Jelang Pilkada, Anggota Polres Blora Jalani Swab Test

Ribuan anggota Polri di Blora jalani swab test secara bertahan. Langkah ini sebagai screening awal pencegahan Covid-19.
Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan juga menjalani swab test, Jumat, 20 November 2020. Jelang pilkada, Polres Blora mewajibkan anggotanya untuk lakukan kegiatan screening Covid-10 itu. (Foto: Tagar/Istimewa)

Blora - Ribuan anggota Polres Blora melakukan swab test dan injeksi vitamin C, Jumat, 20 November 2020. Langkah ini untuk memastikan kondisi kesehatan anggota jelang tugas pengamanan pemungutan suara pada Pilkada 9 Desember 2020.

Kapolres Blora Ajun Komisaris Besar Polisi Ferry Irawan mengatakan anggota kepolisian yang melakukan pengamanan proses pemungutan suara dalam Pilkada Blora 2020 harus sehat dan bebas Covid-19. Untuk itu, semua anggota Polres Blora wajib menjalani swab test sebagai upaya screening virus corona.

"Kami cegah penyebaran Covid-19 dengan screening. Jangan sampai Pilkada 2020 justru jadi bumerang dengan munculnya klaster baru," tegasnya di sela-sela kegiatan swab test di Mapolres Blora. 

Kepada anggotanya, Ferry mengimbau mereka untuk selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan. Serta tidak lupa dengan tugas pokok fungsinya, melayani dan melindungi masyarakat. Dalam hal ini, tetap waspada dengan berbagai potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat jelang pelaksanaan pemungutan suara.

Hindari melakukan hal-hal kontra produktif. Sekali lagi kami ingatkan anggota wajib netral dalam Pilkada Blora 2020.

Tak lupa, Kapolres Ferry juga mengingatkan setiap polisi di Blora untuk menjaga netralitasnya dalam pilkada. Dan tidak melakukan tindakan kontraproduktif yang menciderai netralitas.

"Hindari melakukan hal-hal kontra produktif. Sekali lagi kami ingatkan anggota wajib netral dalam Pilkada Blora 2020," pesannya.

Terpisah, Paur Kesehatan Polres Blora Ajun Inspektur Polisi Satu Dian Hari Purnomo menjelaskan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepatuhan terhadap peraturan KPU Pusat.

Baca lainnya: 

Bahwa semua anggota Polri yang terlibat dalam pengamanan pilkada wajib melakukan swab test dan menggunakan APD pencegahan penularan Covid-19 saat bertugas.

Swab test massal terhadap anggota Polri d Blora dilakukan secara bertahap dengan tempat yang berbeda. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan, yakni physical distancing dengan menghindari kegiatan pengumpulan massa.

"Swab test dan injeksi vitamin C ini kami kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora. Kegiatan kami laksanakan di mapolsek masing-masing dan mapolres. Pelaksanaan sesuai jadwal yang ditentukan," imbuh dia. 

Berita terkait
Menolak Tes Swab, Ribuan ASN Pemkab Pessel Terancam Sanksi
Semua ASN dan honorer di Pemkab Pesisir Selatan diwajibkan menjalani tes swab.
Hasil Swab Test 7 Pengungsi Merapi di Magelang Sudah Keluar
Hasil swab test 7 pengungsi Merapi di Magelang dinyatakan negatif Covid-19. Dua lainnya masih menunggu hasil laboratorium.
Prosedur Mudah Test Swab di Mobil PCR Milik Pemkab Bantul
Pemkab Bantul meluncurkan laboratorium PCR dan siap jemput bola ke warga. Prosedurnya mudah ikut test swab di mobil PCR ini.
0
Tips Mencegah Keriput Pada Usia Muda
Semakin cepat mencegah keriput pada kulit wajah semakin baik hasil yang Anda dapatkan sebab keriput yang dibiarkan membuat tampilan tampak tua.