UNTUK INDONESIA

Janji Satgas Covid-19, Almatkes Terdistribusi Merata di Daerah

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito punya janji alat material kesehatan (almatkes) terdistribusi rata di daerah.
Ilustrasi - Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito punya janji alat material kesehatan (almatkes) terdistribusi rata di daerah. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

Jakarta - Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyatakan pemerintah terus berupaya meningkatkan pemerataan pembangunan kesehatan serta kemandirian daerah yang berkelanjutan di seluruh wilayah Indonesia. 

Menurutnya, langkah tersebut dilakukan untuk mengurangi peluang ketimpangan di Indonesia akibat aksesibilitas yang berbeda-beda di setiap daerah. Selain itu, Wiku menyebut hal ini juga dilakukan untuk membantu daerah dalam memerangi pandemi Covid-19.

Baik di rumah sakit, laboratorium, untuk relawan dan juga masyarakat umum.

Dijelaskannya, pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 memberikan dukungan bantuan logistik, salah satunya distribusi alat material kesehatan (almatkes) untuk kepentingan daerah.

Baca juga: Wajar Saja Relawan Satgas Covid-19 Kecewa pada Doni Monardo

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku AdisasmitoJuru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, 1 September 2020 (Foto: Tagar|Kris|Biro Pers Sekretariat Presiden).

"Baik di rumah sakit, laboratorium, untuk relawan dan juga masyarakat umum," kata Wiku di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis, 19 November 2020.

Ia menambahkan, distribusi logistik juga tidak hanya berbentuk alat pelindung diri (APD), tetapi juga logistik pendukung. Kata Wiku, per 17 November 2020, pihaknya telah mendistribusikan berbagai jenis almatkes.

"Antara lain masker bedah sebanyak 24 juta lebih, masker N-95 sebanyak enam juta unit, medical glove sebanyak satu juta unit, portable ventilator sebanyak 1.200 unit, rapid test sebanyak 1,1 juta unit, reagen PCR sebanyak 3,7 juta unit dan reagen RNA sebanyak 2,9 juta unit," ucap Wiku.

baca juga: Satgas Covid-19: Efek Samping Minor, Tidak Semua Dapat Divaksin

Dia melanjutkan, banyaknya jumlah almatkes yang telah didistribusikan ke berbagai daerah, merupakan bentuk nyata dukungan berbagai pihak terhadap upaya pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

"Tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak, maka capaian ini tentunya akan sulit diraih," ujar dia.

Menurutnya, almatkes yang sudah didistribusikan ini merupakan modal bagi daerah untuk dapat semakin memasifkan 3T, yaitu testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan).

"Untuk itu Satgas Penanganan Covid-19 pusat meminta daerah agar dapat memaksimalkan penggunaan almatkes yang sudah didistribusikan," tuturnya. []

Berita terkait
Relawan Kembalikan Atribut, Satgas: Kami Tampung Aspirasi
Satgas Covid-19 tidak pernah melakukan kegiatan terkait pengembalian atribut relawan seperti rompi dan tanda pengenal (ID Card).
Doni Monardo Dianggap Tebang Pilih, Relawan Satgas Undur Diri
relawan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melakukan aksi pengembalian rompi dan ID Card karena kecewa dengan Doni Monardo.
Aksi Kembalikan Rompi dan ID Card, Relawan Satgas: Spontanitas
Sejumlah relawan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melakukan aksi pengembalian rompi dan ID Card secara spontanitas.
0
Janji Satgas Covid-19, Almatkes Terdistribusi Merata di Daerah
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito punya janji alat material kesehatan (almatkes) terdistribusi rata di daerah.