UNTUK INDONESIA
Jeff Bezos Sang Pendiri Amazon
Jeffery Preston "Bezos" lahir di Albuqureque, New Mexico, Amerika Serikat pada 12 Januari 1964. Ia dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia.
Jeff Bezos. (Foto: soha.vn)

Jakarta - Jeffery Preston "Bezos" Jorgensen lahir di Albuqureque, New Mexico, Amerika Serikat pada 12 Januari 1964. Ia merupakan keturunan dari penduduk asli di Texas yang mempunyai lahan seluas 25 ribu hektar yang pada tahun 2015, Jeff merupakan pemilik lahan terbesar di Texas.

Ia mendapatkan nama Bezos ketika ibunya kembali menikah dengan seorang pria Kuba seorang insinyur bernama Miguel Bezos yang berpindah ke Amerika Serikat ketika Jeff masih berumur empat tahun. 

Ketika Jeff masih berusia 2 tahun, ke dua orang tuanya tidak lagi bisa mempertahankan rumah tangga dan memutuskan untuk bercerai. Setelah itu, ia bersama keluarga pindah ke Houston, Texas mengikuti sang ayah tiri untuk bekerja.

Kehidupan Pribadi

Masa kecil Jeff dilalui layaknya seorang anak Texas pada umumnya, di musim panas ia membantu sang kakek mengurus peternakan, seperti memvaknisasi sapi, dan memperbaiki kincir angin. 

Di usianya yang masih sangat kecil, Jeff sudah menunjukkan ketertarikan yang besar pada dunia teknik. Pada suatu hari, ia sempat membedah tempat tidurnya dengan obeng. 

Seiring berjalannya waktu, ketika sudah mempunyai adik, ketertarikannya berkembang dalam bidang sains dan elektro. Malah, saat masih duduk di sekolah dasar, ia pernah membuat alarm listrik sederhana yang dipasang di rumah. Dengan alarm tersebut ia bisa mengawasi adik-adiknya agar tidak keluar rumah.

Bakat dan minatnya berlanjut hingga memasuki bangku sekolah menengah atas. Pada waktu itu, ia pernah mengikuti sebuah pelatihan sains yang diadakan di Universitas Florida, dan berkat prestasinya berhasil mendapatkan penghargaan Silver Knight Award. 

Jeff Bezos AmazonKeluarga Jeff Bezos (Time.com)

Akhirnya, Jeff memutuskan mengambil jurusan Computer Science and Electrical Engineering di Princeton University. Ia menunjukkan prestasi yang luar biasa semasa di bangku kuliah. Sehingga memberikan kemudahan baginya untuk mendapatkan pekerjaan selepas kuliah.

Pada 9 Januari 2019, Jeff mengumumkan perceraian dengan sang istri, MacKenzie yang telah menemani selama 25 tahun. Keduanya berpisah setelah memiliki empat orang anak.

Pada tahun 2013 Jeff membeli The Washington Post  yang merupakan media besar dan populer di Negeri Paman Sam.

Selain menjadi pengusaha teknologi dan media, Jeff Bezos tenyata pernah main film layar lebar. Pada 2016, ia pernah tampil sekilas dalam film Star Trek Beyond sebagai anggota kru Starfleet. Film garapan sutradara AS kelahiran Taiwan, Justin Lin, yang dibintangi aktor Indonesia, Joe Taslim.

Mendirikan Amazon

Jeff memulai karir dengan bekerja di Wall Street dalam bidang komputer dan kemudian bertugas membangun jaringan perdagangan internasional untuk sebuah perusahaan yang bernama Fitel. 

Jeff sempat menekuni beberapa pekerjaan lain sebelum mendirikan Amazon.com pada tahun 1994. Tidak banyak orang yang mengetahui jika rencana bisnis untuk Amazon dibuat dalam waktu singkat, ketika itu ia sedang perjalanan dari New York menuju Seattle dengan menggunakan mobil.

Jeff Bezos AmazonJeff Bezos, pendiri dan CEO Amazon. (Foto: Forbes.com)

Awalnya Jeff menjalankan Amazon sebagai toko buku online dari garasi rumahnya di Seattle. Sebelumnya, ia telah melakukan riset dengan membuat daftar 20 perusahaan mail order teratas dan mengamati bahwa tidak ada penerbit buku didalamnya. 

Jeff yang melihat hal ini kemudian sadar betapa besarnya peluang ini dan memanfaatkan teknologi internet, langsung melakukan upaya lobi-lobi dengan beberapa penjual buku. 

Kemudian Amazon.com mulai melakukan uji coba pada Juni 1999 dan berkembang sampai bisa merambah 45 negara. Saat ini, tidak hanya melayani penjualan buku, melainkan segala jenis barang.

Dari sini ia mulai merintis penjualan buku lewat Amazon. Dan benar saja, Amazon bisa dengan mudah dikenal oleh banyak konsumen karena dipasarkan lewat jaringan internet. 

Hanya dalam beberapa tahun Amazon yang dulunya bermarkas di bekas garasi rumah Jeff, kini telah berkembang menjadi beberapa gudang penyimpanan super besar plus kantor pusatnya yang berada di Seattle Washington.

Dengan pencapaian Amazon yang luar biasa tersebut, kini Jeff yang merupakan CEO dari Amazon Inc. berhasil meraup kekayaan hingga lebih dari 10 miliar dollar AS pada tahu 2009. Bahkan, ia pernah masuk ke jajaran orang terkaya di dunia dengan rekor tertinggi, yaitu peringkat 19 pada tahun 1999.

Kisah sukses Jeff Bezos sendiri tidak lepas dari investasi awal orang tuanya yang memberikan tabungan pensiun mereka sebanyak 300 ribu dollar AS. 

Nilai kekayaan Jeff saat ini yang mencapai $59,5 miliar. Dalam biografi Jeff Bezos yang beredar memang memberikan bukti bahwa Jeff adalah salah satu orang terkaya di dunia.

Walau demikian, sempat beredar kabar miring dalam biografi Jeff Bezos karena New York Times pernah menerbitkan kabar yang menyebutkan betapa tidak manusiawinya Jeff Bezos. 

Kini Jeff tinggal bersama dengan istri MacKenzie Bezos dan memiliki satu anak perempuan dan tiga orang anak laki-laki.

Kekayaan 

Jeff Bezos AmzonJeff Bezos. (Foto: Jim Watson/ AFP/Getty Images)

Pada tahun 1998, Bezos memiliki 41 persen saham Amazon.com, tetapi jumlahnya berkurang menjadi tinggal 24,26 persen (sekitar 100 juta lembar saham) pada tahun 2006. 

Gajinya tidak pernah naik sejak tahun 1998, besarnya 81.840 dollar AS per tahun ditambah tunjangan sebesar 1,1 juta dollar AS. Walaupun demikian, Bezos masih masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia.

  • 1999 – 10,1 miliar dollar AS, peringkat 19
  • 2000 – 6,0 miliar dollar AS, peringkat 23
  • 2001 – 2,0 miliar dollar AS, peringkat 234
  • 2002 – 1,5 miliar dollar AS, peringkat 293
  • 2003 – 2,5 miliar dollar AS, peringkat 147
  • 2004 – 5,1 miliar dollar AS, peringkat 82
  • 2005 – 4,8 miliar dollar AS, peringkat 41
  • 2006 – 4,3 miliar dollar AS, peringkat 147
  • 2018 – 165 miliar dollar AS, peringkat 1
Berita terkait
Amazon Buka 30.000 Lowongan Kerja
Amazon dibanjiri pelamar kerja setelah menyatakan membuka 30.000 posisi lowongan kerja di Amerika Serikat. Gajinya 15 dollar AS per jam
Profil Dua Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin
Larry Page dan Sergey Brin merupakan pendiri Google. Keduanya mengenalkan mesin pencari yang diperkenalkan pada 1998.
Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook yang Sederhana
Mark Elliot Zuckerberg adalah pendiri Facebook yang menjadi pemuda kaya namun tetap memiliki gaya hidup yang sederhana.
0
Sandiaga Uno Umumkan Kembali ke Partai Gerindra
Sandiaga Uno, wakil presiden 2019-2024 kembali ke Partai Gerindra. Pengumuman kembalinya Sandi diunggah melalui video di Instagram @sandiuno.