang berusaha menyelamatkan diri, hingga menyebabkan korban jiwa. []

Berita terkait
Bentrok TNI-Polisi di Papua, 3 Orang Tewas Tertembak
Tiga anggota polisi meninggal dunia akibat diterjang peluru dalam betrokan dengan aparat TNI di Kasonaweja Papua. Ini kronologinya
Satu KKB Penyerang Freeport di Papua Ditembak Mati
Aparat melakukan penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyerang PT Freeport Indonesia di Papua.
Dua KKB Papua Penyerang Freeport Tewas Ditembak
Dua KKB di Papua tewas ditembak tim gabungan TNI Polri. di Jalan Trans Nabire, tepatnya di Kampung Jayanti, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika
0
Tabrakan Minibus Renggut Nyawa Ibu dan Anak di Taput
Tabrakan dua mobil di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, renggut nyawa ibu dan anak.