UNTUK INDONESIA
Jelajahi Enam Disneyland yang Ada di Belahan Dunia
Disneyland memang sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga. Berikut 6 Disneyland yang ada di Dunia.
Walt Disney World Florida. (Foto: Instagram/@siteparkaholic)

Jakarta - Disneyland memang sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga. Tempat hiburan keluarga ini juga terpencar di berbagai belahan dunia, salah satunya Disneyland Shanghai, China yang baru saja dibuka kembali Senin, 11 Mei 2020, sebelumnya pernah tutup akibat wabah Corona. 

Sejauh ini, setidaknya terdapat enam Disney Parks yang dibangun di sejumlah negara di dunia. Selain di Amerika Serikat yang menjadi tempat pertama dibangunnya tempat wisata tersebut, Disneyland juga tersebar di Eropa hingga Asia.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkum Disneyland yang ada di seluruh dunia.

1. Disneyland California

Disneyland CaliforniaDisneyland California. (Foto: Instagram/@disneylandcalifornia)

Disneyland Resort California merupakan satu-satunya taman rekreasi yang dibangun dalam pengawasan langsung oleh Walt Disney. Bangunan megah ini mulai dibuka untuk umum pada 17 Juli 1955.

Keunikan dari Disneyland California terdapat pada bagian taman yang lebih banyak, yaitu berjumlah delapan. Kemudian, ikon istana di tempat rekreasi ini diambil dari kisah Sleeping Beauty.

Para pengunjung bisa datang ke area Cars Land di Disneyland California yang berlokasi tepat di depan Disneyland. Di dalamnya, wisatawan bisa bertualang seperti yang ada di film Cars produksi Pixar Animation Studio.

Selain itu, di tempat rekreasi ini juga terdapat wahana Indiana Jones Adventure.Bahkan bagi para penggemar film Star Wars, mereka bisa mencoba pesawat Straspeeder yang dikemudikan oleh robot C3Po atau dikenal dengan Three-Pi-O.

2. Walt Disney World Florida

Walt Disney World FloridaWalt Disney World Florida. (Foto: Instagram/@siteparkaholic)

Walt Disney World Resort merupakan resor unggulan di antara seluruh resor Disneyland di dunia dan menjadi yang terbesar dan banyak dikunjungi. Tempat wisata ini berlokasi Lake Buena Vista, Florida dan dibuka pada 1 Oktober 1971.

Walt Disney World Florida dibangun di atas lahan seluas 40 mil persegi, serupa dengan yang ada di kota San Fransisco. Lahan luas tersebut mampu menampung rangkaian wahana inovatif dengan empat bagian taman, seperti wahana berdasarkan film Avatar dan Star Wars.

3. Tokyo Disneyland

Tokyo DisneylandTokyo Disneyland. (Foto: Instagram/@tokyodisneyresort_official)

Tokyo Disneyland menjadi taman rekreasi Disney yang pertama dibangun di luar Amerika Serikat dan dibuka di Asia. Tempat ini resmi mulai beroperasi pada tanggal 15 April 1983.

Selain itu, Tokyo Disneyland Resort menjadi tempat terpopuler kedua di dunia setelah Walt Disney World. Pembangunan taman rekreasi ini dirancang menyerupai Disneyland California dan Magic Kingdom, Disneyland Florida. 

Namun yang membedakannya, Tokyo membangun DisneySea yang berlatar belakang laut dan gunung merapi. Pihak pengelola Tokyo Disneyland menyediakan sejumlah fasilitas dan wahana yang dibagi menjadi tujuh area. 

Area pertama yaitu World Bazaar, berisi area pertokoan yang menjual minuman, aksesoris, pakaian, suvenir, mainan, dan produk Disney lainnya dan bisa ditemui di pintu masuk utama.

Selain itu, terdapat sejumlah wahana lainnya seperti Adventure Land, Westernland, Critter Country, Fantasyland, Small World, Tomorrowland, dan Toontown. Tempat-tempat tersebut tentunya mampu memanjakan para wisatawan yang datang.

4. Disneyland Paris, Prancis

Disneyland ParisDisneyland Paris, Prancis. (Foto: Instagram/@eftychialazari)

Kehadiran Disneyland Paris, Prancis begitu terasa spesial lantaran menjadi tempat wisata yang hadir pertama di benua Eropa. Tempat rekreasi ini resmi dibuka pada 12 April 1992 dan memiliki bagian taman bertajuk Discoveryland.

Taman ini menyajikan berbagai wahana yang terinspirasi dari penemu asal Eropa salah satunya yaitu Leonardo Da Vinci dengan wahana Orbitron.

Bagi para penggemar Toy Story juga bisa menyaksikan Buzz Lightyear Laser Blast. Banyak juga wahana lainnya yang bisa disambangi, seperti Aerosmith Rock n Roller Coaster dan Twilight Zone Tower of Terror. 

Sedangkan yang membawa keluarga bisa menikmati wahana Pirates of the Carribian di Adventureland atau Mouters Action, Stunt Show Spectaculer di Walt Disney Studio.

Disneyland Paris juga merupakan satu-satunya resor Disneyland di dunia yang dibebaskan untuk menikmati minuman beralkohol.

5. Hong Kong Disneyland Resort

Hong Kong Disneyland ResortHong Kong Disneyland Resort. (Foto: Instagram/@hongkong.disneyland)

Selain Tokyo, Hong Kong Disneyland Resort yang dibangun di atas lahan reklamasi Penny's Bay menjadi Disneyland kedua yang dibuka di Asia. Bahkan, destinasi wisata ini menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi wisatawan berasal dari Indonesia.

Diperkenalkan pada 12 September 2005, Hong Kong Disneyland menjadi salah satu bangunan yang menarik perhatian karena dibangun dengan mengadaptasi budaya lokal. Tak hanya berbelanja, para wisatawan juga bisa menikmati Ocean Park yang memiliki beragam wahana, kebun binatang, dan kegiatan air.

Selain itu, para pengunjung bisa menyambangi Madame Tussauds Hongkong untuk berpose dengan patung-patung lilin tokoh ternama dunia, seperti pemimpin negara, atlet, selebriti, dan pemuka agama. Di sana juga ada dua hotel yang bisa dikunjungi, keduanya terhubung satu sama lain ke Disneyland Park, wahana hiburan utama.

6. Shanghai Disneyland

Disneyland ShanghaiDisneyland Shanghai. (Foto: Instagram/@shanghaidisneyresort)

Shanghai Disneyland menjadi area rekreasi ketiga yang dibangun di Asia. Meski proses pembangunannya sempat ditunda sejak April 2011, Shanghai Disneyland akhirnya resmi dibuka pada 16 Juni 2016.

Mirip dengan Hong Kong, Disneyland Shanghai juga mengadaptasi budaya lokal. Salah satunya dengan menghadirkan atraksi Garden of the Twelve Friends yang menampilkan karakter-karakter Disney dan pixar sebagai dua belas binatang zodiak Tiongkok.

Serupa dengan kebanyakan resor Disney di seluruh dunia, Shanghai Disneyland juga memiliki area bermain tersendiri yaitu Shanghai Disneyland Park. Taman ini mirip dengan resor Disneyland lainnya, yang berisi wahana-wahana baru bertema tradisional China.

Di tempat hiburan keluarga ini juga terdapat Toy Story Hotel yang bisa menjadi tempat penginapan wisatawan. Hotel yang dibangun dengan konsep film Toy Story tersebut memiliki 800 kamar.

Selain kamar, hotel ini seluruhnya dilengkapi dengan nuansa karakter Toy Story, termasuk juga makanan dan toko oleh-olehnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Virus Corona Paksa Disney Shanghai Tutup
Wabah virus korona yang muncul di Wuhan, China, memaksa Disney Shanghai Resort di wilayah China menghentikan sementara kegiatan mereka
Mumbai dan Shanghai Akan Lenyap, Bagaimana Kotamu?
Mumbai, Florida, dan Shanghai akan terendam air akibat pemanasan global, karena di pesisir beresiko saat es kutub mencair.
Gerai Apple di Shanghai Buka Kembali Setelah Corona
Pembukaan toko ritel Apple ini dengan catatan mengurangi jam kerja bagi para karyawan.
0
Jelajahi Enam Disneyland yang Ada di Belahan Dunia
Disneyland memang sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga. Berikut 6 Disneyland yang ada di Dunia.