UNTUK INDONESIA

Tips Memilih Mobil Keluarga Agar Tetap Hemat di Kantong

Berikut tips memilih mobil keluarga atau mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) agar dapat tetap berhemat di penghujung tahun.
Tips memilih mobil keluarga. (Foto: Tagar/Getty Images)

Jakarta - Mempunyai sebuah mobil keluarga merupakan impian setiap orang. Berikut tips memilih mobil keluarga atau mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) agar dapat tetap berhemat di penghujung tahun.

Kapasitas luas yang dapat menampung banyak seringkali menjadi salah satu alasan untuk memilih, selain itu juga ukuran ruang kabin yang lebih luas membuat mobil jenis ini lebih fungsional untuk menemani berbagai kegiatan dan tentunya lebih nyaman bagi penggunanya.

Pasar mobil keluarga sangat terbuka khususnya di Indonesia, sehingga banyak produsen yang menawarkan berbagai varian mobil untuk sektor kendaraan keluarga. Banyak merk, jenis, ukuran, dan model mobil keluarga yang ada di pasaran membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan.

Tidak heran dengan banyaknya pilihan, akan membuat kita sebagai konsumen kesulitan untuk memilih mobil yang tepat dan juga sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Hal ini tentunya harus dipikirkan secara cermat dan perlu pertimbangan secara matang dalam memutuskannya. Berikut tips untuk memilih mobil keluarga, yaitu :

1. Hitung jumlah penumpang

 Dalam hal ini tentu saja anggota keluarga inti Anda yang setiap hari menggunakan mobil tersebut. Untuk family car biasanya terdiri dari 7 tempat duduk. Untuk Anda yang memiliki 2 orang anak, maka mobil dengan 4 buah kapasitas kursi masih bisa menampung.

2. Konsumsi BBM

Konsumsi bahan bakar untuk mobil yang Anda pilih juga sangat penting. Jangan sampai membeli mobil dengan konsumsi bahan bakar yang boros apalagi untuk jarak jauh maka keuangan Anda tentu saja akan terganggu.

3. Fasilitas Keselamatan

Selanjutnya pilih juga mobil keluarga yang menyediakan fasilitas keselamatan yang cukup lengkap seperti air bag, seat belt, sistem rem dan lainnya. Feature keselamatan merupakan hal wajib yang harus Anda perhatikan di dalam setiap mobil. Jika tidak, maka akan sangat berbahaya dan beresiko terlebih jika terjadi kecelakaan.

4. Kapasitas Bagasi

Keluarga saat bepergian biasanya akan membawa barang dalam bagasi dengan jumlah yang besar. Oleh sebab itu, mempertimbangkan luas bagasi sangatlah krusial sehingga disaat Anda akan berlibur atau bepergian jauh tidak akan mengalami kendala. Bagasi yang luas juga akan sangat recommended untuk Anda yang membawa anak kecil karena bisa digunakan sebagai tempat tidur bayi.

5. Merek

Jangan lupa mempertimbangkan brand sebuah mobil. Jangan hanya senang dengan model mobil yang manis atau gahar saja namun perhatikan juga brand dibaliknya. Kira-kira ketika mobil rusak apakah dealer dan bengkelnya mudah ditemukan? 

Jangan lupa masalah suku cadang asli. Hal itu sederhana namun sering terlewatkan. Pilih mobil dari brand yang sudah jelas kualitasnya apalagi untuk digunakan bersama seluruh anggota keluarga yang mana kenyamanan haruslah menjadi nomer satu.

Mobil SekenIlustrasi transaksi jual beli mobil. Membeli mobil perlu juga memperhatikan nilai jual kembali di masa datang. (Foto: Tagar/Getty Images)

6. Harga Jual

Cukup penting juga untuk mempertimbangkan harga jual mobil yang Anda pilih nantinya. Di Indonesia ada beberapa brand yang harga mobil dalam kondisi second-nya masih tetap tinggi dan stabil. Itulah yang harus masuk dalam list Anda. Dengan begitu jika suatu saat nanti Anda ingin mengganti dengan mobil yang baru maka tidak perlu menambah uang terlalu banyak. (Dimas Muhammad Gustyo).[]

Berita terkait
Hiasan Natal, Mobil Bugatti Rp 189M Dipajang di Pinggir Jalan
Bugatti menjadikan mobil super mewah La Voiture Noire seharga Rp 189 miliar sebagai hiasan Natal di pinggir jalan kota Molsheim, Prancis.
Honda Bakal Stop Rilis Mobil Baru Hingga Akhir Tahun
Honda kemungkinan akan menunda perilisan mobil barunya sampai situasi perekonomian dan industri otomotif di Indonesia stabil.
Tips Membuat Kue Kering Spesial Natal dan Tahun Baru
Kue kering juga indentik dengan perayaan besar di berbagai negara. Berikut tips membuat kue kering spesial momen Natal dan tahun baru.
0
Tips Memilih Mobil Keluarga Agar Tetap Hemat di Kantong
Berikut tips memilih mobil keluarga atau mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) agar dapat tetap berhemat di penghujung tahun.