Jamu Cekok, Cocok Buat Anak yang Susah Makan

Seluruh rempah di jamu tradisional ini, seperti lempuyang pahit, kunyit, temulawak, dan jahe memiliki khasiat untuk bikin badan gemuk.
Jamu Cekok. (Foto: Tagar/Sweetrip)

Jakarta - Jamu gemuk ini biasanya diberikan kepada anak-anak yang biasanya susah makan. Meskipun demikian, jamu ini juga bisa dikonsumsi orang dewasa sebagai jamu gemuk tradisional. Kita pun bisa membuat sendiri.

Siapkan bahan-bahan:

  • 7 sentimeter lempuyang pahit.
  • 7 sentimeter kunyit tua.
  • 1 bonggol kecil temu lawak.
  • 3 sentimeter jahe.
  • 1 sendok teh gula batu halus.
  • 1 gelas air.


Langkah-langkah:

  • Kupas semua kulit rempah-rempah.
  • Cuci bersih semua rempah-rempah.
  • Masukkan seluruh rempah-rempah ke dalam blender, haluskan.
  • Rebus bahan-bahan yang sudah dihaluskan dengan satu gelas air selama tiga menit. Pastikan air menyusut.
  • Saring rebusan rempah-rempah dan beri gula batu.

Seluruh rempah-rempah yang ada di jamu tradisional ini, seperti lempuyang pahit, kunyit, temulawak, dan jahe memiliki khasiat untuk bikin badan gemuk. Penelitian yang diterbitkan jurnal Makara Journal of Health Research Universitas Indonesia menemukan, temulawak pada jamu cekok berfungsi merangsang produksi empedu.

Hal ini mampu menimbulkan hasrat ingin makan.Sementara itu, lempuyang pahit mengandung carpaine yang berguna untuk merangsang lambung supaya berfungsi optimal. Nantinya, nafsu makan pun timbul. Tidak hanya itu, jamu ini juga berguna untuk mencegah masalah pencernaan, terutama perut kembung.

Perut kembung adalah salah satu gangguan yang biasa menyebabkan tidak nafsu makan. Bahan-bahan seperti kunyit dan jahe terbukti memiliki kandungan carminative, seperti dilaporkan oleh jurnal Iran Red Crescent Medical Journal dan buku Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects. 2nd edition.

Zat ini mampu mengeluarkan gas dari perut. Oleh karena itu, perut pun tidak terasa penuh dan nafsu makan pun kembali. Kunyit juga terbukti mengatasi gejala maag yang membuat Anda kehilangan nafsu makan. []


Baca juga

Berita terkait
Manfaat Buah Stroberi untuk Wajah Glowing
Stoberi merupakan buah asam yang lezat yang pertama kali matang pada musim semi. Selain nikmat dan enak stroberi juga memiliki manfaat untuk wajah.
4 Manfaat Buah Salak yang Tak Boleh Diremehkan
Buah salak merupakan buah yang tumbuh di Jawa dan Sumatera. Tapi, perlu diketahui buah salah memilki banyak manfaat.
Sederet Manfaat Kayu Manis yang Perlu Kamu Tahu
Kayu manis adalah jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bahan makanan karena memiliki aroma yang sedap dan memiliki banyak manfaat.
0
Jamu Cekok, Cocok Buat Anak yang Susah Makan
Seluruh rempah di jamu tradisional ini, seperti lempuyang pahit, kunyit, temulawak, dan jahe memiliki khasiat untuk bikin badan gemuk.