Jangan Letakkan Segelas Air di Dekat Kasur, Ini Akibatnya

Menuangkan air di gelas terbuka dan meninggalkannya sampai pagi akan membuatnya lebih rentan terhadap debu dan serangga.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Sebagian besar dokter menyarankan untuk minum 8 gelas air sehari agar tubuh tetap terhidrasi. Tapi banyak orang kesulitan memenuhi jumlah konsumsi air yang disarankan itu. Jadi, mereka menggunakan cara berbeda untuk mengingatkan diri menjaga kebiasaan sehat ini. Dan menaruh segelas air di meja nakasmu adalah pengingat bagus untuk minum begitu bangun. Namun, hal tersebut mungkin tidak seberguna yang kamu kira.

Dilansir Brightside, inilah sejumlah alasan mengapa sebaiknya tidak meletakkan segelas air minum di dekat kasur.


1. Air bisa terkena debu

Menuangkan air di gelas terbuka dan meninggalkannya sampai pagi akan membuatnya lebih rentan terhadap debu dan serangga. Ada kemungkinan nyamuk, lalat, dan serangga lain hinggap di gelasmu pada malam hari. Debu dan puing lain juga bisa masuk ke air saat kamu tidur dan kamu tidak sadar saat meminumnya pada pagi hari.


2. Air bisa berubah rasa

Jika kamu mengisi gelas dengan air keran, itu mungkin mengandung klorin yang dipakai untuk disinfeksi. Tapi klorin akan mulai menguap pada malam hari dan mengubah rasa air. Akibatnya, kamu mungkin berpikir airmu terasa agak apak jika kamu terbiasa minum air keran segar.


3. Airmu menjadi tempat berkembang biak kuman

Saat kamu minum air, kamu memindahkan jutaan bakteri dari mulut ke gelas, lalu ke air. Jadi, jika kamu memutuskan minum air dari gelas pada malam hari saat mencoba tidur, kuman akan masuk dan bertambah banyak pada pagi hari.


4. Bisa menyebabkan kebakaran

Banyak orang memiliki colokan listrik atau menaruh pengisi daya ponsel di dekat kasur. Jadi, jika kamu meletakkan segelas air di meja nakasmu, lalu tak sengaja tersenggol tanganmu, air bisa tumpah, lalu terkena perangkat elektronikmu dan berisiko terjadi korsleting.


5. Air menjadi agak lebih asam

Saat kamu meninggalkan air dalam gelas terbuka, air bisa sedikit menyerap karbon dioksida dan mengubah keseimbangan pH-nya. Akibatnya, air menjadi sedikit lebih asam dengan kadar pH lebih rendah. Itu tak akan memengaruhi kesehatan, tapi bisa mengubah rasa air dan membuatnya kurang enak diminum.


6. Menaruh segelas air di dekat kasur bisa mengganggu tidur

Jika selalu ada segelas air di dekatmu, terutama jika kamu sulit langsung tidur, kamu bisa terdorong untuk minum air pada malam hari dan itu membuatmu ingin pipis. Melakukan itu berkali-kali pada malam hari bisa merusak siklus tidur, membuat tidur tidak nyenyak, dan membuatmu merasa lelah pada pagi hari. []

Berita terkait
Benarkah Harus Minum Air 8 Gelas Sehari?
Cara terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan cukup air adalah dengan memperhatikan tanda-tanda umum.
5 Khasiat Mujarab Minum Air Putih Saat Bangun Tidur
Di masa pandemi Covid-19, minum air putih efektif meningkatkan kebugaran tubuh juga meninggatkan imunitas.
Singapura Ubah Limbah Jadi Air Bersih Bisa Diminum
Singapura mengubah limbah menjadi air bersih sehingga orang dapat meminumnya sekaligus mengurangi polusi laut
0
Jangan Letakkan Segelas Air di Dekat Kasur, Ini Akibatnya
Menuangkan air di gelas terbuka dan meninggalkannya sampai pagi akan membuatnya lebih rentan terhadap debu dan serangga.