UNTUK INDONESIA
Jakarta Dapat Penghargaan, PSI dan PDIP Kritik Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikritik PSI dan PDIP, meski Ibu Kota dengan Transjakarta diganjar penghargaan Sustainable Transport Award 2021
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikritik PSI dan PDIP, meski Ibu Kota dengan Transjakarta diganjar penghargaan Sustainable Transport Award 2021 (foto: katadata).

Jakarta - Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia, August Hamonangan mengkritik sistem pelayanan bus Transjakarta, usai Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengumumkan Ibu Kota meraih penghargaan sebagai juara utama dalam Sustainable Transport Award 2021.

"Harusnya dengan penghargaan dan apresiasi yang diberikan dalam Sustainable Transport Award 2021, Transjakarta lebih memprioritaskan pelayanan atau servis transportasi yang lebih baik bagi warga DKI Jakarta," ujar August dalam pesan singkatnya kepada Tagar, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Transparansi menjadi andalan utama, khususnya dalam memilih kepengurusan yang mengelola Transjakarta.

August berujar, jangan ada lagi antrean panjang saat penumpang hendak menggunakan moda transportasi Ibu Kota tersebut, meski dengan alasan pandemi Covid-19 sekalipun.

Baca juga: Raih Penghargaan, Anies Baswedan: Jakarta Kota Terbaik di Dunia

PSI August HamonanganAnggota DPRD DKI dari PSI, August Hamonangan. (Foto: Istimewa)

"Manajemen harus segera diperbaiki dan transparansi menjadi andalan utama, khususnya dalam memilih kepengurusan yang mengelola Transjakarta," ucap dia.

Selanjutnya, August juga meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendengarkan keluhan Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) yang ada di Ibu Kota.

"Tenaga kontrak yang selama ini kurang dipenuhi kesejahteraan maupun aspirasi lainnya, demi meningkatkan mutu layanan transportasi," kata dia.

Baca juga: PSBB Transisi Diperpanjang, Anies Baswedan: Ada Rem Darurat

Sementara, anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Gilbert Simanjuntak menambahkan, konsep layanan transportasi yang dimiliki Gubernur Anies sudah bagus. Namun, kata dia, penyelesaiannya yang masih mengalami kekurangan.

PDIP Gilbert SimanjuntakAnggota Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Gilbert Simanjuntak DPRD DKI Jakarta. (foto: innews.co.id).

"Di lapangan apa sudah jalan Jaklingko? Berapa yang sudah ada, dibandingkan target sesuai kampanye? Saya mengamati jauh dari harapan. Semua masih lebih banyak retorika, penyelesaian tidak jelas," tutur Gilbert.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengumumkan provinsi yang ia pimpin baru-baru ini diganjar penghargaan sebagai juara utama dalam Sustainable Transport Award 2021.

Penghargaan yang diberikan The Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) ini berkaitan dengan layanan bus Transjakarta yang menjadi moda transportasi publik andalan di Ibu Kota.

"Alhamdulillah, Alhamdulillah!! TERBAIK DUNIA!!! Ya, Jakarta terpilih sebagai KOTA TERBAIK DI DUNIA dalam SUSTAINABLE TRANSPORT AWARD 2021," cuit Anies Baswedan di akun Twitter @aniesbaswedan seperti dilihat Tagar, Sabtu, 31 Oktober 2020. []

Berita terkait
Rival Terberat Ridwan Kamil, Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo?
Hasil survei capres, kalau sekarang tinggi, nggak usah takabur, kalau sekarang rendah juga nggak usah minder, karena is too distance. Ridwan Kamil.
Calon Presiden 2024, Ganjar Kalahkan Prabowo dan Anies
Hasil Survei menunjukkan Ganjar Pranowo lebih diidolakan sebagai calon presiden 2024, mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.
Mahfud MD: Baru Kemarin Bersama Anies Baswedan Culun
Mahfud MD memberi ucapan selamat wisuda kepada anak gadis Anies Baswedan sembari mengenang masa kecil Gubernur DKI Jakarta itu.
0
Jakarta Dapat Penghargaan, PSI dan PDIP Kritik Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikritik PSI dan PDIP, meski Ibu Kota dengan Transjakarta diganjar penghargaan Sustainable Transport Award 2021