UNTUK INDONESIA
Istano Basa di Padang Masih Menjadi Tujuan Wisata
Istano Basa Pagaruyung Batusangkar di Sumatra Barat masih menjadi daya tarik wisatawan. Berikut jumlah wisatawan yang datang.
Istano Basa Pagaruyung di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. (Foto: Tagar/Riki Chandra)

Padang - Istano Basa Pagaruyung Batusangkar masih menjadi tujuan utama pengunjung yang berwisata ke Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar).

Padahal, daerah Tanah Datar juga memiliki sejumlah destinasi wisata menarik lainnya. Seperti Panorama Tabek Patah, Puncak Pato, Air Terjun Lembah Anai maupun Nagari Tuo Pariangan.

"Ya, Istano masih menjadi tujuan utama berlibur di Tanah Datar. Lebaran tahun-tahun sebelumnya juga begini," kata Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar Efrison, Sabtu 8 Juni 2019.

Meski begitu, jumlah kunjungan wisatawan di Lebaran 2019 ini justru menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Hingga hari kedua Lebaran, kunjungan ke Istano Basa baru mencapai 11.000 orang setiap hari. Angka tersebut didapatkan dari jumlah penjualan tiket masuk.

Sementara di Lebaran tahun lalu, pengunjung Istano Basa bisa mencapai angka 15 ribu orang sehari. "Turunnya sekitar 15 persen. Tapi pada umumnya, masih cukup tinggi," sebutnya.

Menurut Efrison, menurunnya tingkat kunjungan ke Istano Basa salah satu imbas dari mahalnya tiket pesawat. Banyak perantau yang urung pulang kampung lantaran tiket terlalu mahal. Sedangkan mayoritas pengunjung Istano saat Lebaran adalah perantau.

"Yang datang ke Istano saat ini kebanyakan pengunjung dari daerah lain," tutupnya. []

Berita terkait:

Berita terkait
0
Usut Mafia Tanah, Menteri ATR Tambah Staf Khusus
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil berencana mengusut mafia tanah di Indonesia.